750

โˆš Obat Ayam Lumpuh Paling Ampuh

Obat ayam lumpuh paling ampuh adalah salah satu informasi yang kerap dicari dengan detail. Namun apakah memberikan rekomendasi obatnya saja sudah cukup menjabarkan sama penghobi ayam? Benarkan kalau sejatinya kita harus mengupasnya dengan lengkap.

Jika pada kesempatan yang lalu kita telah belajar obat ayam pincang kini kita lanjutkan ke pembahasan yang lebih dalam dan kompleks. Mengapa kami menyebut komplek? Sebab ada beberapa faktor yang menjadi sumber penyebab kaki ayam mengalami lumpuh.

Sebelum melangkah lebih jauh alangkah baiknya pula kalau mengurutkan penyebab baru ke metode pengobatan kaki ayam lumpuh. Maka dari itu jangan sampai lewatkan penjelasan dibawah ini dengan seksama.

Penyebab Ayam Lumpuh Mendadak

Penyebab ayam lumpuh mendadak

Penyakit ayam lumpuh tiba-tiba bisa terjadi kapan saja tanpa kita sadari dengan baik. Sedangkan untuk faktornya pun sangatlah banyak, alhasil tidak bisa mengarah satu penyebab saja. Untuk menyikapi hal tersebut alangkah baiknya kita mempelajari yang berkaitan sama sumbernya.

Dengan mengetahui penyebabnya nanti akan membantu kita dalam tahap pengobatan, cara pencegahan yang bisa dimaksimalkan agar tidak sampai terulang kembali pada ayam peliharaan kita. Berikut beberapa sebab kaki ayam lumpuh dengan tiba-tiba versi dunia binatang.

Bibit Ayam Berkualitas Buruk

DOC atau incukan yang dijadikan sumber pencetak anakan ayam tidak berkualitas. Oleh sebab itu sangat berpotensi sumber kelumpuhan anak ayam ketika diternak dalam jangka pendek ataupun panjang. Pemicu utamanya lantaran indukan kurang bagus baik genetik dan fenotipe-nya.

Untuk memecahkan satu masalah ini sobat lebih baik lebih cermat dan benar-benar memperhatikan dari sampel ataupun ayam yang sudah laku dipembelinya. Sobat akan tambah mudah jika mau bertanya dengan detail perihal spesifikasi kualitas dan kuantitas ayam dari peternak tersebut.

Mungkin dilihat dari harga lebih cenderung mahal, tapi apakah akan seterusnya kita bergantung dengan penyedia bibit itu? Jadi hal ini sangat cocok kalau sobat memiliki keinginan sebagai peternak mandiri dan terus belajar lebih dalam pengembangan ternak ayam.

Ayam Lumpuh Karena Virus

Penyebab ayam lumpuh mendadak berikutnya ini bisa komplek sifatnya. Karena virus ayam tidak hanya ada 1 jenis saja, tetapi salah satunya terinfeksi penyakit tertentu yang menyerang persendian kaki ayam.

Penyakit ayam tetelo atau ND sangat membahayakan terhadap kesehatan ayam yang bisa berdampak pada kematian dengan jumlah banyak dan cepat. Efek samping dari penyakit ini pun biasanya juga mengalami gejala lumpuh.

Kemudian virus yang sangat berpotensi terhadap ayam lumpuh berikutnya ini dinamakan penyakit arthritis, dimana ciri-cirinya adanya pembengkakan pada persendian kaki ayam. Sakit ini akan mengalami perubahan pada lutut ayam dan terdapat cairan nanah yang akibatnya lumpuh atau pincang.

Cuaca Lingkungan Ekstrim

Kondisi lingkungan yang buruk seperti saat musim hujan atau pancaroba akan merubah suhu atau kelembapan kandang dengan naik ataupun turun drastis secara terus menerus. Nah dari sinilah kondisi fisik ayam tidak akan mampu mengendalikan dengan baik, alhasil lebih mudah terkena penyakit.

Apalagi lingkungan yang sangat dingin tanpa dibantu penghangat kandang nantinya berakibat otot ayam menjadi kaku dan akhirnya peredaran darahnya tidak lancar. Hal paling merugikan yakni ayam menjadi lumpuh dan ngorok parah.

Karena Cidera Fisik

Selanjutnya untuk faktor kaki ayam lumpuh dengan tiba-tiba sangat bisa terjadi karena adanya cidera fisik. Umumnya penyebabnya bisa dikarenakan saat packing, benturan dengan benda keras dan ruang gerak yang terbatas.

Adanya benturan pun tidak bisa dikendalikan jika alat pendukungnya tak memadahi. Sebagai contoh kecilnya kerapihan kandang, luasnya kandang yang disediakan. Oleh dengan demikian sebelum memelihara alangkah baiknya sobat membuatkan fasilitas pada ayam yang terbaik.

Kurangnya Kalsium Ayam

Lalu yang kelima ini ayam lumpuh dengan mendadak dikarenakan sumber kalsiumnya tidak terpenuhi. Kualitas pakan dan vitamin ayam diberikan kurang bernutrisi akhirnya memberikan dampak buruk berupa lumpuh dan dari bobotnya pun tidak maksimal.

Kalsium atau fosfor memiliki fungsi yang sangat berperan penting dalam pembentukan struktur tulangan ayam. Bilamana kebutuhnnya tidak terpenuhi alhasil tulang ayam lebih mudah keropos.

Kalau sudah seperti ini selesailah akhir dari ayam yang sobat pelihara. Maka dari itu solusinya dengan memberikan asupan pakan dan vitamin sesuai kebutuhan ayam. Itulah sedikit informasi tentang penyebab dari kaki ayam lumpuh dengan tiba-tiba.

Obat Ayam Lumpuh Paling Ampuh

Obat ayam bangkok lumpuh

Cara mengobati kaki ayam yang mengalami lumpuh bisa dengan beberapa metode dan bahan-bahan tradisional. Jadi akan lebih mudah membantu pengobatan ayam lumpuh dengan maksimal dan cepat kembali berjalan seperti semula.

Tidak perlu bingung sobat, karena akan kami sampaikan dengan detail untuk setiap metdeo yang dijelaskan. Guna mempersingkat waktunya, mari simak baik-baik penjelasan dibawah berikut.

Obat Ayam Lumpuh Alami

Cara mengobati ayam lumpuh dengan bawang putih dan bawang merah merupakan opsi yang pertama sobat lakukan terhadap ayam peliharaannya. Bahan tradisional ini memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan ayam seperti antibiotik dan penyembuhan persendian otot.

Penggunaannya sendiri bisa dengan menghaluskan kedua bahan lalu usapkan pada kaki ayam lumpuh. Selain mengoleskan dengan merata akan lebih manjur lagi kalau sobat berkenan mengurutnya pelan-pelan sambil melatih menggerakkan kakinya sedikit demi sedikit.

Supaya lebih maksimal kinerja dari ramuan alami ini sobat kami sarankan memberikan sebagai obat dalamnya. Jadi antara obat luar dan dalam bisa seimbang untuk membantu proses kesembuhan ayam kesayangannya tersebut.

Mengobati Ayam Lumpuh Karena Gigitan Nyamuk

Pernah mengalami ayamnya lumpuh dikarenakan gigitan serangga atau nyamuk? Tapi belum tau cara penanganannya, kalau begitu simak saja pemaparan ini sebagai langkah pengobatan atau pencegahan juga.

Sobat bisa memberikan kombinasi obat yang terdiri dari batang serai, jahe dan gula jawa. Untuk penerapannya bisa dibuatkan air minum ataupun campuran ransum pakan ayamnya.

Khasiat yang dimiliki ketiga obat ini sudah tidak diragukan lagi karena gula merah berperan penting dalam stamina dan daya tahan. Sedangkan batang serai akan membantu mengkondisikan ayam tidak digigit nyamuk dan menjaga kebugaran badannya.

Sementara pemberian jahe dipercaya mampu mengobati berupa pembengkakan atau peradangan. Sehingga akan mencegah ayam mengalami lumpuh dengan tiba-tiba tanpa sebab yang jelas. Bahkan sangat efektif lagi bila obat herbal ini diberikan saat musim penghujan.

Obat Ayam Petelur Lumpuh

Kaki ayam petelur yang pincang atau lumpuh akibat benda tajam bahkan bisa juga terjepit pada sela-sela kandang baterai. Apabila kondisinya masih bagus dan sifatnya ringan maka sobat bisa memberikan obat Neo Antisep.

Sedangkan kalau permasalahannya lebih detail seperti kurangnya nutrisi pakan yang diberikan saat masa pertumbuhan dimana sekarang menyebabkan gejala lumpuh pada ayam petelurnya. Agar bisa diobati dengan baik sobat berikan saja suplemen vitamin berupa Mineral Feed Suplemen A.

Manfaatnya akan membantu pertumbuhan ayam sampai dewasa dengan baik serta mengatasi resiko kelumpuhan ayam yang diakibatkan defisiensi nutrisi kalsium dan fosfornya. Sobat bisa membelinya ditoko pakan ternak sekitar, kalau sulit coba beli melalui toko online yang biasa buat belanja.

Mengobati Dengan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih bisa juga sebagai obat dalam mengatasi ayam lumpuh. Caranya sangat mudah karena sobat cukup mengoleskannya dengan merata pada bagian kaki yang bermasalah tersebut. Agar semakin berhasil proses pengobatan sobat perlahan urut dan gerakkan kaki ayam supaya tidak kaku.

Khasiat minyak kayu putih juga diperuntukkan pada pengobatan seperti nyeri otot, kram ataupun akibat keseleo. Hanya saja membutuhkan ketlatenan dalam mengobatinya, sebab tidak 1-2 kali langsung sembuh seperti sediakala.

Ostelin Obat Ayam Lumpuh

Kemudian obat ayam lumpuh paling ampuh terakhir yakni bernama Ostelin, obat ini diformulasikan khusus sebagai pengobatan dan pencegahan pada ayam ayam bahkan bisa juga diberikan pada bebek.

Cara pemakaiannya sobat bisa melihat pada balik kemasannya jadi tidak perlu bingung dosis yang dianjurkan antara anak ayam dan ayam dewasa. Selain juga tersedia kemasan kecil dan besar, alhasil dapat sekali beli untuk obat yang digunakan sewaktu-waktu membutuhkan.

Cara Mencegah Ayam Lumpuh

cara mencegah ayam lumpuh

Pencegahan ayam mengalami kelumpuhan sangat diwajibkan bagi penghobi atau pelaku ternak ayam. Akan tetapi hal yang disayangkan karena masih sedikit yang benar-benar memperhatikan kondisi semacam ini.

Dengan begitu terbesitlah dibenak kami untuk memberikan edukasi pada sobat dunia binatang tentang mencegah ayam lumpuh dengan mudah. Kira-kira bagaimana langkahnya dan apa saja yang harus dilakukan? Baiklah sobat simak daftar dibawah berikut ini.

  • Membuatkan fasilitas kandang yang sesuai standar beternak ayam
  • Selalu membersihkan kotoran ayam
  • Mengecek kondisi kandang ayam perihal kelayakan dan keamanannya
  • Menyemprot desinfektan untuk mencegah serangga, nyamuk dan kutu ayam
  • Memberikan asupan pakan berkualitas tinggi
  • Pemberian suplemen dan vitamin sesuai kebutuhan masing-masing ayam
  • Mengecek kesehatan ayam secara keseluruhan khususnya struktur badan

Demikianlah rangkaian informasi tentang obat ayam lumpuh paling ampuh kali ini yang bisa kami sampaikan. Mudah-mudahan adanya pemaparan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply