7
39

√ Daftar Makanan Ayam Hutan Hijau, Merah & Kelabu

Makanan ayam hutan secara umumnya berupa biji-bijian dan pucuk dedaunan bahkan serangga kecil. Dengan demikian juga disebut pemakan segala, karena di alam liarnya mereka akan mencari pakannya sendiri. Berbeda ketika sudah dipelihara.

Perbedaan ini tetap bisa di meminimalisir dengan mengganti ataupun menyediakan yang di sukai ayam hutan. Sedangkan untuk melatih agar cepat berbunyi juga membutuhkan vitamin dan pakan yang berkualitas. Tidak hanya memberikan dengan asal-asalan yang kita mau.

Bagi sobat yang masih kebingungan dalam memelihara ayam hutan. Pada artikel ini kami akan berbagi dari perawatan dengan pemberian makanan yang bagus & vitamin/suplemen agar kesehatan ayam terjaga. Apa saja itu, simak pemaparan dibawah berikut ini :

Makanan Ayam Hutan

Makanan ayam hutan

Perawatan ayam hutan bisa kita bedakan setidaknya 3 yakni anakan, dewasa & khusus kontes. Dengan pembagian seperti ini akan memudahkan dalam tahap-tahapan yang sesuai kebutuhannya.

Apabila sobat sebagai peternak maka harus bisa memelihara dari anakan dan dewasa agar semuanya tetap sehat dan tumbuh dengan maksimal. Kami rasa para pelaku ternak pun juga tidak banyak.

Apalagi jenis ayam hutan hijau tidak sebanyak dengan hutan merah, pasalnya persebarannya pun tidak begitu banyak. Mungkin dengan cara-cara perawatan dibawah ini bisa sobat aplikasikan, antara lain sebagai berikut :

Makanan DOC/Anakan Ayam Hutan

pakan anakan ayam hutan

Khusus anakan yang baru menetas hingga usia 1 bulan alangkah baiknya sobat berikan pakan berupa voer/konsentrat yang sudah dihaluskan. Kenapa kami menyarankan demikian? Pasalnya pembentukan tulang dan percepatan tumbuh itu sangat penting.

Voer yang bisa diberikan yaitu BR super, 591, AD 1 karena bentuk konsentrat crumble lebih mudah dicerna dengan kadar protein yang sesuai usianya. Sedangkan vaksin suntik lebih bagus jangan dulu.

Cukup dengan vitamin dari campuran minum yang menjaga kesehatan dan menambah kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Kalau disapih jangan lupa diberikan penghangat berupa pemanas dari lampu kuning.

Pakan Ayam Hutan 3-5 Bulan

makanan ayam hutan remaja

Fase ini ialah menginjak remaja yang mulai berganti bulu dewasa, nah ketika memasuki usia ini bisa sobat berikan pakan campuran biji-bijian berupa jagung, beras merah, kacang hijau dan lain-lainnya.

Sedangkan perawatan bulu agar nampak mengkilap bisa ditambahkan suplemen berupa minyak ikan dan juga mandi serta jemur. Dengan pemandian maka bulu yang keriting akan mulai halus dan terlihat lebih mengkilap.

Makanan Ayam Hutan Dewasa/Indukan

pakan ayam hutan dewasa

Ayam hutan dewasa memerlukan pakan yang lebih beragam. Apalagi dijadikan pejantan & induk sudah dipastikan memerlukan makanan tambahan agar menghasilkan anakan yang berkualitas.

Secara umum di hutan pakannya berupa biji-bijian seperti kacang-kacangan, padi, gandum & jagung. Sedangkan dari segi serangga yang biasa di konsumsi yaitu jangkrik, ulat, cacing tanah & belalang.

Ketika dipelihara dalam kandang khusus maka kita wajib memberikannya pakan, adapun menu tambahan yang bisa diberikan. Sayur-sayuran berupa tomat, kangkung bahkan voer dan bekatul.

Pemberian pakan ini umumnya hanya diberikan 2x sehari saja bisa pagi & sore. Mungkin demikian beberapa perawatan ayam hutan dari makanannya yang bisa kami sampaikan. Semoga sesuai yang menjadi pertanyaan sobat selama ini.

Vitamin Ayam hutan

vitamin untuk ayam hutan

Vitamin bisa berupa herbal & kimia tergantung mau memakai yang mana, karena tidak semua cocok dengan diaplikasikan oleh peternak lain. Contoh yang alami berupa rempah-rempah antara lain jahe, kunyit, kencur, bawang, brambang dan temulawak.

Sedangkan sinar matahari juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan badan ayam. Caranya cukup dengan dijemur pagi hari sekitar 1 jam saja insyaallah sudah cukup. Untuk perawatan dengan vitamin yang biasa dijual toko pakan bisa menggunakan vitachick, B komplek dan lain-lainnya.

Obat Herbal Ayam Hutan

obat tradisional ayam hutan

Penyakit memang tidak tahu akan datang kepada hewan ternak kita. Sebagai peternak hal ini pun juga tak diinginkan sama sekali. Maka oleh hal itu langkah pencegahan lebih baik daripada membiarkannya saja.

Sebenarnya obat-obat herbal ini sangat mudah kita temukan dilingkungan sekitar yang tak lain bahan dapur. Mungkin banyak yang belum mempercayainya.

Persebaran penyakit biasanya menyerang ketika pergantian musim baik hujan & panas. Dalam bahasa jawa orang-orang menyebutnya dengan penyakit AI/aratan bahkan disebut pagebluk.

Penyakit ini di kenali dengan ciri-ciri pilek, muka kebiruan dan langsung mati tanpa ada gejala. Cara mudah untuk menanganinya yaitu langsung menyembelih semuanya atau memisahkan dengan jarak yang jauh.

Tapi sulit ayam yang sehat pun 70% juga sudah terkena virusnya, jadi menganalisa-nya pun sangat sulit. Sedangkan penyakit seperti berak putih, tembolok tidak turun dan ngorok lebih mudah cara penyembuhan-nya.

Obat herbal penanganan ngorok yakni jangan dimandikan dan di jemur, sedangkan tembolok tidak turun bisa mengaplikasikan dengan kerupuk yang direndam air hangat dan buah buahan seperti tomat.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar makanan ayam hutan hijau, merah & kelabu dari anakan hingga dewasa. Semoga dengan adanya pengetahuan ini bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply