390

√ Cara Merawat Ayam Jago Bangkok

Cara merawat ayam jago menjadi perbincangan yang unik dan perlu diperluas secara online. Hal ini dikarenakan banyaknya penghobi dan peternak ayam bangkok di nusantara. Meskipun ayam bangkok sendiri identik dengan ayam aduan, namun tidak sedikit yang mengkhususkan sebagai hiasan atau klangenan.

Bahkan dalam memelihara hewan ternak ini ada musim tertentu yang menjadikan momok bagi penghobi. Contohnya merebak penyakit flu burung, Avian Influenza (AI), Newcastle Disease dan lain-lainnya. Tentunya kejadian ini membutuhkan solusi yang tepat dan cepat.

Kesempatan yang mulia ini makanya kami berupaya memberikan edukasi kepada sobat semua bagaimana cara menghindari atau meminimalisir permasalahan yang terus berulang setiap tahunnya. Daripada semakin ingin tahu, yuk simak penjelasan dibawah berikut :

Cara Merawat Ayam Jago Putih

Cara Merawat Ayam Jago Putih

Ya benar jadi konteks kali ini ialah merawat ayam jago, namun bukan berarti berlaku pada ayam jantan dewasa saja. Bisa juga diaplikasikan kepada ternak sobat entah ayam kampung, ayam hias import dan ayam laga.

Sesuai judul yang kami angkat pada penjelasan sekarang ialah karena dilatar belakangi ayam warna putih membutuhkan perawatan sedikit berbeda dengan warna bulu lainnya. Pertama harus bersih, sehat dan mengkilap. Oleh hal itu jadi-nya dapat dijadikan sebagai solusi memelihara ayam bangkok warna putih.

Langsung saja bagaimana tatacara merawat ayam jago putih entah dari strain bangkok, hias lokal & import. Berikut sudah kami rangkum dan tahap-tahapannya, agar lebih mudah diaplikasikan sama sobat dunia binatang.

Pakan Berkualitas

Langkah pertama yaitu dengan memberikan pakan yang berkualitas, hal ini tentunya disesuaikan dengan porsinya berdasarkan usia dan kebutuhannya. Setiap umur memiliki batasan tersendiri jadi sobat cukup dengan memperhatikan dari nutrisi dan proteinnya.

Lalu pakan apa yang tepat diberikan ayam jago putih? Menurut pengalaman kami sendiri sobat dapat memberinya berupa voer 512, A594 & BR Super. Sedangkan kombinasinya bisa dari jagung, beras merah, gabah dan vitamin lainnya.

Membuatkan Kandang Umbaran

Tips kedua rawatan ayam putih dewasa yakni menyediakan kandang berupa umbaran. Hal ini kami sarankan agar bulu-bulu tetap bersih dan tidak rusak karena kandang yang terbatas. Apalagi bila tipe ayam aktif akan sulit dikendalikan dan menabrakkan ke pagarnya.

Ukurannya menyesuaikan luas lahan sobat, bisa dengan panjang 150, lebar 100 cm dan tinggi 150 cm. Selain itu berikan kayu untuk ayam bertengger agar tidurnya tidak dilantai kandang.

Memandikan & Menjemur Pagi Hari

Cara ketiga ini sebagai opsi lanjutan untuk tetap menjaga keindahan warna bulu dan kesuburannya. Pasti ayam yang sehat dan bersih memerlukan perawatan rutin agar nampak selalu segar bugar.

Apalagi konteksnya ialah ayam jago warna putih. Maka dari itu juga membutuhkan faktor pendukung yang terkadang tidak terfikirkan. Jika sobat sebagai pekerja kantoran bisa memandikan dan menjemurnya dikala libur entah hari sabtu ataupun minggunya.

Membasmi Kutu Bulu

Supaya bulunya tetap sehat maka tidak ada salahnya mengecek secara berkala guna memastikan tidak ada kutu bulu yang merusak serta mengganggu pertumbuhannya. Karena dapat mengganggu kesehatan ayam bila dibiarkan dalam jangka panjang.

Untuk merontokkan kutu dan gurem sesuai pengalaman kami biasanya menggunakan produk kututoks, obat gurem & shampo khusus ayam. Sobat bisa mendapatkannya melalui marketplace atau tuku pakan ternak disekitar rumahnya.

Menjauhkan Dari Tempat Kotor

Langkah berikutnya untuk merawat ayam jago bangkok putih ialah menjauhkan dari tempat yang kotor dan becek. Maksud kami disini adalah ketika habis dilepas atau diumbar pada media tanah sebaiknya dibersihkan dahulu sebelum dimasukkan ke kandang.

Sebab bisa mempengaruhi warna bulu yang putih bersih menjadi semakin kusam dan jelek. Maka dari itu merawat ayam putih bukan perkara yang mudah bila ingin selalu bersih dan bugar.

Memberikan Jamu Ayam

Cara merawat yang terakhir yakni memberi atau membuatkan jamu ayam tradisional supaya menjaga kekebalan tubuh dan penyebaran penyakit. Hal ini dikarenakan perubahan cuaca, perawatan dan faktor lingkungan sekitar.

Sebagai peternak ayam tips ini memang wajib diberikan secara rutinitas baik 1-2 kali setiap pekannya. Jika tidak sempat membuatnya bisa membeli yang sudah jadi contohnya produk mbah joyo atau sasana ngapak (SN). Insyaallah harganya pun terjangkau bagi semua kalangan penghobi ayam.

Mitos Ayam Jago Putih

Mitos ayam jago putih

Berdasarkan informasi kami yang ketahui bahwa ayam jago putih dipercaya oleh sebagian masyarakat memiliki kekuatan magis yang sangat luar biasa. Mungkin sobat belum mengetahuinya secara detail, untuk itu kami sajikan dengan bentuk dibawah berikut :

Menolak Bala’

Pertama yang dipercaya oleh masyarakat umum maupun botoh ayam yaitu sebagai sarana tolak bala’. Kaitannya adalah terhadap kekuatan magisnya ketika memeliharanya bisa menjauhkan sumber penyakit atau ganguan ghoib yang akan mengganggu pemilik rumah serta hewan ternaknya.

Maka dari tidak heran bila orang-orang dahulu sering memberikan wejangan pada anak cucunya untuk memelihara ayam putih baik dari jenis bangkok, kampung dan lain-lainnya

Termasuk Ayam Suro

Mitos yang kedua yaitu tergolong sebagai ayam suro lantaran dianggap memiliki kekuatan khusus. Guna mengetahui apakah termasuk suro atau bukan harus dilihat dari beberapa aspek, sebab tak semua ayam putih mempunyai katuranggan juga.

Menurunkan Mental Musuhnya

Terakhir membuat mental musuh turun, ketika berhadapan dengan musuh yang mentalnya bagus biasnaya ayam bangkok putih ini akan bertarung dengan habis-habisan. Dikala pukulan lawan mengenai kepala dengan mengeluarkan darah segarnya malah lawan menjadi turun mental.

Sebab darah segarnya yang mengalir sehingga warnanya semakin kontras lantaran bulunya putih. Maka dari itu sang musuh pun menjadi tidak begitu bergairah untuk menumbangkannya. Alhasil ayam jago putih malah semakin menjadi-jadi, oleh hal itu ayam putih jarang diturunkan arena laga.

Keistimewaan Ayam Jago Bangkok Putih

Keistimewaan ayam jago bangkok putih

Tak banyak yang mengetahui kelebihan ayam jago bangkok putih juga memiliki banyak keunggulan baik dipelihara hias maupun aduan. Meskipun jarang dijadikan andalan dalam arena tapi keistimewaannya sulit ditandingi. Untuk lebih detailnya seperti demikian :

Ayam Berkharisma

Kelebihan yang pertama ini ialah memiliki aura atau pancaran yang berwibawa. Kalau diibaratkan warna bulu adalah bajunya yang mewah sehingga terlihat gagah. Karena sering menciutkan lawan alhasil warna sering sebagai pembawa sial bagi botoh ayam.

Tak hanya dalam arena laga kharismanya, meski dipelihara untuk hiasan depan rumah juga tak kalah hebatnya. Maka dari itu warna putih sangat jarang dijual dan harganya mahal. Biasanya ketika dewasa ayam bangkok putih bisa mencapai 500.000-1.000.000 rupiah.

Sulit dipukul

Keistimewaan kedua ini ketika bertarung memiliki teknik cepat dan agresif. Dengan demikian menyulitkan musuhnya untuk membalas pukulan sedangkan ketika dipukul si putih ini menjadi beringas.

Hal yang menyebabkan sulit dipukul lainnya dikarenakan warnanya membuat silau apalagi diadu dalam siang bolong. Kilauan bulunya tersebut membuat lawan tak fokus menatapnya.

Membuat Pertarungan Panas

Kelebihan lainnya yang dimiliki ayam jago putih adalah membuat arena pertarungan semakin memanas. Ya ini bisa dikatakan benar namun pada dasarnya ayam memiliki mental yang berasal induknya. Jadi bisa mungkin terjadi dan tidak.

Selain itu genetik menjadi faktor utama atas kinerja dan pola bertarungnya. Untuk mengetahuinya bila ayam tersebut masih muda paling tidak memerlukan 3-5 kali bertarung dengan lawan berbeda guna mengetahui teknik bertarungnya.

Ayam Sejuta Manfaat

Terkahir ayam ini memiliki keistimewaan diburu banyak orang. Bagaimana tidak bila warnanya putih mulus dan tembus dari paruh, mata dan kakinya. Disisi lain penghobi ayam bangkok juga tak hanya ditujukan tarung. Sehingga bisa dijadikan untuk hewan kesayangan dan kembang latar kalau orang jawa menyebutnya.

Ketampanan ayam jago bangkok putih sering juga dijadikan sarana pengesahan perguruan beladiri, sarana hal ghoib dan masih banyak lainnya. Barangkali sobat ingin memeliharanya siap-siap merogoh kocek yang lumayan mahal.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar cara merawat ayam jago bangkok putih, semoga dengan adanya artikel diatas dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply