4895

โˆš Cara Membuat Kemin Ayam

Cara membuat kemin sangat mudah dan sederhana. Apakah sobat sudah mengetahui apa itu kemin dan kegunaan untuk ayam aduan berkhasiat apa saja. Sejatinya merawat bulu dan kesehatan kulit ayam merupakan hal pokok apalagi ayam laga.

Sebagian masyarakat thailand telah menggunakan kemin ini untuk menjaga keindahan bulu dan kesehatan kulit ayam aduan. Awal mulanya penggunaan kemin sebagai ciri khas ayam import. Namun setelah mengetahui dampak positifnya bagi ayam kini telah menyebar dan dipraktikkan diberbagai penggemar ayam.

Sebelum belanjut ke informasi lebih detail lagi tentang pembuatan kemin tradisional, mari kita sama-sama memahami dari awal agar benar-benar mengetahui secara rinciannya.

Kemin Ayam Adalah

Apa itu kemin ayam

Dalam bahasa thailan kemin memiliki makna berupa kunyit atau kunir. Rempah-rempah ini kita ketahui bersama menjadi bahan campuran memasak di indonesia. Selain itu kemin juga telah digunakan dalam merawat ayam kampung atau bangkok di negeri kita karena metode pembuatan kemin yang agak berbeda inilah menjadi mudah populer dikalangan masyarakat nusantara.

Selain itu penggunaan kemin ternyata tidak sekedar mempertebal kulit saja, akan tetapi bertujuan aliran peredaran udara semakin mudah dan lancar. Karena kulit ayam yang tak mempunyai kelenjar keringat terbagi menjadi bagian yang amat penting yakni epidermis dan dermis.

Epidermis ialah bagian terluar dari kulit yang tediri dari stratum germinativum dan selanjutnya stratum corneum. Sedangkan stratum corneum adalah bagian dari kulit paling luar terdiri dari sel pipih yang mengeras dan disertai beberapa sel yang mati.

Pertimbangan yang matang menegai ayam diberikan kemin yaitu kegunaan kemin akan menjaga kulit ayam dan bulu semakin sehat serta menghindari calon bulu yang tumbuh dari serangan penyakit kulit dan kutu.

Cara Membuat Kemin Ayam

Cara membuat kemin ayam aduan

Sesungguhnya kemin ayam dibuat dengan racikan khusus dimana terdapat beberapa bahan utama seperti halnya kunyit dan tambahan bahan lainnya. Kalau kita sekilas melihat kemin itu bersifat cair dan dioleskan pada kulit ayam baik kaki dan paha ayam.

Secara otomatis yang terlintas dipikiran kita ialah seluruh bahan dihaluskan terlebih dahulu bisa saja dengan metode parut atau diblender. Daripada sobat dunia binatang semakin penasaran yuk simak proses pembuatannya kemin ayam bangkok ini.

Bahan Membuat Kemin

Pembuatan kemin pertama sobat mempersiapkan alat dan bahan bakunya, inilah beberapa komponen utamanya.

  1. Air bersih
  2. Kunyit atau serbuk
  3. Daun sereh
  4. Kapur sirih halus

Cara membuatnya sobat merebus daun serehnya hingga mendidih lalu pisahkan dan diamkan hingga menjadi hangat air tersebut. Sesudah itu masukkan kunyit yang telah diparut dan ditambah lagi sama kapur sirih halus tadi.

Setelah semua bahan tersebut dimasukkan pada panci sobat aduk hingga seluruhnya mencampur menjadi rata. Jadi perbandingannya yaitu 1:1 antara kunyit dengan kapur sirihnya. Apabila sobat memiliki banyak ayam bisa disesuaikan sama kebutuhannya karena kemin ini alami dan bisa bertahan lama.

Pastikan bahwa dalam pembuatan seluruh bahan tercampur dan tidak bertekstur cair banget. Lebih bagus bila agak mengental supaya khasiatnya maksimal terhadap ayam milik sobat.

Apabila ditujukan pada ayam siapan tambahkan jahe ketika merebus batang serehnya. Sebab memiliki kaya manfaat penyegaran dan menghangatkan ayam setelah latihan fisik maupun abar. Maka dari itu proses pemulihan dan peregangan otot yang tidak sesuai bisa kembali dengan posisi yang benar.

Sedangkan yang tidak mau menggunakan kapur sirih pun bisa cukup mengganti dengan jahe atau kencur yang sama-sama bermanfaat dalam kesehatan ayam khususnya stamina dan daya tahan tubuh terhadap cuaca ekstrim.

Aturan Pemakaian Kemin

aturan pemakaian kemin ayam

Anjuran pemberian kemin kepada ayam bangkok atau laga sebaiknya sobat memandikan terlebih dahulu dan ayam dijemur sampai setengah kering kurang lebih 15-20 menitan.

Untuk ayam sudah dewasa cukup dengan mengoleskan dengan spons busa atau sikat gigi, area yang diberikan kemin ini seperti kepala, leher, cakar, sayap, dada, paha, badan dan kolong kaki ayam. Sedangkan ayam masih usia belia atau ayam ukuran kecil kami rekomendasikan dioleskan pada bagian muka, leher, kaki, dan dada.

Setelah sobat olesi dengan kemi tadi kemudian dikeringkan dengan metode penjemuran ayam seperti pada umumnya. Selain itu pemberian kemin sangat dianjurkan sejak dari abar pertama. Penggunaan cukup 2 kali seminggu sebagai bentuk perawatan dan 3 kali seminggu untuk persiapan abar dan pasca abar.

Bilamana sobat memiliki kegiatan pokok dari merawat ayam dan tidak ada waktu dalam membuat kemin ini, kami sarankan membeli disini. Insyaallah sangat bagus banget untuk ayam kesayangan sobat apalagi musim yang tidak menentu ini ayam hobi atau laga tetap merah merona.

Manfaat Kemin Untuk Ayam

Kegunaan kemin ayam

Khasiat kemin ayam ini sangat banyak sekali, walaupun warnanya merah merona ini berbahan dasar rempah-rempah alami yang tidak menimbulkan efek samping pada hewan peliharaan kita. Jika sobat belum mengetahui kelebihan dari pemberian kemin inilah jawabannya.

  • Kulit ayam menjadi lebih tebal dan keras tulangnya, tahan akan pukulan serta tidak mudah sobek meski adu jalu dengan lawan
  • Peredaran darah semakin lancar sehingga ayam menjadi lebih sehat dan bugar serta merah merona
  • Meningkatkan stamina ayam aduan karena terbuat dari bahan tradisional
  • Mencegah berbagai jenis penyakit mematikan ayam
  • Kutu dan nyamuk tidak akan menyerang ayam lagi
  • Lapisan kulit menjadi merah merona sehingga ayam lebih garang daripada musuhnya
  • Memandikan lebih cepat dan ayam tidak merasa menggigil
  • Berkhsiat proses penyembuhan luka jalu
  • Memacu pertumbuhan bulu baru yang sehat dan lebat
  • Mengembalikan stamina ayam sehabis tarung
  • Menyuplai O2 yang disimpan pada rongga udara badan ayam yang bermanfaat menstabilkan suhu badan ayam

Demikianlah rangkaian informasi terkait cara membuat kemin ayam sederhana versi dunia binatang. Semoga dengan adanya pemaparan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply