2290

√ Cara Membuat Ayam Nurut

Cara membuat ayam nurut pada majikannya adalah hal diinginkan, akan tetapi terkadang ada saja yang giras dan galak. Bahkan dalam beberapa kasus bisa menyerang kepada siapa saja yang mendekati. Tentunya akan membahayakan bila sistem pemeliharaan umbaran.

Tips mengatasi permasalahan ini bisa dengen efektif dengan mengaplikasikan beberapa tahapan yang hendak kami sampaikan dibawah. Mungkin kejadian ini tidak hanya dari satu jenis ayam saja.

Lalu apa saja yang membuat ayam takut dan galak sama orang? Pertama yaitu jarang interaksi dengan manusia, selain itu dikarenakan ada tindakan yang membuat si ayam takut dan marah. Meskipun rata-rata kejadian semacam ini hanya pada ayam bangkok, tapi dapat terjadi pula pada jenis ayam kampung, kate, broiler, indukan habis menetas dan kalkun.

Cara Membuat Ayam Nurut

Cara Menjinakkan Ayam

Langsung saja ke pembahasan utamanya agar sobat dunia binatang semakin tau rinciannya. Metode ini bisa dicoba dengan memperhatikan usia dan besar ayamnya, jadi agar tidak salah pengertian sobat ketika sudah mempraktikkannya tapi tidak berhasil.

Oleh maka dari itu jangan gegabah dalam mengambil keputusan apabila belum terbiasa memelihara ayam giras dan galak sama orang. Berikut daftar metode yang dapat sobat lakukan seperti dibawah berikut :

Sering Interaksi Sama Ayam

Cara membuat ayam nurut pertama kali yaitu mengajak interaksi, secara mudahnya sering melihat atau mendekatinya. Sehingga ayam tersebut merasa aman dan nyaman ketika sobat dekati.

Konteks interaksi sebetulnya sangat banyak, jadi dengan mengaplikasikan tips ini setidaknya ayam lebih terbiasa melihat aktivitas sobat dikandang atau diluar. Selain itu tidak begitu berat karena cukup efektif bila diterapkan.

Melatih Memberi Pakan Dengan Tangan

Cara ampuh ayam nurut

Kemudian langkah kedua yaitu melatih lebih intens lagi yang berupa memberikan pakan dengan tangan atau wadah pakannya. Biasanya kalau ayam takut kita melangkah saja langsung lari, maka dari itu sobat bisa melatihnya dengan memberinya pakan secara langsung.

Jika dilakukan pada ayam bangkok yang sudah terlanjur dewasa cukup membutuhkan waktu yang agak lama yakni kisaran 2 minggu. Guna mengindari ayam kabur dari kandang bisa memberinya pada lubang makanannya, sehingga ayam tetap tidak bisa keluar. Rekomendasi ini sangat bagus dilakukan untuk cara merawat ayam jago juga.

Memandikan & Menjemur Ayam

Sering berinteraksi sama ayam

Cara mudah selanjutnya yaitu memandikan lalu menjemurnya dipagi hari pada dalam kurungan ayam. Dapat dilakukan satu minggu dalam 3-4 kali kalau sibuk ya dilakukan pada akhir pekan.

Ketika ayam sering dipegang orang lalu dimandikan akan membersihkan bulu dan menghilangkan bau serta kotoran yang menempel. Alhasil ayam akan tenang bila melihat orang lain lewat ataupun mendekatinya. Supaya kesehatan dan kekebalan tubuhnya sobat dapat memberikan jamu ayam bangkok yang diracik sendiri maupun beli ditkoko pakan.

Memegang Ayam Secara Berkala

Metode keempat ini lebih mudah karena bisa diterapkan dikala waktu luang saja. Jadi tujuan utamanya ialah mengajak ayam bersantai dengan sobat. Mungkin pagi hari, siang ataupun sore.

Kalau menurut sobat kurang bermutu cara ini mungkin sekalian memberinya berupa vitamin atau suplemen tambahan yang cukup masuk akal dan bisa lebih berlama-lama. Andaikan permasalahannya ayam tersebut galak ya sebaiknya menggunakan kaos panjang dan melepas gelang, jam dan cincinnya.

Mengusap Bulu Ayam

Cara membuat ayam nurut selanjutnya adalah mengusap bulu ayam agar tenang ketika didekati orang. Kalau ayam yang galak sobat mesti hati-hati sebab kalau terlena satu detik saja bisa mematuk tangan sobat.

Sedangkan ayam yang giras sebaiknya memegang dengan posisi yang pas baru diusap-usap dari kepala hingga badannya. Mengusap ini dipercaya bisa meluluhkan ayam yang jarang dipegang orang dan akan merasakan rilex dikala sobat usap.

Menangkap Ayam Dengan Santai & Lembut

Memegang ayam dengan santai

Cara yang terkahir untuk menjinakkan ayam bangkok yaitu menangkap atau memegangnya kembali dengan cara yang halus. Umumnya ayam awalnya giras akan merasa biasa dan tenang. Namun berbeda jika ayam tersebut pernah jinak dan giras lagi, sebab kemungkinan besar ada rasa trauma yang sulit dihilangkan.

Ketika menangkap sudah benar kemudian memposisikan memegangnya secara tepat, kalau mau diangkat pastikan ayam sudah tenang sehingga kemungkinan untuk meloncat sangat kecil.

Kemudian kalau hewan peliharaan sobat ini termasuk unggas kelompok hobi sebaiknya jangan menjauhkan sama orang asing atau keramaian. Karena ayam yang tidak terbiasa akan memiliki reflek mengeluarkan suara ketika merasa terancam dan tak nyaman.

Demikian beberapa tips versi kami yang praktis untuk sobat coba dirumah. Selain itu juga berlaku pada unggas yang galak dan takut sama orang serta hewan peliharaan lainnya. Selamat mencoba semoga berhasil ya sobat.

Penyebab Ayam Galak & Giras

Penyebab ayam giras

Eits belum selesai ya pembasahan kali ini karena ada lanjutan sedikit untuk sobat semua terkait dari faktor yang menjadikan ayam tersebut phobia sama orang dan sangat galak.

Beberapa penyebabnya ini bukan karena pembawaan lahir ya jadi lebih perlakuan pemiliknya dahulu ataupun diri kita sendiri. Informasi ini cukup penting bagi kita semua selaku penghobi atau perawat ayam. Inilah daftar-daftarnya :

  • Faktor genetik bisa jadi terhadap ayam menjadi galak, namun dapat pula dikarenakan jarang dipegang serta perlakuan kasar terhadap ayamnya.
  • Ayam dalam kondisi fit yang berlebihan ini biasanya terjadi ketika ayam minta dikawinkan dengan betina atau adu.
  • Ketiga faktornya ayam galak lantaran diusilin dengan benda mati, dengan demikian membuatnya marah dan apa saja yang mendekati akan dipatuk.
  • Sedangkan ayam giras seringkali dilatarbelakangi tidak terbiasa bertemu orang asing & tidak ditangkap sejak kecil
  • Kedua adalah pernah jinak tapi diperlakukan dengan kasar ketika mau memegang ataupun menangkapnya.
  • Kandang ayam jauh dari tempat keramaian seperti jalan raya suara bising dan lain-lainnya.

Kesimpulan dari penjelasan diatas yaitu apapun jenis ayamnya ketika kita memperlakukan dengan baik pasti hewan tersebut tetap jinak dan nyaman. Bahkan ada faktor yang dapat menyebabkannya seperti lingkungan dan perawatannya.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar cara membuat ayam jinak dari kami. Semoga dengan adanya metode diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply