3843

√ Cara Membuat Makanan Anak Ayam Baru Menetas

Makanan anak ayam yang baru saja menetas pastinya akan buat sobat dunia binatang sebagian kebingungan. Bagaimana tidak bila belum pernah memelihara anakan yang habis menetas. Terkadang beberapa kendala lain berupa keseragaman bobot menjadi persoalan pokok.

Jadi dalam kesempatan kali ini kami akan berupaya memberikan informasi terkait hal-hal yang paling kerap ditanyakan para sobat semuanya. Entah dari penyapihan, vitamin, progres perkembangan dan masih banyak lainnya. Memang dalam hal apapun bila tidak dibekali pengetahuan dan terus belajar membuat diri kita sendiri berjalan ditempat saja.

Selain itu kami juga akan memberikan tips buat sobat semua tentang meracik pakan anak ayam supaya pengeluaran biaya pakannya semakin irit namun tetap cepat besar dan sehat. Semakin penasaran kan informasi yang hendak disampaikan? Langsung saja kita sama-sama simak pemarapan dibawah berikut :

Makanan Anak Ayam Adalah?

Makanan Ayam Adalah

Pakan ialah bagian paling pokok dalam kelangsungan hidup dan meningkatkan kualitas mutu daging ayam tersebut. Mana kala di nusantara terdapat beberapa strain unggas ternak khusus konsumsi baik pedaging maupun petelur. Maka dari jika sobat memelihara ayam hias atau bangkok juga bisa menerapkan pakan yang sama-sama bagusnya.

Secara mudahnya diibaratkan diri kita jika seharian saja tidak makan otomatis akan pucat dan sakit kan. Begitu juga dengan hewan bila tidak diberikan pakan bisa sakit bahkan kematian. Berbeda lagi kalau pakan ditujukan untuk menggemukkan agar kebutuhannya bisa terpenuh dan lebih cepat proses pertumbuhannya.

Dalam pengapliasian makanan ayam bisa dibedakan dari berbagai jenis dan kualitasnya. Misalnya dari kandungan protein dan lain-lainnya. Perlu ketahui dalam pakan anak ayam yang bagus

Cara Meracik Makanan Anak Ayam

Makanan anak ayam baru menetas

Apakah sobat sudah benar memberikan makanan anak ayamnya usia 0-1 bulan? Perlu diketahui bahwasanya dalam masa ini ialah waktu paling penting untuk pembentukan tulang dan postur badan anak ayam tersebut. Kenapa hampir seluruh peternak ayam joper/broiler mengaplikasikan voer murni?

Jawabannya ialah karena dalam masa menjadi penentu presentase keberhasilan pembesaran. Selain itu DOC juga belum bisa mencerna pakan bekatul dengan baik, sehingga jika diberikan biasanya akan diare. Oleh maka dari itu dengan penjelasan seperti paling tidak menambah wawasan untuk diri kita syukur-syukur ya dishare ke temen-temen lainnya.

Nah pasti pada bingung kan cara membuat pakan atau lebih tepat meraciknya dari apa saja kompisisinya? Alhamdulillah kalau betul, mari langsung saja ke praktik peracikan makanan anak ayam bangkok, broiler, kampung dan petelur sebagai berikut ini :

Pakan Anak Ayam Usia 0-1 Bulan

Setelah anak ayam menetas pemberian pakan paling tepat dengan merawatnya mengaplikasikan voer jenis srumble yang dikhususkan DOC. Selain itu gilingan yang lebih halus akan mudah dicerna oleh anak ayamnya.

Jika sobat bingung rentang pemberian pakan voer murni ini yaitu selama 30 hari/1 bulan. Andaikan ada kendala terhadap DOC yang kesusahan mencerna dikarenakan baru menetas sobat dapat memecahkan permasalahannya cukup menghaluskan pakannya.

Dari sekian banyaknya merk konsentrat ayam yang bagus diberikan ke anakan ayam usia 0-1 bulan yakni 511, A591, AD1, 512-Bravo, Vita PAB1 dan lain-lainnya. Untuk mudahnya memiliki nilai protein antara 18-20%.

Racikan Pakan Anakan Ayam Umur 2-3 Bulan

Cara merawat anak ayam usia 2-3 bulan merupakan bagian dari tahapan kedua, supaya memahami dari fisiknya dengan. Paling mudah sobat bisa mengetahuinya dari tumbuhnya sebagian bulu rawis dan pergantian bulu. Dalam masa tersebut sobat dapat memberikan pakan campuran seperti dedak, konsentrat, tepung jagung, jagung giling dan lainnya.

Jadi racikan pakan diatas dicampur semuanya dan diberikan air untuk mengaduknya agar lebih merata. Perlu ketahui bahwa penerapan pakan basah/comboran bisa mempercepat pertumbuhan anak ayam bangkok/kampung. Sehingga yang mesti dipelajari lebih dalam ialah takaran setiap campurannya.

Misalkan konsentrat 30%, dedak 50% & tepung jagung 20%. Dengan mengaplikasikan metode ini insyaallah akan lebih mudah dan menghemat biaya pakan. Hanya saja sobat juga terus lebih belajar lagi agar dengan cost pakan yang minim tetap bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Komposisi Pakan Ayam Usia 4-6 Bulan

Usia 4 bulan ialah fase yang bagus untuk memberikan pakan untuk penggemukan dan perawatan agar badan ayam lebih cepat jadi. Namun hal tersebut tetap menyesuaikan kondisi dan kebutuhan ayamnya. Kenapa demikian agar dari postur dan tulangannya bisa maksimal terlebih dahulu.

Makanan yang dapat diberikan yakni voer A594, 512, ADII dan lainnya. Sedangkan dari menu tambahannya berupa beras merah, kacang hijau, jagung giling & gabah. Sedangkan dari suplemennya bisa saja dari minyak ikan, susu bubuk & jamu ayam tradisional.

Jenis Makanan Ayam Baru Menetas

Jenis pakan anak ayam

Mungkin bagi sobat yang sangat awam dunia ayam dari jenis pakannya pun tidak mengetahui dan ternyata tersedia beragam merk dengan kualitas berbeda-beda. Maka dari hal tersebut dalam kesempatan kali ini kami ingin berbagi pengetahuan terkait hal demikian.

Dari beragam pabrik pembuat pakan ayam entah pedaging, petelur dan peliharaan sudah ditentukan dari nilai protein dan kadar kebutuhannya. Sehingga para peternak pun lebih mudah menentukan pakan untuk hewan ternaknya dengan mudah. Dari pada semakin penasaran yuk mari kepoin daftarnya dibawah berikut :

Pur Ayam 511

pur ayam 511-Bravo

Setelah mengetahui bagaimana cara menetaskan telur ayam maka sobat memindahkannya ke kandang DOC apabila lansung disapih. Langkah berikutnya yakni memberikan minum dan pakan salah satunya dari merk 511-Bravo. Selain bentuknya butiran juga sangat bagus untuk mempercepat pertumbuhan anak ayam.

Voer ini merupakan pakan ayam berupa Hi Pro Vite 511 dari PT. Charoen Pokphand yang dilengkapi beragam nutrisi yang dibutuhkan DOC ayam yang siap saji serta komplit. Bahan yang digunakan pun tak menggunakan antibiotik alhasil tetap aman walau dari dipindahkan sarang induknya.

Beberapa bahan bakunya yakni dedak, jagung, bungkil kedelai, tepung daun, vitamin, fosfor, tepung daging dan tulang, kalsium serta mineral. Karena sudah terbukti aman sehingga kami rekomendasikan kepada sobat semuanya.

Voer Ayam 591/A591K

Konsentrat Ayam Pur 591

Jenis pakan anak ayam selanjutnya yaitu dengan kode angka 591 atau yang baru ada tambahan huruf sehingga menjadi A591K. Pakan ini dikhususkan untuk anakan ayam yang baru menetas hinggas usia 8 minggu yang setara 2 bulan.

Kelebihan dari konsentarat ini ialah bentuknya halus berupa butiran dan memiliki nilai protein 20% yang sesuai kebutuhan anak ayam. Dengan memberikan voer ini bagus untuk mempercepat pertumbuhan tulang ayam menjadi cepat besar dan tinggi.

Sedangkan dari komposisinya terbuat dari berbagai bahan alami antara lainnya tepung ikan, jagung, dedak, tepung daun, canola, pecahan gandum, bungkil kedelai dan kelapa, tepung daging dan tulang trace mineral, fosfat serta zinc bacitracin.

Konsentrat AD1

pakan ayam bangkok AD1

Pakan lengkap ketiga ini untuk ayam peliharaan seperti bangkok, joper, kampung, dan hias lainnya. Pakan yang berbentuk scrumble dikhususkan dari usia 0-8 minggu. Merk dari voer yang satu ini yaitu A.D.1 dari PT.japfa comfeed indonesia Tbk.

Umumnya konsentrat ad1 dijual dalam karungan yang berisi 50kg sehingga bagi sobat yang hendak membeli partai kecil bisa mengecernya dari agen/distributornya. Karena tidak semua toko pakan menyediakan dalam bentuk eceran.

Secara kualitas dan kuantitasnya pakan ditujukan pada fase starter dengan kandungan zat gizi yang terdiri dari protein antara 18-20%. Dengan kadar tersebut insyaallah sudah mencukupi kebutuhan DOC ayam sobat semua.

Voer BR 1

Pakan Ayam Pedaging Broiler 1

Pur pakan ayam BR I merupakan dari singkatan broiler yang dikhususkan starter yang dibentuk berupa crumble. Penggunaan dari usia 1-21 hari dengan kualitas perkembangan seluruh organ dan pecepatan pertumbuhan dengan FCR yang terbaik diantara pakan lainnya.

Jadi konsentrat ini sudah cukup lengkap alhasil tidak perlu dicampur dengan bahan baku lainnya. Maka dari itu pengapliasian bagus juga terhadap ayam joper, kinggor, ayam kampung dan sebagainya.

Konsentrat Vita PAB 1

Pakan Anak Ayam Bangkok VITA PAB1

Jenis pakan anak ayam yang terakhir yakni VITA PAB 1 yang diformulasikan dengan lengkap sehingga sangat optimal memacu pertumbuh dan kembang anakan ayam bangkok. Bahan baku yang digunakan mengandung nilai protein tinggi sesuai kebutuhannya.

Pemberian yang paling tepat yaitu dari antara 1 hari sampai 2 bulan. Kemasan yang ditawarkan pun terdiri dari 1 kg dengan packing sangat simple namun berkelas. Sobat bisa mendapatkan pakan ini dengan membeli dari toko unggas sekitar atau online shop.

Pembuat pakan berkualitas tinggi ini ialah PT. Havindo Pakan Optima. Selain makanan ayam PT tersebut menyediakan kebutuhan pakan unggas peliharaan lainnya seperti kucing, burung & ikan. Bahkan ada beberapa suplemen yang sobat dapatkan juga loh, pastinya menyenangan sekali bagi para penghobi maupu peternak.

Cara Agar Anak Ayam Lahap Makan

Cara menambah nafsu makan anak ayam bangkok

Mungkin sobat mengalami anak ayam makannya sedikit dan pertumbuhannya yang tidak merata? Jika benar demikian maka ada beberapa solusi yang dapat dicoba dirumah. Pertama yakni memperhatikan kandangnya, pakan & metode perawatan hariannya.

Kenapa kami menyebutkan kandang? Sebab kebersihan dan sirkulasi udara sangatlah penting dalam memelihara ayam. Andaikan sudah dibenar maka sobat telaah lagi pakannya. Misalnya dari campuran dan kualitasnya, barangkali sudah kadaluarsa serta berjamur menyebabkan ayam kurang nafsu makan.

Ketiga dari musim dan suhu kandang ayamnya. Contohnya pada pergantian musim biasanya suhu tidak stabil terkadang panas dan hujan yang tak menentu. Maka dari itu solusinya cukup dengan memasak air gula jawa, bawang putih, kunyit dan kencur untuk air minumnya.

Selain itu pastikan sehari ganti dan bila diaplikasikan kepada anak ayam sebaiknya 1 minggu 2 kali saja agar tidak menimbulkan efek panas terhadap anakan ayamnya. Nah agar lebih rakus lagi makannya maka ketika pagi hari diberikan secukupnya yakni tidak terlalu kenyang dan tersisa.

Tatkala menjelang makan sorenya baru diberikan yang lebih banyak maka secara otomatis lebih bagus nafsu makannya dan pertumbuhan lebih cepat besar. Kalau masih kurang percaya coba saja aplikasikan ya hehe.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan kepada sobat semuanya tentang makanan anak ayam. Semoga dengan adanya wawasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply