3
493

√ Obat Ayam Sakit Kuning Di Apotik

Obat ayam sakit kuning di apotik apakah ada dan menyembuhkan dengan maksimal. Dengan adanya berbagai jenis penyakit dalam memelihara ayam, tentunya sobat dunia binatang tidak menginginkan hal ini terjadi pada ayam kesayangannya.

Memang dalam beternak kita juga terkadang mengalami suatu masalah dari kesehatan ayam yang dengan segera ditangani sebaik mungkin. Bahkan ada dampak yang serius apabila kita mengabaikannya dalam kurun waktu yang lama.

Jadi pembahasan kali ini yaitu sakit kuning pada ayam dimana keadaan fisik ayam terlihat pucat sehingga seperti kulitnya putih kekuningan. Menurut sudut pandang kami bahwa faktor dari sakitnya ayam disebabkan gejala bukan dari nama penyakitnya.

Pasalnya ada beberapa kejadian yang serupa tapi indikasinya berbeda-beda. Sebagai contohnya kerusakan organ dalam berupa hati, radang tenggorokan yang parah dan akibat dari ayam habis bertarung karena keletihan namun tidak ditangani dengan baik sejak dini. Agar semakin bertambah wawasan sobat, yuk simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Ayam Sakit Kuning?

Penyebab sakit kuning pada ayam

Gejala penyakit kuning pada ayam adalah menunjukkan suatu permasalahan dalam tubuh ayam yang didasari suatu penyakit tertentu. Namun untuk memudahkan para penghobi sehingga bisa disebut sebagai penyakit kuning.

Agar mengetahui dari penyebabnya, kita sebagai pemilik ayam diwajibkan menganalisa. Karena dengan hal tersebut akan mengerucutkan sebuah penyakit guna segera ditangani sesuai problemnya. Berdasarkan pengalaman kami ada beberapa indikator yang dapat sobat ketahui dari penyebab ayam sakit kuning.

  • Terkena pukulan keras ayam saat bertarung/latihan.
  • Rusaknya organ dalam (hati & sistem pencernaan)
  • Infeksi tenggorokan
  • Ayam cacingan parah
  • Kurangnya asupan pakan dan nutrisi
  • Radang usus
  • Serangan bakteri atau virus
  • Ayam sakit goham parah dan masih banyak lainnya

Jadi biasanya ayam yang pucat pun bisa disebabkan oleh kelelahan sehabis bertarung karena terlalu lama. Bilamana energi tersebut terkuras habis namun kondisi fisik ayam sedang tidak prima dengan dihajar ayam lebih unggul. Maka akan berdampak sakit organ dalam dan akhirnya ayam berubah pucat lemas tidak bergairah.

Ciri-Ciri Ayam Sakit Kuning

Gejala ayam sakit kuning

Sebelum terindikasi sakit kuning ayam sobat dapat diketahui dengan gejala-gejalanya. Guna memastikan bahwa ayam tersebut dalam kondisi yang tidak sehat, maka analisanya kurang lebih sebagai berikut.

  • Gejala paling terlihat dari ayam yakni kulitnya berubah warna putih pucat hingga bagian kepala
  • Gairah ayam menjadi bermalas-malasan seperti nafsu makan, keaktifan gerak gerik dan pergerakan ayam menjadi lambat
  • Karakteristik ayam yang terkena penyakit kuning umumnya kehilangan mental. Konteksnya yaitu ayam jago yang gagah berubah culun mengepakkan sayapnya karena ketakutan.
  • Fisiknya ayam menjadi kurus dan sulit gemuk walaupun diberi pakan yang cukup

Dapat disimpulkan bahwa indikasi penyakit kuning pada ayam yang dapat diketahui yaitu tidak begitu banyak sehingga memudahkan untuk penanganan pertama. Untuk pengobatannya sobat dapat memberikan sesuai sakit yang di derita ayam.

Cara Mengobati Ayam Sakit kuning Paling Efektif

Obat penyakit kuning ayam

Sesudah mengetahui penyebab dan gejala yang mengakibatkan ayam terkena penyakit kuning diatas. Tidak lengkap apabila tidak tahu terkait pengobatannya, jadi ada beberapa opsi sebagai media obat pada ayam aduan sobat.

Karena ada yang masih menerapkan cara pengobatan secara tradisional dan kimiawi. Untuk itu kami juga sudah mempersiapkannya supaya sobat dunia binatang semakin berpengalaman. Adapun daftar obatnya sebagai berikut.

Obat Tradisional Penyakit Kuning Ayam Pada Bangkok

cara mengobati ayam sakit kuning secara alami

Kondisi fisik yang sangat jauh dari kebugaran ayam sakit kuning dapat ditangani dengan memberikan obat herbal. Kita ketahui bersama bahwa khasiat bahan baku yang digunakan dalam dunia medis zaman dulu ialah menggunakan bahan alami.

Maka dari itu jangan khawatir sobat, sebab tidak akan memberikan dampak buruk meskipun diberikan pada ayam setiap hari. Namun ada batasan untuk pemberiannya sebagai penambah kesehatan ayam. Kurang lebihnya terdapat 3 metode yang dapat diaplikasikan.

Daging Kambing

Penyakit kuning salah satunya disebabkan oleh pukulan berat pada bagian badan ayam ataupun terkurasnya energi dikala bertarung. Memberikan daging kambing secukupnya bisa menjadi obat ayam yang sakit.

Khasiat daging kambing yang menambah stamina ayam secara instan sangat bagus pula bilamana dijadikan pencegahan pada ayam pasca tarung sehingga mencegah ayam dari berbagai macam penyakit.

Mengembalikan kondisi ayam yang sudah menderita cukup parah memang bukan mudah pada study kasus ini. Akan tetapi penyakit jenis ini sangat bisa disembuhkan, untuk mempercepat proses penyembuhan alangkah baiknya bila dirawat sebaik mungkin. Sehingga kemajuan kondisi ayam sangat terpantau dengan teliti.

Larutan Gula Merah & Jahe

Lalu cara mengobati ayam sakit kuning yang berikutnya ini sangat mudah banget didapatkan disekitar kita. Pasalnya kedua bahan yang diperlukan adalah bumbu dalam memasak sehari-hari.

Pemberiannya sendiri sobat hanya diperlukan melarutkan gula merah yang sudah ditambahkan serbuk jahe atau jahe geprek. Kemudian siapkan panci dan panaskan air hingga mendidih. Berikan ketika masih hangat bisa dikombinasikan dengan pakan agar ayam mau dikasih ramuan tersebut.

Teruslah memberikannya sampai kondisi ayam sudah sehat seperti sedia kala. Akan tetapi bila tidak ada peningkatan selama 7 hari setelah diberikan obat tradisionalnya, lebih baik langsung diganti dengan obat yang di apotik.

Berikan Daging Bekicot

Kerang remis atau bekicot menjadi opsi mengobati ayam sakit kuning secara tradisional yang terakhir. Mengapa harus memberikannya? Sebab terdapat kandungan protein sangat tinggi, maka dari membantu sekali dalam memulihkan tenaga dan luka dalam tubuh ayam yang sakit.

Selain itu khasiat dari bekicot bila diberikan ayam aduan yaitu menambah performa baik dijadikan pejantan ataupun mau diadu. Bahkan dipercaya dalam memulihkan organ dalam ayam yang bermasalah karena kekurangan nutrisi pakan.

Bila diberikan sebagai obat rekomendasi dari kami sobat memberikannya selama 2-3 hari sekali dan dukung juga sama kualias pakan yang terbaik. Karena kombinasi yang tepat akan membantu proses penyembuhan ayam dari kondisi sakit.

Obat Ayam Sakit Kuning Di Apotik

Rekomendasi Obat ayam sakit kuning

Selanjutnya mengobati ayam penyakit kuning bisa pula dengan metode obat modern yang dikemas dengan kapsul ataupun serbuk. Kini tidak perlu pusing-pusing karena untuk mendapatkannya cukup membeli di apotik dan toko pakan ternak.

Rekomendasi ini diformulasikan pada ayam yang tingkat sakitnya parah. Karena jika menggunakan cara herbal prosesnya bisa memakan waktu 2-3 hari baru tercerna oleh sistem pencernaan ayam. Oleh hal demikian, pengobatan injek atau kapsul dapat dijadikan opsi yang terbaik.

Obat Kuning Plus

Kuning plus ialah obat ayam yang sangat ampuh untuk ayam yang menderita sakit kuning. Selain itu pemberian obat ini juga aman terhadap tubuh ayam, hebatnya lagi kinerjanya memulihkan kondisi ayam dengan cepat. Alhasil ayam dapat sehat seperti sedia kala.

Harga kuning plus juga terjangkau, jadi sobat peternak ayam tidak perlu khawatir dengan perbandingan harga jualnya di online shope. Aturan pemakaiannya 3 x 1 kapsul/hari dan diberikan selama 5-7 hari. Bila diformulasikan pencegahan 2 x 1 kapsul.

Pengobatan Penyakit Kuning Doxycycline

Tips pengobatan berikutnya ini bisa dinamakan pre-hepatic dengan tujuan utama pencegahan sel darah merah hancur lebih cepat dan banyak. Umumnya kejadian ini difaktori malaria, sehingga sobat dapat membelinya obat doxycycline.

Dengan demikian pastinya sangat rekomended dalam menangani kondisi ayam sakit yang sifatnya ringan atau sedang. Perlu sobat ketahui obat diatas diperuntukkan pada manusia, jika hendak diberikan pada ayam sebaiknya dengan dosis setengah atau seperempatnya saja.

Takutnya malah ayam kesayangan sobat bisa berakibat fatal. Selain itu sharing-sharing dengan sesama peternak untuk mendapatkan anjuran obat yang bisa didapatkan apotik terdekat dan harganya terjangkau.

Liver Plus Herbal

Obat ini dapat sobat berikan pada ayam sakit kuning khususnya dengan permalahan hati ayam dan sekitarnya. Faktor dari penyakit kuning cukup banyak, maka dari itu kita tidak dapat memberikan satu penyebab saja. Untuk hal tersebut tanda-tanda adanya perubahan warna kulit ayam menjadi kekuningan.

Selain itu ciri khas ayam yang terkena sakit ini berubah menjadi pucat dan bermalas-malasan gairahnya. Jangan bingung, karena mengobatinya bisa dengan liver plus herbal. Harganya pun terjangkau serta mudah didapatkan karena sudah tersedia di marketplace ataupun penyedia pakan ternak didaerah sobat.

Kemasan yang diperoleh yaitu berisi 10 kapsul dengan anjuran pemakaian 1 kali setiap hari. Manfaat yang ditawarkan pun beragam, semacam pencegahan luka dalam, pasca tarung dan ayam yang pucat.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan kepada sobat dunia binatang tentang obat ayam sakit kuning di apotik. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply