8
364

√ Jenis Daun Yang Disukai Ayam

Daun yang disukai ayam bisa menjadi menu tambahan ataupun campuran pakan untuk ayam pedaging, petelur dan kampung. Pakan menjadi faktor penentu keberhasilan dalam budidaya ayam.

Ternyata dari beberapa jenis sayuran atau daun yang sering kita oleh untuk dikonsumsi bisa juga sebagai pakan alternatif untuk unggas. Bahkan manfaatnya banyak sekali untuk kesehatan ayam. Hal ini terbukti dari pengalaman beberapa peternak.

Selain makanan pokok ayam berupa bekatul, konsentrat dan jagung, sobat juga dapat memberikan daun yang disukai ayam untuk campuran sekaligus mengejar target bobotnya. Bahkan sangat aman meskipun diaplikasikan setiap hari. Lalu apa saja ya tanaman tersebut?

Jenis Daun Yang Disukai Ayam

Jenis daun yang disukai ayam

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa sayuran memang banyak jenisnya, namun bukan berarti ayam seperti demikian. Hanya beberapa saja yang digemari ayam dan jelas sangat bagus untuk dijadikan pakan tambahan.

Memang beternak ayam sangat prospek dan menggiurkan bila mengetahui manajemennya. Maka dari itu disini kami akan memberikan beberapa contoh yang bisa sobat ambil manfaatnya untuk dipraktikkan dirumah.

Bahkan pengetahuan ini secara tidak langsung kita ketahui secara turun temurun sekedar dari lisan maupun penglihatan. Hal ini juga berlaku semua jenis ayam entah dari strain ayam bangkok, hias dan lain-lainnya.  Jika sudah tahu mari kita langsung cek daftar dibawah berikut ini :

Daun Pepaya

manfaat daun pepaya untuk ayam

Berdasarkan penelitian para ahli menyebutkan bahwa daun pepaya memiliki peran penting dang sangat bermanfaat untuk ayam petelur, kampung dan bangkok. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan enzim papiain yang mudah dicerna oleh ternak.

Bahkan peran daun pepaya juga sebagai antibiotik alami untuk mengatasi perkembangan bakteri, meningkatkan nafsu makan dan mencegah ayam terkena penyakit.

Daun Singkong

Manfaat daun singkong untuk pakan ayam

Tak kalah bagusnya dengan daun pepaya daun singkong juga menjadi sumber protein nabati untuk unggas, ini sangat baik bila sobat sebagai pelaku usaha ayam pedaging. Daun yang disukai ayam ini sangat mudah kita dapatkan disekitar perarangan rumah.

Dengan pemberian daun singkong bisa mempercepat tumbuh kembang dan meningkatkan bobot dengan waktu tak lama. Hal ini dikarenakan kandungan daun berupa protein tinggi, vitamin dan meinral. Sedangkan kekurangannya ialah terkandung anti nutri HCN tinggi.

Daun Kangkung

Manfaat sayur kangkung untuk ayam

Pemberian daun kangkung yang cukup memanglah bagus, namun bila berlebihan bisa menyebabkan ayam menjadi lemas dan kurang aktif. Untuk mengatasinya sobat cukup dengan memberikan sebagai campuran saja, supaya sesuai dengan kebutuhan ayamnya.

Sedangkan dari manfaatnya ialah membantu melancarkan pencernaan, pengobatan luka kulit, meningkatkan kekebalan tubuh dan memacu peningkatan produksi. Jadi bagi sobat yang mudah menemukan jenis daun ini tetap bisa diberikan ke ayam hanya saja sesuaikan dengan takarannya.

Daun Bayam

Daun bayam yang disukai ayam

Jenis tanaman atau sayuran yang satu ini sangat disukai ayam yakni daun bayam. Bayam sendiri merupakan salah satu daun yang mudah ditemukan. Kandungan zat besi pada bayam sangat penting untuk tubuh manusia maupun unggas ternak ayam.

Zat besi yang terdapat pada daun bayam bisa berkhasiat untuk mempercepat pertumbuhan, produktifitas telur terus bertambah dan menjaga kekebalan tubuh dari berbagai penyakit ayam.

Daun Pisang Muda

Daun yang disukai ayam daun pisang muda

Sering melihat ayam memakan daun pisang yang masih muda? Nah karena hal tersebut pastinya dikarenakan disukai dan ada manfaatnya tersendiri. Mungkin sebagian dari kita tak pernah terfikirkan hal seperti demikian.

Umumnya pemberian daun ini hanya diberikan pada ayam bangkok untuk laga. Mungkin karena beberapa alasan lain untuk tidak memberikan ialah terdapat nilai harganya dan terlalu tinggi untuk memetiknya. Sebab orang jawa masih menggunakan daun pisang untuk pembungkus makanan tradisionalnya.

Sedangkan dari manfaatnya bahwa pucuk daun pisang mudah berkhasiat untuk meningkatkan stamina ayam bangkok bertarung. Alhasil ayam mampu bertarung dalam waktu yang namun tetap kuat dari tenaganya. Mungkin ini bisa jadi pakan tambahan sobat untuk ternaknya bila memiliki penyediaan daun pisang cukup banyak.

Daun Sawi

Manfaat daun sawi untuk ayam

Daun yang disukai ayam berikutnya ini ialah sawi. Sayuran yang sangat mudah kita jumpai didaerah pedesaan dan pasar tradisional ini biasanya harganya sangat ekonomis. Maka dari itu tidak sedikit pula yang kurang bagus cuma dibuang begitu saja.

Daripada tidak bermanfaat sobat bisa menggunakannya sebagai pakan campuran ayam. Menutut informasi yang kami ketahui bahwa memiliki banyak manfaat seperti vitamin A & C.  Khasiat untuk ayam adalah menurunkan resiko terkena penyakit dan membantu pertumbuhan sel pada dalam badan ayam.

Daun Selada

Manfaat Daun Selada

Daun selada memang familiar dilingkungan kita, namun belum tentu mengetahui detailnya daun tersebut seperti apa. Jadi daun ini sering digunakan pada burger, salad dan gado-gado, sudah paham kan sampai disini? Oke, mari kita lanjutkan pembahasannya.

Memang daun ini kaya akan nutrisi seperti vitamin A & K, zat besi serta asam folat yang sangat baik bila diberikan juga pada ayam. Seluruh nutrisi ini bagus untuk kalian yang merupakan peternak ayam bangkok petarung dan jenis hias karena mampu menambah stamina ayam.

Daun Wortel

Manfaat Daun Wortel Untuk Ayam

Wortel adalah tumbuhan sayur bisa kita konsumsi yang termasuk berupa umbi atau akar. Karena itu daunnya tidak banyak digunakan, maka dari itu bisa menjadi alternatif pakan ayam. Selain terdapat banyak nutrisi yang terkandung juga sangat disukai ayam.

Beberapa nutrisinya yaitu mineral, klorofil, magnesium, kalsium dan potasium. Berdasarkan yang kami ketahui bahwa daun wortel dipercaya untuk membantu kelancaran peredaran darah, kebugaran, ketahanan otot dan tubuh ayam.

Daun Kelor

Daun yang disukai ayam adalah daun kelor

Jenis Daun terakhir ini sudah sangat familiar sekali bagi masyarakat nusantara, selain menjadi bahan obat tradisional juga bisa dimanfaatkan untuk pakan unggas ternak seperti ayam dan mentok. Khasiatnya daun kelor ini bukan kaleng-kaleng karena bisa menurunkan tingkat stress, mencegah kerusakan ginjal dan meningkatkan produksi telur.

Jadi tidak ada salahnya bila sobat menggunakan daun ini sebagai bahan campuran pakan ayamnya dirumah. Alhasil biaya pakan menjadi berkurang namun kesehatan dan pertumbuhan ayamnya bisa maksimal.

Cara Membuat Pakan Ayam Dari Daun

Cara membuat pakan ayam dari daun

Penjelasan selanjutnya ini kami akan menjabarkan bagaimana cara membuat campuran pakan agar tetap awet meskipun disimpan 1 bulanan. Mungkin sobat tidak punya daun-daun yang disukai ayam, sehingga harus membeli atau meminta ke teman lainnya dengan cukup banyak.

Agar persediaan campuran pakan berupa daun ini tetap awet sobat perlu memperhatikan informasi ini supaya tahu langkah-langkahnya. Kurang lebihnya seperti dibawah berikut ini :

  • Persiapkan daun 1 kantong plastik besar
  • Kemudian potong kecil kurang lebih satu ruas jari
  • Tahap ketiga yaitu menjemur daun tersebut hingga benar-benar kering
  • Remas hingga semakin kecil potongan daun yang disukai ayam tadi
  • Kini sudah jadi dan bisa sobat berikan dengan mencampur dengan bahan pakan ayam lainnya.
  • Ambil secukupnya lalu simpan kembali daun kering dimedia tertutup rapat.

Kami sarankan untuk metode ini menerapkan berupa daun pepaya, singkong, sirsak, markisa & kelor. Intinya yang teksturnya cukup keras bukan lemas ya sobat. Supaya lebih mudah dan cepat proses pengeringannya.

Adapun cara lain untuk membuat pakan ayam dari daun dengan mengolahnya menjadi pelet/voer. Hanya saja membutuhkan alat dan bahan yang lebih banyak untuk pembuatannya. Mungkin cara sederhana diatas sudah cukup untuk para peternak skala rumahan.

Manfaat Daun Untuk Ayam

Manfaat daun untuk pakan ayam

Kalau berbincang manfaat daun atau sayuran untuk ayam tidak habisnya. Sebagai negara beriklim tropis indonesia juga sangat kental dengan hewan ternak khususnya ayam. Baik skala kecil maupun pembisnis, hal ini karena kebutuhan konsumsi daging ayam masih belum mencukupi untuk masyarakat.

Selain cita rasa yang gurih harga daging ayam lebih ekonomis sehingga segmen pasarnya sangat luas dan banyak penikmatnya. Untuk menjaga cita rasa daging ayam yang khas ini bisa didukung dengan pemberian pakan berupa daun-daunan. Sedangkan khasiatnya untuk ayamnya adalah seperti berikut :

  • Meningkatkan kekebalan tubuh ayam
  • Mengobati ayam yang cacingan
  • Menambah nafsu makan ayam
  • Meningkatkan bobot ayam secara alami
  • Menghalangi perkembangan bakteri jahat
  • Memacu tingkat produktifitas telur ayam
  • Menjaga kualitas daging dan rasa
  • Melancarkan pencernaan ayam
  • Sebagai sumber nutrisi dan energi

Selain dari contoh diatas sejatinya masih banyak sekali. Dengan adanya daftar tersebut paling tidak sudah menambah pengetahuan kita semua terkait fungsi daun untuk ayam bangkok, pedaging maupun petelur sekaligus.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar daun yang disukai ayam. Semoga dengan adanya pemaparan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply