8
959

โˆš Cara Pemberian Jagung Pada Ayam Bangkok

Cara pemberian jagung pada ayam bangkok supaya tidak menimbulkan bulu terlalu kering dan mudah patah ialah metode yang paling dicari oleh penghobi ayam. Jagung memang menjadi salah satu pakan pokok atau pendamping untuk ayam bangkok, tapi masih banyak dari kita yang salah memberikannya.

Jika pada kesempatan yang lalu kita sudah belajar cara memberi makan ayam bangkok. Kini tiada salahnya untuk lebih mempelajarinya supaya mendapatkan metode paling baik dan bisa menghasilkan ayam jawara. Lalu apa yang mesti diketahui oleh peternak maupun penghobi mengenai pakan jagung ini?

Jagung menjadi sumber pakan yang memiliki banyak manfaat baik untuk hewan peliharaan ataupun bisnis dalam dunia pertanian. Menanggapi keuntungan ini, sejatinya tiada rugi mengenai pemberian pakan berupa jagung. Akan tetapi ada tips serta penyajian yang baik guna mencukupi kebutuhan dari tubuh ayam.

Selain itu kita sebagai pemilik ayam dapat mengkombinasikan dengan beberapa bahan pakan ternak yang membantu pemangkasan biaya pakan ayam. Agar tidak semakin penasaran, yuk mari kita simak penjelasan dibawah berikut ini.

Takaran Jagung untuk Ayam Aduan

Takaran jagung untuk ayam laga

Pernahkah kita sampai memikirkan takaran pakan ayam yang dalam rawatan untuk turun gelanggang? Nah kira-kira bagaimana cara menakarnya supaya ayam tidak kegemukan dan tidak sampai kurus. Tentunya menginginkan bobot yang ideal supaya ayam tetap gesit dan lincah saat berlaga.

Andaikan penggunaan beras merah, atau pakan yang kita mix dengan bahan lain masing-masing berapa gram atau perbandingan dengan bobot ayam tersebut berapa persen. Berdasarkan informasi ataupun pengalaman kami yang sudah diaplikasikan yakni dengan tips berikut ini.

Untuk perhitungan dasarnya yaitu memberi takaran 150 gram/hari. Apabila sobat mau menggunakan beras merah, gabah atau voer 594 serta campuran bebas. Jadi sangat fleksibel tergantung dengan nafsu makan ayam dan kondisi fisiknya.

Sementara kalau mau mengaplikasikan dengan metode berat badan maka yang kami anjurkan dengan memberi 4-7% dari total bobotnya. Kemudian sobat analisa kembali ketika pas abar atau bertarung performanya paling terbaik dibobot berapa.

Nah kalau sudah ketemu sobat bisa menambahkan karbohidrat dan extra fooding ayam supaya bisa stabil kinerja atau berat badannya. Bahkan jangan abaikan dari aktifitas ayam apakah ayam tenang atau tipe agresif, sebab hal ini dapat memicu turunnya bobot ayam tersebut.

Cara Pemberian Jagung Pada Ayam Bangkok

Cara pemberian jagung

Setelah mengetahui takaran pemberian jagung, maka pemaparan yang selanjutnya ialah mengenai pemberiannya. Ayam tipe apa yang direkomendasikan pemberian karbohidrat ini? Ayam tipe pukul memang lebih diprioritaskan dengan memberi pakan mengandur kardohidrat dan protein.

Tujuan utamanya yaitu memperkuat otot dan menyimpan kandungan lemak sebagai energi cadangan ayam. Sobat bisa menerapkan dengan pemberian jagung yang sudah direndam semalaman sebagai makanan utamanya. Untuk pakan tambahan bisa dengan penggunaan perbandingan 1:1. Jadi pakan utama diberikan pagi hari setelah latihan fisik untuk yang rawatan abar.

Manfaat jagung yang sudah direndam ini memiliki sifat lebih lunak dan mudah dicerna oleh sistem pencernaan ayam. Dengan demikian dampak positifnya adalah bulu tetap sehat dan target bobot ayam akan dalam kondisi yang stabil yakni tidak kegemukan atau kurus.

Untuk cara pemberian jagung pada ayam bangkok dewasa yaitu bisa pagi dan sore dengan total takaran 150 gram/hari atau dengan perbandingan 4-7%. Informasi lebih detailnya sobat dapat mengecek dari kondisi fisik ayam supaya bisa mempertimbangkan pemberian agar dapat maksimal terhadap ayam rawatannya.

Manfaat Jagung Untuk Ayam Bangkok

Manfaat jagung untuk ayam

Apakah sampai disini ada yang masih merasa kebingungan mengenai manfaat pemberian jagung terhadap ayam-ayamnya? Kalau benar demikian, maka akan kami berikan informasi lengkapnya supaya mudah difahami dan benar-benar mengerti perihal dampak positifnya.

Jagung memang menjadi salah satu makanan yang bisa dikonsumsi manusia dan hewan. Tapi pada ulasan kali ini topiknya manfaat untuk ayam peliharaan khususnya ayam aduan atau bangkok. Berikut daftar manfaat berdasarkan pengalaman kami :

  • Sumber pakan pokok ayam
  • Menambah berat badan
  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan
  • Bermanfaat mempercepat ayam betina bertelur
  • Menguatkan fisik dan otot ayam
  • Mengendalikan energi tidak cepat habis
  • Sumber vitamin K
  • Struktur tulang semakin kuat
  • Daya tahan bertambah baik
  • Memberikan kalium
  • Kekuatan nafas bertambah
  • Memacu produksi telur ayam dan lebih besar dari biasanya
  • Menyehatkan mata ayam

Selain itu jagung juga memiliki beragam manfaat sebagai makanan campuran khususnya ayam petelur atau ayam betina guna mempercepat proses produksi telur lebih maksimal dan berkualitas.

Efek Samping Jagung Buat Ayam Bangkok

Semua makanan ayam yang dikonsumsi akan memberikan efek panas terhadap tubuh ayam karena adanya proses metabolisme dikala mencerna dan pembakaran kalori namun sekaligus menambah energi. Nah bagi sobat yang belum faham dengan penjelasan ini setidaknya akan membantu ilmu pengetahuan kita.

Jadi pakan ayam berupa beras merah, jagung, gabah & voer sama-sama baiknya ransum diberikan pada fase rawatan untuk berlaga. Pemberian pakan jagung biasanya akan lebih banyak ditemukan pada daerah jawa timur dan salah satu dampaknya badan, paruh dan kaki ayam dominan berwarna kekuningan.

Kalau efek samping yang buruk dari pemberian jagung ketika melebihi kebutuhan pokoknya. Alhasil seperti bulu akan menjadi getas, kusam dan mudah patah. Maka dari itu kami rekomendasikan dengan memberikan secukupnya saja.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar cara pemberian jagung pada ayam bangkok. Mudah-mudahan dengan adanya penyampaian kami diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply