310

√ Obat Herbal Ayam Stres

Obat herbal ayam stres adalah solusi mengatasi permasalahan yang kerap terjadi pada pelaku ternak. Sehingga tidak dipungkiri dengan adanya ayam stres menjadikan tingkat produksi menurun drastis. Tentunya dampak pokok bagi peternak adalah kerugian pemasukan.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan terkait ayam stres atau sulit adaptasi dengan lingkungan baru. Tak hanya pada ayam petelur saja, kemungkinan besar juga terjadi di sektor ayam bangkok dan ayam kampung super skala rumahan. Kami pastikan kalau sobat sedang mencari referensi terkait penanganannya.

Sebelum beranjak ke inti pokok artikel ini, kami selaku admin dunia binatang akan memberikan penjelasan secara terperinci agar sobat juga mengetahui sebab dan akibatnya. Untuk itu mari kita langsung simak pemaparan dibawah berikut ini dengan seksama.

Penyebab Ayam Ketakutan

Penyebab Ayam stres

Pernahkan sobat menemui ayam yang takut sama manusia ataupun benda-benda bergerak? Kalau penghobi pastinya sangat paham betul terkait perilaku ayam yang modelnya begini. Tingkat ketakutan hewan ternak ini biasanya orang-orang menyebut giras atau tidak jinak.

Karakteristik ini sangat mudah diketahui salah satunya ayam mengeluarkan suara dan bulu diarea kepala menjadi naik. Selain itu ayam akan memberontak ketika kita sudurkan tangan untuk memegangnya. Bahkan ada pula yang sampai mematuk tangan karena merasa terancam. Untuk itu kami akan memberikan beberapa faktor utama ayam menjadi tidak jinak.

  • Perlakuan pemilik ayam yang tidak baik
  • Peletakkan kandang jauh dari lingkungan manusia
  • Pemindahan kandang
  • Jarang berinteraksi dengan orang
  • Tekanan psikologis & mental

Dampak dari ayam stres ini amatlah banyak, maka oleh dari itu sobat jangan sampai mengalami hal semacam ini. Sebab jika sudah terlanjur terjadi sisi buruknya yaitu ayam kurus kering, pucat hingga berujung kematian. Bagaimana sangat menyedihkan bukan?

Rekomendasi Obat Herbal Ayam Stres

Obat Herbal ayam stres

Memang tak ada satupun peternak yang sama sekali ayam-ayamnya terbebas dari kondisi stres. Jadi cara mengatasinya paling bagus yakni dengan respon kita untuk menentukan penanganan pertama pada hewan ternak yang ada di kandang.

Sangat penting pula sobat memahami pertanda ayam yang terdapat masalah seperti contoh ayam gelisah, produksi menurun, bobot berangsur kurus, bulu rontok dan kusam ataupun agresif ayam sangat tidak sama pada biasanya. Agar kesejahteraan peliharaan sobat dapat sesuai target, sebaiknya cegah atau atasi dengan daftar dibawah berikut ini :

Daun Beluntas Atasi Ayam Stres

Atasi ayam stres dengan daun beluntas

Rekomendasi pertama guna mengatasi kondisi hewan ternak yang mengalami stres yaitu dengan obat-obatan bahan kimia. Namun mengingat kemampuan setiap peternak berbeda-beda. Makanya kami memberikan saran dengan bahan yang lebih murah minim resiko tapi tetap berkualitas.

Cara mengobatinya adalah dengan bahan utama daun beluntas atau Pluchea Indica Less. Obat ini diambil dari tanaman lokal yang sudah dikenal banyak masyarakat indonesia. Bahkan beluntas juga digunakan sebagai bahan aditif pakan sebab terdapat kandungan beberapa senyawa seperti atsiri alkaloid dan flavonoid.

Penggunaannya sendiri sobat bisa menghaluskan ataupun memotong kecil-kecil lalu berikan pada ayam yang stres. Terapkan cara ini 2 kali sehari selama 3 hari dengan takaran 1-3 lembar daun.

Secara ilmu medisnya beluntas berkhasiat meningkatkan nafsu makan, penyegar badan, peluruh keringat dan penurun demam. Disisi lain sifat beluntas pun anti mikroba ataupun penghambat perumbuhan patogen mikroba. Alhasil pertumbuhan dan produktifitas ayam bisa lebih maksimal.

Obat Herbal Ayam Stres Ekstrak Daun Kemangi

Manfaat Daun Kemangi Untuk Ayam

Teruntuk sobat binatang yang memiliki sentra bisnis ayam petelur atau kampung super simak penjelasan ini supaya mengantisipasi ternaknya mengalami stres. Memang hewan bernyawa membutuhkan asupan protein dan vitamin untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan pada ayamnya.

Salah satunya dengan memberikan ekstrak kemangi. Berdasarkan informasi yang kami ketahui bahwa tips ini sudah melewati penelitian dari mahasiswa insitut pertanian bogor bahwasannya potensi ekstrak etanol daun kemangi sangat cocok sekali dijadikan persediaan antri stres hewan ternak. Khususnya peternak skala rumahan atau yang sudah berlabel PT.

Mungkin sampai banyak yang masih bingun untuk pembuatan dan cara pemberiannya. Untuk cara paling sederhana sobat bisa memberikannya berupa daun fresh ataupun yang telah dikeringkan yang dicampur dengan pakan sehari-hari. Solusi ini lebih efektif bagi peternak desa yang mau mengembangkan potensi hasil ternak. Sangat bagus diberikan 1-2 kali selama 1 pekan.

Manfaatnya dari pemberian daun kemangi yakni adanya flavonoid pada daun kemangi yang bisa mengatasi beragam jenis bakteri pada sistem pencernaan ayam. Bahkan mengancurkan berbagai protozoa patogen dan menangkal radikal bebas.

Jamu Tradisional Jahe, Lempuyang & Kunyit

Cara Menangani Ayam stres

Cara mengobati ayam stres secara herbal yang terakhir ini adalah memberikan kombinasi bahan alam yang sangat familiar dalam kehidupan sehari-hari kita. Jamu merupakan obat tradisional yang sudah turun temurun hingga saat ini untuk menjaga imun hewan ternak dan menstabilkan kondisi ayam dari perbuahan iklim yang ekstrim.

Untuk metode pembuatan dan cara mengaplikasikan kepada peliharaan sobat bisa menyesuaikan populasinya. Sehingga dikira-kira kebutuhan dari ayam, misalnya satu ayam mendapatkan satu ruas jahe, kunyit dan lempuyang ya sobat kalikan saja. Setelah itu dihaluskan sampai lembut dan dapat diberikan dengan campuran pakan atau air minumnya.

Sebaiknya untuk pencegahan dilakukan 2 kali dalam waktu 7 hari, tujuannya ayam tetap pada kondisi yang baik serta tidak berlebihan dari batasnya. Insyaallah kalau sudah berjalan hewan ternak sobat akan produksi, pertumbuhan dan penggemukannya sesuai target.

Sebetulnya permasalahan ayam stres itu kompleks sekali, tetapi penangan dan ketletenan sobat dunia binatang sangat berpengaruh terhadap tingkat pemulihannya. Maka dari itu tetap tenang dan ketahui dengan detail faktor-faktornya, agar cara penanganan dapat maksimal.

Obat-Obatan Untuk Ayam

Terdapat berbagai jenis obat herbal untuk ayam yang sudah tersedia ditoko pakan daerah sobat. Misalpun belum tersedia cara pembelian online juga sangat efektif. Jadi tak ada alasan lagi karena kemalasan kita dengan dalih tidak ada obatnya.

Dari sekian banyak merk jamu tradisional yang dikemas rapi yang cukup populer bagi masyarakat adalah mbah joyo, produk sasana ngapak (SN), jalu aji dan masih banyak lainnya. Selain herbal ada pula yang versi kimia yang populerΒ  diproduksi oleh medion dan eka farma semarang.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar obat herbal ayam stres. Semoga dengan adanya pembasahan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply