1672

√ Manfaat Jangkrik Untuk Ayam

Manfaat jangkrik untuk ayam sangatlah banyak, tidak hanya sekedar dimanfaatkan dalam memberikan burung kicau. Ternyata juga bagus bila diberikan pada ayam laga hal ini karena begitu banyaknya kandungan protein dalam jangkrik.

Maka dari itu serangga jangkrik ini merupakan yang banyak dibudidayakan oleh masyakarat karena permintaan pasar sebagai kebutuhan pokok burung kicau. Kemudian Defoliart El Al pada tahun 1993 menyatakan bahwa jagkrik sangat berpotensi dibudidayakan sebagai pakan ternak dan bahan pangan.

Kandungan protein yang sangat tinggi ini kurang lebihnya 58-62%. Negara amerika dan kanada menggunakan jangkrik sebagai pakan ternak dan umpan memancing. Sedangkan di tanah air rata-rata masyarakatnya memanfaatkan sebagai pakan burung kicau dan ikan baik lele maupun arwana.

Cara Pemberian Jangkrik Pada Ayam

Pemberian jangkrik untuk ayam

Salah satu menciptakan ayam bangkok muda supaya menjadi jawara ialah dengan memberikan makanan tambahan berupa jangkrik. Tidak sekedar ayam laga ayam hobi pun sangatlah bagus bila sobat berikan serangga satu ini.

Karena pada dasarnya ayam memerlukan banyak nutrisi yang memiliki nilai gizi agar dapat memaksimalkan bobot, bulu dan stamina ayam. Bahkan dengan extra fooding seperti ini pun bisa menambah agresifitas ayam pemacek untuk membuahi induk betina supaya telurnya berkualitas bagus.

Sedangkan takaran pemberian jangkrik bisa disesuaikan dengan usia dan kebutuhan ayam. Caranya yakni ayam lancuran usia 3-6 bulan maksimal 4 kali sehari dengan jangkrik kecil hingga ukuran sedang dengan memberikan 2-3 kali saja dalam kurung waktu 1 pekan. Tujuannya merangsang perkembangan dan pertumbuhannya ayam yang masih usia muda.

Dosis Pemberian Jangkrik Untuk Ayam

Takaran pemberian jangkrik pada ayam

Takaran yang dianjurkan memberikan jangkrik pada ayam ialah minimal dengan usia 3 bulan. Kenapa demikian? Sebab anak ayam 0-2 bulan ialah masa pembentukan struktur tulang makanya cukup diberikan pakan berupa konsentrat atau voer agar lebih mudah dicerna dan sesuai protein yang dibutuhkannya.

Lalu untuk ayam yang telah menginjak umur 3-6 bulan dosisnya ialah porsi kecil hinga sedang namun tidak diberikan setiap hari jadi solusinya memberikanΒ  2 kali dalam seminggu sebagai pakan tambahan saja. Karena ditakutkan bila ayam menjadi ganas dan galak sama orang.

Usia ayam 7 bulan lebih dosis pemberiannya ialah bisa dilakukan setiap hari waktu pagi hari sebagai pakan selingan dan jangan sampai memberikannya berlebihan. Batas maksimumnya ialah 2-3 ekor jangkrik yang ukurannya sedang per harinya.

Nah itulah sedikit takaran memberikan pakan tambahan jangkrik pada ayam hobi maupun laga. Supaya sobat dunia binatang semakin bertambah wawasan yuk simak khasiat dari serangga jangkrik ini untuk hewan ternak.

Manfaat Jangkrik Untuk Ayam

Manfaat jangkrik untuk ayam

Tidak sekedar bekikot saja bermanfaat untuk ayam. Jangkrik pun demikian ternyata menyimpan segudang khasiat bila diberikan pada ayam muda hingga dewasa. Adapun rangkaian manfaat tersebut seperti dibawah berikut ini :

  • Protein yang terkandung dalam jangkrik sangatlah tinggi bahkan melebihi dari pakan yang dikonsumsi ayam sehari-hari. Oleh hal itu sangat bagus untuk memacu pertumbuhan ayam dengan lebih cepat dan tepat.
  • Meningkatkan agresifitas ayam semakin menjadi-jadi. Pemberian yang sesuai dosisnya akan menambah stamina dan mental ayam laga milik sobat. Karena itu tidak jarang bila diarena pertarungan ayam kerap menemukan ayam mental jawara karena telah diberikan jangkrik.
  • Memperhalus dan menyehatkan bulu ayam yang masih muda. Khasiat jangkrik untuk ayam hobi selanjutnya ialah karena ada kandungan minyak yang dipercaya menyehatan serta memperhalus bulu ayam
  • Manfaat jangkrik untuk ayam berikutnya adalah membentuk otot ayam yang maksimal. Biasanya karena ayam aduan rentan cidera dengan memberikan jangkrik bisa dijadikan pencegahan dan penguatan otot ayam semakin kuat dan tidak mudah dikalahkan lawan.
  • Meningkatkan produktivitas ayam betina, siapa sangka memberikan pakan tambahan jangkrik kepada ayam indukan bermanfaat dalam menambah produktivitas serta pemulihan bobot ayam sehabi mengeram.
  • Menambah bobot ayam, khasiat jangkrik pun tidak diragukan lagi dalam mengejar perkembangan tubuh ayam semakin menjadi ideal namun berbobot. Pemberian porsi yang sesuai kebutuhan ayam pun bisa menjadikan ayam ke bentuk yang proporsional.
  • Stamina ayam aduan memang terkadang naik turun, untuk itu sobat jangan khawatir dalam mengatasi hal seperti ini. Sebab dengan memberikan extra fooding ayam berupa jangkrik yang sedang setiap pagi insyaallah ayam akan kembali stamina terbaiknya.

Demikianlah informasi yang bisa kami sajikan pada sobat dunia binatang mengenai manfaat jangkrik untuk ayam. Mudah-mudahan dengan adanya penjelasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengalaman baru bagi sobat semuanya, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply