5
212

โˆš Keunggulan Ayam Lingnan Adalah?

Ayam lingnan dilarang menggunakan label ayam kampung? Benar sekali bahwa isu yang beredar melalui kementrian pertanian direktrorat jendral peternakan memberitahukan kepada PT. Bastrow Indosukses selaku pemenang produsen ayam lingnan.

Dahulu pernah beredar isu yang tidak mengenakkan karena ada ayam import ilegal dari China yang masuk tanah air. Ayam tersebut bernama lingnan, akan tetapi ayam Ling Nan ini adalah ayam asli dari peternakan di Ciawi, Bogor, Jawa Barat.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada sobat dunia binatang. Perihal sejarah dan keunggulan dari ayam lingnan bila dibudidayakan dengan baik, bagaimana keseruan tersebut? Yuk simak penjelasan dibawah ini bersama-sama.

Asal Usul Ayam Lingnan

asal usul ayam lingnan

Berdasarkan keterangan yang kami ketahui melalui detik.com. Bahwasannya ayam lingnan pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1990-an seusai presiden Soeharto berkunjung ke China.

Waktu itu, Soeharto diberikan cinderamata berupa bibit telur tetas ayam. Kemudian diserahkan ke Dinas Peternakan supaya dikembangkan lebih lanjut. Di era tersebutlah kepopuleran ayam lingnan menyebar ke masyarakat Indonesia, khususnya yang berdomisili Purwakarta dan lainnya.

Jadi dapat kita ketahui bersama bahwa sejarah dari ayam lingnan yaitu negara China namun menetas di Indonesia karena presiden Soeharto diberikan cindera mata waktu berkunjung di China. Maka dari itu Ling Nan bukan ayam kampung asli dari Indonesia.

Karakteristik Ayam Lingnan

Karakteristik ayam lingnan

Perlu hati-hati ketika ada yang menawarkan ayam ling nan dengan harga murah. Sudah sepantasnya kita jeli dalam bertransaksi, begitu juga dengan strain lingnan. Karena ciri-ciri fisik yang dimilikinya dapat dimanipulasi oleh pedagang nakal.

Biasanya penjual nakal ini akan mengawinkan lingnan dengan ras petelur agar memenuhi produksi DOC. Terkadang mereka menggunakan ayam ras pedaging supaya terlihat montok, selain itu bisa pula dengan metode ayam jantan cp 800, rhode island red dan dikawinkan sama induk petelur isa brown.

Memang ketika masih kecil memiliki visual warna dengan keseluruhan coklat kekuningan, akan tetapi bila sudah besar postur dan corak bulunya akan berbeda dengan ayam ling nan. Maka dari itu untuk mencegah hal tersebut, yuk kita sama-sama pelajari dari ciri-ciri ayam lingnan dari fisiknya.

  • Memiliki 3 ciri khas mutlak seperti paruh, kaki dan bulu berwarna kuning
  • Bentuk fisiknya bongsor
  • Tidak mau mengerami telurnya
  • Pertumbuhan cepat dengan bulu tebal
  • Produktivitas tinggi
  • Konsumsi pakan sedikit
  • Sifatnya lebih jinak daripada ayam kampung

Agar sobat semuanya tidak terkecoh oleh oknum tidak bertanggung jawab bahwa kaki dari china harus berwarna kuning dan diujung paruhnya. Sedangkan bulunya didominasi warna kuning dengan presentase 70-90% dan 10-30% dilengkapi corak hitam, spot putih dan coklat tua.

Kelemahan Ayam Lingnan

Selanjutnya untuk kekurangan hingga sampai saat ini yaitu mudah dicontoh karakteristiknya. Tidak hanya itu saja DOC-nya sangat rentan dengan penipuan karena belum begitu ditandai secara spesifiknya.

Kalau dari warna bulu biasanya akan sering dilakukan manipulasi, sebab sangat mirip dengan ayam merawang dan ayam elba. Akan tetapi bila sobat mempelajarinya lebih mendalam insyaallah tidak akan tertipu karena memiliki pengalaman.

Kelemahan lainnya yaitu pangsa pasarnya berbeda, karena dari dinas peternakan sudah melarang dengan label ayam kampung. Oleh hal tersebut tentunya sobat harus berfikir lebih jauh supaya membuat segmen pasarnya tersendiri.

Keunggulan Ayam Lingnan

Keunggulan ayam lingnan

Sesudah membahas kelemahan yang dimilikinya, tak lengkap rasanya bila tidak memberikan penjelasan dari sisi kelebihan pada ayam lingnan. Untuk itu mari kita simak sama-sama lagi keunggulannya sebagai berikut.

  • Pertumbuhan ayam cepat
  • Cita rasa daging lebih enak dibandingkan ayam ras pedaging
  • Untuk menghasilkan bibit berkualitas
  • Struktur badan ayam kokoh sangat ideal
  • Mudah beradaptasi dilingkungan baru
  • Semakin tua ayam jago maka akan muncul sedikit bulu-bulu putih
  • Produktivitas telurnya tinggi
  • Tahan akan berbagai serangan penyakit
  • Mempunyai 3 tanda khusus dari visualnya

Karena sempat menghilang kabar dari ayam ling nan era tahun 2000-an, maka sampai sekarang ayam ini diburu untuk bisnis dan hobi. Akan tetapi juga ada benar-benar melakukan perkawinan dengan tujuan mendapatkan bibit ayam kampung jenis baru dengan kualitas dan kuantitas terbaik.

Harga Ayam Lingnan

Karena dari awalnya dipelihara untuk keperluas bisnis dan hobi, alhasil harganya pun tidak murah dengan ayam ras pada umumnya. Berdasarkan informasi ketahui rentang harga ayam lingnan 3 bulanan dapat mencapai jutaan setiap pasangnya.

Dengan ini kami sampaikan kepada sobat semuanya, untuk memperoleh genetik originalnya alangkah baiknya menyiapkan dengan dana yang banyak. Selain itu kejelian dalam memahami ayam tersebut sangat dibutuhkan, lantaran ada oknum yang sengaja memanfaatkan momen seperti ini.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan kepada sobat dunia binatang. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semuanya, sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply