√ Inilah Harga Telur Ayam Jawa, Joper, Arab & Ras Hari Ini

Harga telur ayam setiap hari mengalami perubahan, namun apakah seimbang dengan biaya pakan yang dikeluarkan oleh peternak? Selain itu apa hal yang menjadikan perubahan harga?

Tak hanya pakan yang harus dilakukan oleh peternak sebabnya ada vitamin dan vaksin guna memperlancar produksi telurnya. Namanya memelihara hewan bernyawa pasti ada resiko yang tidak terfikirkan sebagian orang. Seperti penyakit lumpuh, snot, ngorok bahkan yang fatal flu burung.

Untuk sobat yang masih awam dengan hal ini mari kita sama-sama mempelajarinya dengan luas. Informasi yang akan kami sajikan berdasarkan data dari beberapa situs terpercaya. Mari simak ulasan dibawah ini dengan detail :

Apa Itu Telur Ayam?

warna ayam telur birma

Telur merupakan bahan makanan hewani yang dikonsumsi oleh manusia selain ikan, daging dan susu. Secara umum jenis-jenis telur ini berasal dari ayam, angsa, burung dan ikan. Akan tetapi ada beberapa telur yang ukurannya lebih kecil contohnya telur ikan. Karena memang ukurannya mini biasanya dikonsumsi dengan digoreng dibalut telur ayam bahkan sebagai bahan campuran.

Ada pula telur yang berukuran besar seperti telur burung kasuari (unta). Karena populasi yang tidak banyak untuk mengkonsumsi telur ini juga susah.

Negara kita ini salah satu peminat telur ayam yang cukup banyak, maka dari itu pihak pemerintah dan peternak berupaya mencukupi kebutuhan pasar. Salah satunya menciptakan ayam dengan produktiftas telurnya banyak. Sampai saat ini ada beberapa jenis ayam yang bisa bertelur 180 butir telur per tahunnya.

Daftar Harga Telur Ayam

Sebelum membahas harganya, yang perlu sobat ketahui bahwa setiap daerah memiliki harga telur yang berbeda-beda. Alasan utamanya sangat banyak sekali seperti persaingan pasar, populasi penduduk, harga pakan dan harga dagingnya.

Jadi tidak semua bisa disamakan harganya, tapi bisa dikira-kira rata-rata pasarannya setiap kilogramnya.

Harga Telur Ayam Joper

harga telur joper

Ayam joper adalah jenis ayam yang dihasilkan mutasi genetik yang diambil daging dan telurnya. Lain halnya dengan ayam jawa/kampung, untuk memelihara sampai proses panen membutuhkan waktu 60 hari dengan bobot rata-rata 1 kilogram.

Harga perbutir telur joper tetas ini kisaran Rp. 2.000-2.500 di kawasan jawa dan sumatra sedangkan untuk wilayah seperti papua dan kalimantan kami masih belum tau.

Dengan demikian daging dan tulangnya tidak keras seperti ayam dewasa, alhasil bisa memenuhi kebutuhan pasar dalam skala kecil dan besar. Hampir semua induk ayam joper telurnya fertil jadi bisa di tetaskan dan sebagai jamu.

Harga Telur Ayam Ras

Daftar harga telur ayam ras hari ini

Ayam ras ialah ayam betina dewasa yang dipelihara secara khusus untuk menghasilkan telur. Sejarahnya berasal dari jenis ayam hutan dan itik liar yang ditangkap untuk dipelihara supaya bertelur skala banyak. Pada akhirnya dari seluruh dunia di seleksi secara ketat oleh para ahli untuk dikembangkan agar bisa diambil daging dan telurnya dalam jumlah banyak.

Baca Juga : Harga Pakan Ayam Petelur

Karena kebutuhan semakin banyak, maka dipelihara dalam jumlah yang banyak agar bisa memenuhi masyarakat. Dari situlah ayam ini disebut sebagai ayam petelur atau ayam merah. Berikut daftar harganya :

NomorWilayahHarga/KG
1.BandungRp. 23.700
2.CiamisRp. 23.300
3.CirebonRp. 23.600
4.JabodetabekRp. 23.700-24.000
5.BlitarRp. 22.000
6.SurabayaRp. 22.500
7.MaduraRp. 22.900
8.KediriRp. 22.200
9.MadiunRp. 22.200
10.JogjakartaRp. 23.500
11.MagelangRp. 23.500
12.SemarangRp. 22.800
13.PekalonganRp. 23.000
14.MedanRp. 20.700
15.BanjarmasinRp. 24.000

Harga Telur Ayam Arab

harga telur ayam arab

Dalam bahasa belanda ayam ini disebut pelhoender sedangkan bahasa jerman sebagai sprenkelhuhner, diketahui bahwa ayam ini merupakan keturunan dari jenis brakel kriel silver dari belgia. Penyebutan ayam arab dikarenakan oleh 2 hal, pertama pejantan memiliki daya seksual yang tinggi dan keberadaannya di Indonesia.

Harga jual telur ayam arab ini sangat berbeda beda di setiap daerah namun jika di rata-rata perbutir Rp. 1.300-1.600 untuk yang konsumsi. Sedangkan yang ditetaskan kurang lebih Rp. 2.000-2.500 tiap butirnya.

Berdasarkan informasi yang kami ketahui bahwa sejarah ayam ini dari seseorang yang sedang menunaikan ibadah haji dengan membawa telurnya kemudian di tetaskan. Sehingga masyarakat kita menamakan ayam ini sebagai ayam arab.

Harga Telur Ayam Kampung/Jawa

harga telur

Ayam jawa atau kampung hanyalah sebutan di Indonesia yakni ayam peliharaan yang tidak di budidaya secara komersial serta bukan dari jenis ras yang dihasilkan kepentingan massal. Harga jual telur ini sangat stabil, hal ini dikarenakan proses yang alami dan tidak banyak setiap periode bertelurnya. Tiap butir telur ayam jawa kisaran Rp. 2.500-3.500. 

Dalam pemeliharaannya ayam ini dibiarkan bertumbuh dan berkembangbiak secara nalurinya, jadi sesuai dengan usia dan fasenya. Sehingga tidak heran jika harga telur dan dagingnya relatif mahal.

Telur Ayam Yang Bagus Dikonsumsi?

cara mengolah telur yang bagus

Masyarakat Indonesia sudah tak asing lagi dengan telur ayam, pasalnya sebagai makanan yang dapat diolah dengan beragam cara dan rasa. Selain itu banyak manfaat yang bisa didapat jika mengkonsumsinya baik mentah, setengah matang dan matang.

Tidak dipungkiri jika terdapat oknum yang memanfaatkan situasi seperti ini, maka oleh itu. Kami memberikan tips cara memilih telur ayam yang baik untuk di konsumsi :

  • Warna cangkang cerah atau terang, jika telur berbentuk lonjong kemungkinan besar memiliki kuning telur yang besar.
  • Cangkang tidak kotor, retak dan berbentuk normal
  • Telur berukuran normal tidak besar dan kecil
  • Tekstur cangkang halus tidak kasar
  • Cium aroma telur
  • Guncang telur secara perlahan
  • Rendam telur pada air, dapat dipastikan jika telur segar akan tenggelam pada air.

Manfaat Telur Ayam

Selain sebagai sumber protein, telur juga masih banyak kandungan gizi yang sangat diperlukan pada tubuh. Setiap butir telur mengandung vitamin B5, asam folat, vitamin A, B12, B2, D, E, K, B6, fosfor dan selenium serta kalsium. Dengan banyaknya manfaat ini tidak salah jika kebutuhan telur sangat banyak di Nusantara.

Penyajian telur ayam ini sangat banyak dimasak dengan berbagai menu sangat bagus untuk sarapan pagi untuk anak sekolah. Berikut ini beberapa manfaat bila dikonsumsi 2 butir setiap hari :

  • Menyehatkan indra penglihatan
  • Menurunkan risiko penyakit kanker
  • Kulit menjadi lebih sehat
  • Perlindungan terhadap otak
  • Membantu menurunkan badan
  • Mempercepat penyerapan kalsium
  • Menurunkan kadar trigliserida

Nah demikian rangkaian daftar harga telur ayam joper, petelur, Arab dan yang tersebar di nusantara. Semoga dengan adanya artikel ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan diri kita ini, sekian dari kami dan terimakasih.

Leave a Reply