4
2151

√ Obat Tradisional Ayam Kurus

Obat tradisional ayam kurus adalah solusi paling sederhana dalam metode pengobatan pada hewan ternak. Hal seperti ini sudah menjadi hal biasa ketika merawat unggas baik burung, bebek, angsa maupun mentok. Akan tetapi tidak begitu banyak yang mengetahui cara penanganannya.

Maka dari itu pada kesempatan yang baik ini kami akan menyampaikan terkait penyebab, obat atau penunjang lainnya agar cepat bisa diatasi. Memang faktor ayam kurus nyilet sangat beragam oleh sebab itu kita perlu adanya edukasi yang kredibel.

Dampak paling berbahaya ketika tingkat kekurusan ayam ialah tidak dapat berjalan bahkan menimbulkan kematian. Sangat disayangkan apabila sampai terjadi pada ayam milik sobat dunia binatang. Agar lebih faham betul, alangkah baiknya terus membaca penjelasan dibawah ini.

Penyebab Ayam Kurus

Faktor ayam bangkok kurus

Terdapat beberapa masalah yang membuat para penghobi atau peternak mengeluh dikarenakan ayamnya kurus sulit untuk menjadi gemuk. Maka mereka mencari sumber referensi terbaik untuk mengatasi permalahan ini. Mungkin beberapa kali sudah diusahakan dari aspek perawatan namun hasilnya masih kurang memuaskan.

Akan tetapi hal yang sering terjadi ialah tingkat gemuk ayamnya tidak merata walau telah diperlakukan dengan yang sama. Dari sudut pandang ini apakah pemberian obat cacing, gizi pakan dan suplemen lainnya sudah yang terbaik?

Benar saja jika ayam milik sobat mengalami kurus kering. Sebab dari takaran campuran pakan saja tidak seimbang dengan kebutuhannya, alhasil menyebabkan kurus. Pada pasalnya seperti vitamin dan protein pakan mesti diperhatikan dengan teliti bila menginginkan perkembangan ayam maksimal. Berikut ini merupakan contoh dari penyebab ayam bangkok mudah kurus :

  • Ayam Mengalami Cacingan

Cacing merupakan salah satu penyakit yang sangat umum terjadi pada ayam. Keberadaannya sangat membahayakan karena mengganggu sistem pencernaan unggas. Sedangkan jenisnya ini bisa menjadi banyak dalam waktu tertentu bila tidak segera ditangani.

Tumbuh kembang cacing parasit dibagian usus halus yang akan menganggu gizi pakan alhasil penyerapan akan dimakan cacing ayam pun menjadi kurus pucat dan sulit gemuk. Untuk ciri-cirinya mudah dilihat secara fisiknya seperti halnya kurus, lemas dan bulu berubah kusam.

  • Faktor Keturunan Ayam

Kemudian yang kedua ini dipengaruhi oleh keturunan, dampak sering terjadi yakni laju pertumbuhan tubuh ayam. Sejatinya tak hanya itu saja beberapa contohnya beurpa struktur tulang, mental, genetik dan stamina ayam tersebut.

Untuk dari itu dalam budidaya ternak ayam bangkok atau kampung juga memerlukan indukan dan pejantan yang berkualiatas serta tak asal kawin silang saja. Dikarenakan ada ilmu pengetahuan yang wajib diketahui agar hasil anakannya semakin berkualitas. Lantaran pangsa pasarnya bukan rumah makan atau pedaging.

  • Ayam Terlalu Aktif

Tipikal ayam yang terlalu aktif umumnya akan lebih mudah menjadi kurus. Hal bisa kita ketahui bersama karena terlalu banyak mengeluarkan energinya. Bahkan tanda-tandanya dapat diamati dari pergerakan ayam dikala dalam box ayam. Meskipun kelebihannya juga banyak bila perawatannya tidak tepat cukup merepotkan.

Sehingga model kandang box yang rapat atau tertutup lebih direkomendasikan untuk tipe ayam agresif agar bulu-bulunya tidak rusak serta tak mudah mengalami penyusutan berat badannya. Jika adanya kandang terbuka seharusnya pemberian vitamin dan jamu wajib tercukupi.

  • Mendetita Penyakit Dalam

Penyebab ayam kurus terakhir ini didasari oleh penyakit dalam. Umumnya terjadi pada ayam aduan karena habis bertarung kena pukulan keras sehingga sistem organ dalamnya mengalami sakit atau kerusakan. Maka dari penangannya juga tidak asal-asalan saja.

Mungkin dari penglihatan kita tidak terlihat penakitnya, untuk itu lebih baik bawa ke dokter hewan atau yang lebih berpengalaman mengobati ayam laga. Jika masih cukup ringan penyakit yang diderita bisa berikan berupa obat herbal seperti bawang putih atau kunyit.

Obat Tradisional Ayam Kurus

Cara Mengobati ayam kurus

Cara mengatasi ayam susah makan dan kurus baik sekali menerapkan metode yang akan kami sampaikan dibawah ini. Karena selain tak menimbulkan efek samping yang berbahaya bahan baku terbuat secara herbal. Bahkan telah turun temurun dari sesepuh peternak ayam. Maka dari itu sangat direkomendasikan para penghobi ataupun pelaku budidaya ayam di era modern.

Kami selaku admin dunia binatang telah menggunakan obat tradisional ini sebagai jamu yang cukup efektif dalam memecahkan permasalahan seputar perawatan ayam. Apalagi sobat baru berkecimpung memelihara ayam yang belum faham bagaimana penanganan dengan bahan herbal. Daripada semakin penasaran yuk simak terus pemaparan dibawah berikut ini :

Kombinasi Daun Pepaya, Kunyit & Bawang Putih

Pengobatan herbal pertama ini menggunakan campuran beberapa bahan yakni bawang kunyit dan daun pepaya. Cara membuatnya bisa dipotong kecil-kecil ataupun ditumbuk kemudian dicampur bersama pakan harian ayam. Akan tetapi sobat juga memperhatikan dari penggunaannya agar tidak melebihi batas.

Selain itu metode yang bisa dilakukan dengan merebus semua bahan tadi hingga mendidih lalu diamkan hingga hangat baru racik bersama bahan pakan ayam. Insyaallah nafsu makan dan kekebalan tubuh ayam akan meningkat lebih cepat, karena kami sudah mengaplikasikan cara seperti ini.

Daun Sirih

Mungkin sudah tak asing bagi sobat tanaman akan berbagai khasiat ini. Manfaatnya yang begitu banyak tidak sekedar untuk hewan peliharaan saja bahkan kerap digunakan sebagai lantaran pengobatan manusia. Untuk pemberiannya yaitu dengan air rebusan atau mencacah daunnya.

Kami menyarankan kepada sobat dunia binatang dari daun sirih ini adalah sebagai antibiotik, menyehatkan organ pencernaan, anti radang, antibiotik alami serta obat luka luar dalam. Maka dari itu sangat efektif bila diterapkan pada ayam yang kurus kering nyilet.

Temu Ireng

Obat alamiah selanjutnya yakni menggunakan temu ireng. Kenapa bisa demikian, berdasarkan informasi yang kami ketahui bahan herbal ini sudah terbukti untuk pengobatan ayam cacingan atau kurus. Bahkan paling sering kami temui sebagai campuran dengan isi buah pinang agar mengeluarkan cacing dari tubuh ayam.

Beberapa manfaat lain penggunaan temu ireng ialah meningkatkan nafsu makan dan mengantisipasi adanya parasit cacing ayam. Bagaimana apakah masih ragu menggunakan cara alami ini?

Buah Mengkudu

Pace adalah sebutan buah mengkudu sebagian besar masyarakat jawa. Secara bahasa indonesia pace lebih dikenal dengan nama buah mengkudu. Meskipun rata-rata tumbuh disekitar makam. Ternyata manfaatnya banyak sekali untuk kesehatan manusia ataupun hewan ternak khususnya ayam.

Umumnya cara pemberian buah ini dibuat fermentasi atau jamu tradisional guna menjaga antibodi ayam sekaligus meningkatkan pertumbuhan ayam lebih cepat besar dan sehat. Jika bingung membuatnya bisa ikuti cara ini saja.

Temulawak

Lalu yang selanjutnya obat tradisional ayam kurus versi dunia binatang menggunakan bahan dapur berupa temulawak. Meskipun tidak jauh berbeda kandungan yang terdapat pada kunyit akan tetapi cukup efektif dalam mengatasi masalah pada organ dalam ayam.

Sebagai contoh mengandung minyak atsiri, zat pati. Sedangkan dari kadar proteinnya yang terkandung dipercaya melindungi empedu, ginjal dan hati. Tanpa kita sadari bagus sekali bila diberikan secara terjadwal guna mengantisipasi hal yang diinginkan terhadap hewan peliharaan sobat.

Daun Mahkota Dewa

Obat ayam kurus kering lemas yang terakhir ini memanfaatkan dari tanaman mahkota dewa. Akan tetapi perlu sobat perhatikan karena hanya menggunakan daunnya saja. Jadi jangan sampai keliru untuk pengobatannya.

Berdasarkan informasi yang kami ketahui daun mahkota dewa sangat ampuh untuk mengobati ayam kurus bahkan khasiat lainnya seperti ant mikroba, melindungi sistem hati, ginjal, anti kanker dan kesehatan tubuh ayam. Penggunaanya bisa dengan air rebusan atau daun yang telah dikeringkan lalu dicampurkan dengan pakan ayam.

Sesungguhnya metode pengobatan tradisional terhadap hewan ternak cukup banyak dan hemat biaya. Akan tetapi kecocokan dan ilmu pengetahuan jarang tersampaikan kepada pelaku ternak. Jamu nafsu makan tradisional untuk ayam bangkok kurus  diatas semoga bisa menjadi solusi yang cukup memuaskan peternak di nusantara.

Ayam Sehat Tidak Mau Makan?

Penyebab ayam sehat tidak mau makan

Ayam tiba-tiba tidak mau makan padahal sehat, pasti sobat semua pernah mengalami hal seperti ini? Jadi penyebab utamanya adalah kondisi kandang ayam terlalu panas, sempit, sinar matahari kurang dan sirkulasi udara pengap menjadikan ayam malas untuk makan. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor awal penyebab adanya penyakit pada ayam.

Mungkin bagi yang masih baru beternak seperti sepele, tapi sering terjadi yang mana ayam sulit produksi, pembesaran terkendala kesehatan fisik ayam bahkan tak sedikit yang akhirnya ayam mati. Maka dari itu adanya penjelasan ini setidaknya bisa menjadi pertimbangan yang matang ketika mau terjun dunia ternak entah ayam, burung dan lain-lainnya.

Vitamin Untuk Ayam Kurus

Obat alami ayam kurus

Jika diatas sudah mengupas obat secara tradisionalnya sepertinya kurang lengkap bila tanpa vitamin tambahan. Untuk itu kami akan memberikan rekomendasi terkait vitamin versi kemasan. Daripada semakin penasaran langsung saja simak daftar dibawah ini :

Super Gemuk

Apabila sobat sudah menerapkan metode diatas tetapi kurang maksimal solusi paling tepat yakni dengan memberikan jamu ayam super gemuk. Manfaatnya memacu nafsu makan, meningkatkan proses pertumbuhan & bobot ayam. Bahkan memenuhi kebutuhan asam amino esensialnya. Serta bisa mencegah penyakit pada ayam.

Aturan pemakaiannya adalah setiap 1 gram dilarutkan bersama 5 liter air ataupun dicampur dengan pakan harian dengan serbuk 2-3 gram saja. Setap kemasannya berisi 10 gram dan harganya super gemuk sangat murah.

Amino-Pro 2000

Vitamin ayam kurus yang kedua ini dinamakan amino-pro yang sangat efektif bila diberikan kepada ayam maupun burung merpati. Beberapa khasiat yang kami ketahui ialah meningkatkan stamina, mengatasi ayam stress, menambah nafsu makan, mempercepat perkembangan dan memperkuat otot seluruh badan serta melindungi dari serangan penyakit.

Suplemen ini berupa cairan yang bisa diberikan dengan cara dicampurkan air minumnya setiap hari. Penggunaanya cukup 2 tutup botol baik untuk ayam aduan, hias & pedaging. Saran kami upayakan air minum diganti 1-2 kali sehari guna mencegah yang tak diinginkan.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar Obat tradisional ayam kurus. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply