5
4884

√ 5+ Jenis Kandang Ayam Pelung Sederhana yang Ideal

Kandang Ayam Pelung merupakan komponen utama dalam memelihara maupun beternak, sebab ukuran juga akan mempengaruhi pertumbuhan dan bulu-bulu ayam pelung. Maka dari itu kami akan memberikan contoh desain kandang yang sesuai jumlah dan usia unggas tersebut.

Pelung merupakan unggas  yang besar dan gemuk jadi membutuhkan kandang besar supaya tidak merusak bulu-bulu pada pelung. Hewan ini termasuk kategori hias/klangenan yang mana memiliki keunikan dalam paduan suara berkokok.

Perbedaan pelung dengan ayam bangkok ialah kepadatan tulang dan daging, jika kita amati sudah nampak perbedaan yang sangat menonjol. Akan tetapi keduanya memiliki keistimewaan tersendiri.

Berikut ini kami akan menyajikan contoh-contoh kandang yang bisa kita terapkan di rumah antara lain sebagai berikut ini :

Model Kandang Ayam Pelung

peluang usaha ternak ayam pelung

Perlu diketahui bahwa dalam membuat kandang kita juga harus memperhatikan kesehatan ayam dan kenyamanan guna meminimalkan risiko seperti terserang penyakit dan lain-lain.

Syarat-syarat kandang yang sesuai untuk memelihara baik dari anakan & dewasa antara lain :

  • Tata letak kandang yang baik
  • Kandang yang sehat
  • Ventilasi udara yang cukup

Maksudnya ialah keluar dan masuknya udara yang cukup ini akan mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan unggas.

  • Terdapat sinar matahari
  • Lantai kandang

Alas kandang bisa menggunakan karpet talang, atau pasir yakni supaya kotoran mudah kita bersihkan alhasil hewan peliharaan kita sehat.

  • Luas kandang

Cara Membuat & Gambar Kandang Ayam Pelung

Kita membuat kandang bisa di perhitungkan dalam luas petarangan yang nantinya akan dibuat kandang. Sebab kandang sendiri bermacam-macam ada yang sistem box, postal dan umbaran.

Nah maka dari itu kita lihat dulu luas tanah yang dimiliki. Banyak dari penghobi yang masih pemula mereka tanpa memikirkan luas kandang sehingga pertumbuhan tidak maksimal.

Desain Kandang Ayam 1-2 Bulan

desain kandang anakan ayam pelung

Anakan ayam pelung memang ada yang dirawat induknya langsung dan disapih, pembahasan ini kita akan memberikan contoh kandang untuk anakan yang disapih. Idealnya kandang memiliki ukuran 1×1 meter dengan sistem box.

Tujuannya pertumbuhan bisa maksimal dengan gerak unggas tidak terlalu luas. Selain itu pertumbuhan juga dipengaruhi oleh pakan yang diberikan oleh pemilik. Pakan yang pas usia 0-2 bulan adalah jenis voer kering bisa menggunakan 591, atau 511.

Baca Juga : Cara Beternak & Merawat Ayam Pelung

Perlengkapan pembuatan kandang yang diperlukan ialah :

  • Kayu Reng
  • Paku
  • Ram/kawat, bisa juga pakai bambu
  • Penghangat ruangan (Lampu)
  • Tempat pakan
  • Tempat Minum

Kandang Ayam Pelung 3-4 Bulan

desain kandang ayam pelung usia 3-4 bulan

Jika ayam sudah memasuki usia 3 bulan lebih alangkah kandang yang pas bisa menggunakan jenis box jago, semi umbaran. Kenapa kami sarankan demikian sebab usia ini yang akan mempengaruhi besar kecilnya ketika menjadi jago.

Yang masih berlaku di masyarakat biasanya satu peranakan masih digabung jadi satu, alhasil terdapat salah satu dari mereka yang ketinggalan pertumbuhan. Penyebab utamanya ialah kalah makan dengan teman-temannya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut maka, ketika usia 3 bulan ayam mulai dipisahkan ya setidaknya 2 ekor saja. Dengan demikian ayam bisa sama-sama bertumbuh dengan maksimal.

Pakan yang biasanya digunakan untuk usia 3 bulan ialah sistem kombor/cair dengan mengaplikasikan jenis pakan voer 594 yang dikasih air panas dan ditambahkan jagung giling, bekatul atau nasi.

Agar cost pakan tidak boros teman-teman aplikasikan saja 594/512 dengan tambahan dedak atau nasi.

Gambar Kandang Ayam Pelung Betina

gambar kandang ayam pelung betina

Ayam yang sudah berumur 6 bulan bisa dikatakan ayam dewasa. Saat itu waktunya calon indukan betina bisa disatukan dengan pejantan. Namun bila terlalu banyak indukan teman-teman bisa membuatkan kandang khusus betina.

Secara idealnya kandangnya berukuran 70×70 cm, dengan ini bulu-bulu ayam tidak rusak dengan luas kandang yang pas. Pastinya tidak semua betina akan dipelihara, pastikan ketika pemilihan calon indukan harus selektif sehingga bisa melahirkan anakan-anakan yang berkualitas tinggi.

Ukuran Kandang Ayam Pelung Jantan

desain kandang ayam pelung jantan dewasa

cara membuat kandang box ayam pelung jantan dewasa

kandang Indukan & Pejantan ayam pelung

Biasanya ketika sudah memasuki usia 6 bulan ayam pelung akan mulai berkokok dengan lancar, berat badan ayam pelung jantan dewasa kurang lebih 3-4 kg dengan kategori ukuran standar. Dengan ini maka sebagai pemilik ayam dipisahkan sendiri-sendiri supaya tidak berkelahi satu sama lain.

Manfaat dari pemisahan ayam ialah bisa saling adu suara satu sama lainnya. Sehingga peternak dapat menilai suara mana paling bagus. Kembali ke pembahasan kandang, setidaknya ayam pelung dewasa memiliki luas kandang box 80×80 cm dan idealnya 1×1 meter.

Berbeda dengan ayam pelung khusus pejantan ya kandang ini, sebab dalam proses perkawinan membutuhkan kandang sistem umbaran supaya tidak mengganggu ayam lainnya.

Selain itu kebersihan kandang ternak juga bersih dan tak berbau kotoran ayam. Demikianlah rangkaian contoh desain kandang ayam pelung dari DOC, Anakan, Remaja, Dewasa dan Pejantan. Semoga dengan adanya ini sangat bermanfaat untuk kita semuanya.

Mohon maaf bila masih banyak kekurangan dan kesalahan baik secara penulisan dan bahasa kami, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply