8
669

โˆš Cara Mengolah Gabah untuk Pakan Ayam Aduan

Cara mengolah gabah untuk pakan ayam aduan sebagai sumber nutrisi yang hemat dan kaya akan karbohidrat. Bagaimana metode yang paling akurat untuk diaplikasikan? Pasti bingung kan sobat cara pengolahannya, daripada semakin salah ya sudah ikuti saja rekomendasi yang akan dipaparkan.

Gabah menjadi salah satu sumber makanan yang perlu dilakukan penyelepan dan dimasak untuk bisa dikonsumsi manusia. Namun pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari pengolahan gabah menjadi pakan ayam peliharaan.

Seperti halnya dedak, konsentrat dan biji-bijian lainnya ternyata gabah bisa dimanfaatkan sebagai makanan tambahan atau pengganti khususnya ayam hias dan laga. Akan tetapi ada metode yang dapat kita lakukan sebagai upaya pemberian pakan ayam yang murah namun berkualitas.

Jadi apa yang mesti dilakukan untuk mengolahnya? Tenang akan kami jelaskan dengan detail, jika pada beberapa waktu lalu kita sudah belajar mengenai cara memberikan pakan ayam. Kini tiba saatnya untuk mengetahui jenis makanan ayam yang dapat diberikan dengan kualitas mutu yang tidak diragukan lagi.

Cara Mengolah Gabah untuk Pakan Ayam Aduan

Cara mengolah gabah beras merah untuk ayam aduan

Pengolahan pakan sebelum langsung diberikan pada ayam peliharaan seharusnya kita lakukan dengan maksimal. Karena setiap penggunaan jenis makanan tentunya ada plus minusnya, jadi alangkah baiknya kita pahami sebaik mungkin sebelum hal yang tidak diingan sampai terjadi pada ayam milik sobat.

Nah begitu juga dengan gabah, pada dasarnya makanan ini cukup memiliki potensi yang besar kemungkinan sembelit, tembolok tidak turun dan masih banyak lainnya. Oleh maka dari itu dengan adanya pengolahan yang tepat setidaknya akan mengurangi resikonya.

Berbicara mengolah gabah untuk pakan ayam aduan yang dalam rawatan maka kami anjurkan dengan metode merendam semalaman, direbus dan ditambahkan air ketika diberikan langsung. Inysaallah dengan cara semacam ini akan lebih membantu proses pencernaan gabah lebih mudah dan sifatnya lunak.

Walaupun gabah harganya lebih ekonomis bagi peternak ayam, akan tetapi kalau pemberian asal-asalan malah dapat menyebabkan kerugian yang banyak. Dengan adanya penyampaian ini semoga bisa difahami oleh sobat dunia binatang.

Cara Memberi Makan Gabah Pada Ayam Aduan

pakan ayam aduan tipe pukul

Gabah memang direkomendasikan untuk ayam tipe pukul jalu dan pukul, karena pemberian gabah ini akan berdampak positif terhadap penyerapan karbohidrat yang tinggi. Sehingga cadangan energi dan bobot ayam bisa diseting sedemikian rupa.

Supaya aman ketika memberi makan gabah pada ayam sobat bisa menerapkan proses yang akan kami sampaikan. Tips ini harus dilakukan dengan benar, agar lebih aman ketika dikonsumsi ayam aduan sobat dan target yang diinginkan dapat berjalan dengan baik.

  • Siapkan gabah dan air bersih 1 ember
  • Lalu sobat masukkan gabah ke dalam ember yang sudah berisi air dan cuci terlebih dahulu sampai bersih
  • Kemudian pastikan gabah yang kosong sobat buang, tandanya gabah akan mengapung diatas air
  • Sesudah itu buang airnya dan cek lagi bahwa gabah sudah bersih
  • Masukkan lagi air bersih dan rendam gabah 3 jam atau semalaman
  • Apabila mau mengaplikasikan banyak gabah maka sobat jemur kembali gabah hingga kering
  • Apabila sudah selesai sobat bisa menyimpan dalam wadah tertutup rapat dan dapat langsung diberikan pada ayam dengan pakan kombinasi yang biasanya sobat berikan.
  • Pastikan porsi gabah tersebut sesuai dengan kebutuhan ayam. Agar bobot dan khasiatnya lebih maksimal.

Manfaat Gabah untuk Ayam

Manfaat gabah untuk ayam aduan

Salah satu manfaat gabah yakni akan membuat badan ayam semakin ringan dan kesat ya sangat mirip dengan beras merah namun perbedaanya gabah tidak terdapati kandungan vitamin yang lebih lengkap dan kalsium. Selain dari memiliki harga ekonomis ternyata gabah akan membantu bulu semakin kuat dan tidak mudah rontok.

Maka dari itu gabah sangat bagus sekali apabila diberikan pada ayam tipe pukul jalu, karena akan membantu tulangan ayam menjadi lebih kuat dan taji ayam tak mudah patah. Karena ayam karakter jalu umumnya lebih gesit dan lincah dalam memberikan pukul terbang dengan tepat sasaran.

Sementara untuk manfaat lainnya masih sangat banyak, agar tidak semakin penasaran maka akan kami sampaikan beberapa contoh dari manfaat gabah. Kira-kira apa saja manfaat gabah ketika diberikan pada ayam jago ataupun betina, langsung saja cek selengkapnya dibawah berikut :

  • Meringankan bobot ayam tanpa diet aneh-aneh
  • Membentuk otot dan stuktur tulang semakin kuat dan padat
  • Meningkatkan akurasi pukulan ayam aduan
  • Sumber pakan bernutrisi tinggi
  • Sebagai pakan tambahan atau kombinasi
  • Pergerakan ayam semakin lincah dan aktif
  • Pakan paling rekomended untuk ayam pukul taji
  • Harga gabah lebih murah dan mudah didapatkan

Jadi sobat bisa mengkombinasikan gabah dengan beberapa jenis pakan ayam jagung, beras merah atau voer 594. Tidak perlu was-was karena sangat terjangkau dan mengurangi biaya pakan ayam bulanan ayam peliharaan sobat dirumah.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan kepada sobat dunia binatang. Mudah-mudahan dengan adanya penyampaian kami cara mengolah gabah untuk pakan ayam aduan dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply