1693

√ Tips Menambah Mental Ayam Aduan

Menambah mental ayam aduan masih muda sangat efektif apalagi bila diterapkan pada rentang usia 5 bulanan. Dengan demikian akan lebih mempercepat waktu untuk ayam siap turun diarena. Selain itu informasi yang akan disampaikan pun bisa diperuntukkan ayam yang mentalnya lemah.

Kalau kesempatan yang lusa kita semua telah mengulas trik membuat ayam nurut dan galak. Maka tidak sempurna rasanya bila menyampaikan yang lebih dalam lagi. Jadi penanganan mental ayam sangat beragam untuk itu sobat mesti mengetahui dari penyebabnya.

Misalkan takut sama ayam lebih tua dikandang, dikejar ayam kampung dan kondisi yang tidak sehat. Nah sesudah memahami faktornya sobat dapat langsung tahap-tahapan yang efektif guna memulihkannya. Apa saja caranya, terus simak penjelasan dibawah berikut ini.

Cara Menambah Mental Ayam Aduan Muda

Menambah mental ayam aduan

Tips yang bisa dilakukan sobat ini adalah meningkatkan dan memulihkan mental ayam aduan yang lemah. Sebelum lebih lanjut sebaiknya pastikan ayam yang hendak dipratikkan sudah beranjak dewasa. Ciri-cirinya berganti bulu jago, mulai berkokok, suara berubah dan mengajak bertarung ayam betina atau sebayanya.

Bila karaktersitik diatas salah satunya ditandai pada ayam sobat. Dapat dipastikan sudah waktunya untuk masuk rawatan ayam petarung. Sedangkan belum pernah merawat ayam siapa bisa dengan teknik yang kami bagikan. Langsung saja ke tahap inti dari artikel kali ini :

Memisahkan Ayam

ayam turun mental

Pertama yaitu memisahkan dengan ayam yang lebih tua, ayam kampung dan pengganggu lainnya. Sebab kemungkinan pula ayam milik sobat ini dikarenakan takut dengan yang seniornya. Untuk itu cobalah menanganinya dengan demikian.

Sobat bisa menempatkannya diumbaran bersama dedara atau yang lebih muda. Tujuannya meningkatkan mental dan memulihkannya, misalkan down warna putih cobalah dikasih yang mudah dengan warna putih. Nanti berjalannya waktu akan membaik mentalnya.

Makanan Untuk Ayam Jatuh Mental

Cara kedua supaya meningkatkan mental ayam aduan yakni dari segi pakannya. Sebab makanan sendiri sebagai sumber energi dan protein lainnya. Mungkin dikarenakan kurangnya asupan gizi sehingga kesehatan dan kebugarannya terganggu maka dari itu solusinya dengan memberikan pakan yang bernutrisi.

Kualitas pakan untuk mengembalikan kebugarannya dengan minyak ikan seminggu 2 kali saja yakni pagi 2 butir dan sorenya juga. Kemudian

Jamu Khusus Ayam Jatuh Mental

Jamu ayam aduan agar bugar

Tahap ketiga yang perlu diperhatikan untuk menambah mental ayam aduan dengan memberikan jamu ayam tradisional. Bila ingin berkreasi sobat dapat meracik sendiri jamu ayam tersebut dengan bahan-bahan yang ada disekitarnya. Selain itu lebih tau bagaimana kinerja jamunya.

Pemberian ini bisa diberikan sesuai kebutuhannya dan melihat apa yang perlu segera ditangani pada ayam milik sobat. Misalnya karena tidak terawat atau asupan gizinya belum maksimal, untuk itu memberikan jamu ayam aduan kuat nafas ini bagus banget.

Kandang Isolasi Ayam

Metode keempat ini hampir serupa dengan yang pertama hanya saja lebih spesifik lagi, untuk itu sobat dapat mempersiapkannya secara khusus. Agar ayam muda milik sobat bisa dengan cepat meningkatkan mentalnya, misalkan dikandang anakan rentang usia 0-4 bulan. Jika tidak ada ya ditempatkan pada kandang box namun rawatan hariannya dikasih lebih spesial.

Kalau tidak punya kandang khusus bagaimana solusinya? Tenang sobat tetap bisa dikandang utamanya tapi memberikan klambu atau kerodong pada ayam yang lebih tua ataupun ayam tersebut. Manfaat adanya kandang isolasi juga perlu lantaran bisa dijadikan opsi untuk menempatkan ayam baru bila takut membawa wabah penyakit mematikan.

Meliarkan Sama Dedara Atau Indukan

Cara meningkatkan mental ayam

Seperti ayam pada umumnya ayam jantan bila digabungkan dengan induk betina pasti akan lebih nyaman dan paling perkasa. Dengan demikian dapat dijadikan opsi untuk menambah kualitas mental ayam jago milik kalian menjadi meningkat dalam waktu cepat.

Karena tak semua peternak ayam memiliki jumlah yang banyak rekomendasi lainnya yakni dengan menjauhkan ayam kampung dan pejantan kandang yang bisa mempengaruhi mental ayam muda. Kalaupun mau dilatih ya pastikan sama-sama kualitasnya agar tidak menurunkan mental ayam sobat. Sedangkan faktor pendukungnya seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Melatih Dengan Ayam Sebaya

Tips melatih ayam mental lemah

Langkah berikutnya yakni ayam sudah 90% untuk dilatih dengan lawan diarena lapangan, 2 minggu sebelum itu atau 1 bulan lah kalau untuk menyiapkannya sobat dapat melatih dnegan ayam seusianya. Tujuannya apa? Yakni mengecek perkembangan dan kesiapan mentalnya dilapangan yang kita tak tau tandingannya seperti apa.

Jadi melatih ini bisa dengan metode kitter juga yakni ayam memutari kandang jemur dengan 2 lapis agar tidak saling luka. Selain itu memaksimalkan kematangan mental ayam muda sobat apakah ada rasa ragu untuk melawan atau sudah beringas. Ciri-cirinya mudah diketahui, mau terus memutari kandangnya walaupun sudah capek. Namun kalau belum terbiasa akan berhenti bila merasa lelah.

Melatih Tarung Ayam Untulan

Kemudian yang terakhir ini abaran atau uji kualitas sesama peternak, memang cara semacam ini cukup efektif karena sama-sama bertujuan untuk meningkatkan kualitas ternak serta keunggulannya setiap hasil peranakan ayamnya. Kalau ingin individual ya bisa juga hanya saja lebih mengeluarkan budget karena harus membli untulan yang paling tidak 170-200k.

Melatih dengan untul kalau ayam turun box ya bisa 1 air. Sedangkan yang untuk mengebalkan bisa melatihnya 2-3 air dengan tujuan memperkuat otot dan performa nafasnya. Alhasil tolak ukur seperti ini lebih masuk akal dan cukup efektif bagi penghobi ayam laga.

Kalau sobat merupakan peternak ayam kelas unggulan entah targetnya dikalangan atau pro sebaiknya terus upgade kualitas ayamnya. Meskipun nggak langsung sih tapi dengan adanya proses sedikit demi sedikit pasti akan jaya pada waktunya.

Ciri Ayam Aduan Jatuh Mental

ciri ayam aduan mental turun

Mari kita lanjutkan pembahasan ini dengan mengetahui penyebab ataupun ciri dari ayam yang mentalnya menurun dikarenakan beberapa faktor, lalu apa saja hal tersebut? Kurang lebihnya seperti daftar dibawah berikut ini :

  • Fisik tidak dalam kondisi sehat
  • Membentangkan kedua sayapnya
  • Nampak gelisah dan pucat didalam maupun luar kandang
  • Lebih banyak minum daripada makan
  • Pernafasan tidak teratur
  • Bobotnya turun secara signifigan

Contoh diatas merupakan karakteristik dari fisiknya, sedangkan tanda-tanda lainnya juga dapat sobat ketahui lebih rinci. Kemungkinan besar adanya tekanan sehingga membuat ayam stres dan mengakibatkan lemahnya mental. Apabila ini dibiarkan dengan kurun waktu yang lama bisa bedampak pada kesehatan ayam, nafsu makan bahkan kematian.

Untuk penyebab secara kondisi lingkungan sekitar ialah adanya perubahan iklim yang ekstrem, perawatan ayam yang salah, bisingnya sekitar kandang, ukuran kandang tidak ideal serta kelelahan akibat dipaksakan bertarung.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar cara menambah mental ayam aduan versi dunia binatang. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply