197

โˆš Cara Mengobati Snot Pada Mata Ayam

Cara mengobati snot pada mata ayam bisa banget dengan metode herbal dan obat khusus ayam snot. Umumnya penyakit ayam ini akan sering terjadi pada pemilik ayam ketika kondisi lingkungannya tidak stabil yang diakibatkan pergantian musim.

Oleh karena itu perubahan suhu yang drastis inilah sebagai penyebab awal ayam terkena penyakit. Beberapa gejala penyakit ayam yang sering muncul yaitu muka bengkak, sulit bernafas dan mengeluarkan suara ngorok, nafsu makan berkurang dan kotoran ayam berubah menjadi berak kapur atau hijau.

Anak ayam yang usianya kurang dari 3 bulan biasanya paling sering mudah terkena berbagai jenis penyakit. Apalagi snot sebab memerlukan perawatan yang lebih extra untuk menjaga kesehatan anakan ayam agar resiko angka kematian bisa dikendalikan.

Penyebab Snot Pada Mata Ayam Bangkok

Apakah penyakit snot bisa disembuhkan?

Penyakit coryza merupakan istilah lain yang populer bagi penghobi ayam di Indonesia. Sebelum membahas informasi lebih detail alangkah baiknya bila kita mempelajari dari gejala yang menjadi penyebab utamanya.

Snot pada mata ayam bangkok memang dari visual sangat jelas pada bagian kepala membengkak namun pada dasarnya penyerangan dari virus ini ialah saluran pernafasan ayam. Perlu ketahui juga bahwa penularannya pun sangat cepat seperti melalui media air minum, pakan, kontak langsung dan berbagai peralatan kandang yang kurang bersih.

Meskipun penyakit ayam ini bukan kategori yang mematikan, namun bila diremehkan bisa membahayakan seluruh populasi ayam yang ada dikandang sobat. Maka dari itu sudah sewajibnya sebagai peternak mengetahui ilmu dasar-dasarnya agar bisa mengatasinya dengan baik.

Penyakit korisa ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri Haemophillus Paragallinarum dimana terdiri 3 tipe anigenik yakni A, B dan C. Bakteri satu ini merupakan bakteri Gram (-) yang sifatnya labil dan hanya bisa bertahan diluar tubuh inang unggas untuk beberapa hari saja.

Gejala Penyakit Snot

Jika gejala sudah mulai nampak pada ayam peliharaan sobat, maka sebaiknya langsung ambil tindakan pertama yaitu bisa dengan memisahkan atau diberikan obat ayam snot. Hal ini sebagai upaya penularan bakteri ke ayam lainnya dan mengurangi kontak langsung ayam.

Apa yang bisa dipelajari dari ayam yang sudah terkena penyakit snot yang terkhusus pada bagian mata. Guna menanggapi pertanyaan yang kerap disampaikan oleh penghobi ayam, berikut jawabannya versi dunia binatang.

  • Keluarnya lendir atau ingus dari hidung ayam
  • Sebagian besar kepala ayam berubah bengkak
  • Radang selaput mata ayam
  • Sulitnya bernafas dan disertai suara ngorok
  • Terdapat bau busuk yang berasal dari lendir
  • Menurunnya nafsu makan ayam
  • Pertumbuhan terhambat dan bobot semakin berkurang
  • Semakin mudah terkena berbagai penyakit ayam lainnya
  • Diare

Cara Mengobati Snot Pada Mata Ayam

Cara Mengobati Snot Pada Mata Ayam

Rekomendasi mengenai menyembuhkan mata ayam snot yang bagus yakni menggunakan bahan alami. Namun bukan berarti yang obat kimia tidak bagus, hanya saja kita akan mengaplikasikan dengan yang herbal.

Beberapa obat tradisional muka bengkak akibat snot ini cukup cepat disembuhkan bila ditangani dengan serius. Sehingga sobat mesti memantau perkembangan dari bakteri yang menyerang pernafasan ayam ini. Berikut anjuran obat versi kami yang mudah dipraktikkan.

Obat Mata Ayam Snot Alami

Bahan herbal yang pertama ini sangat mudah kita temukan disekitar. Pastinya lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya terhadap tubuh ayam. Lalu apa saja bahan yang perlu disiapkan?

  • Kunyit 200 gram
  • Jahe 100 gram
  • Kencur 100 gram

Sobat cukup menghaluskan semua bahan diatas atau diblender. Setelah itu bisa dimasukkan dalam kapsul atau lebih efektifnya diramu dengan air minum ayam yang terkena snot. Jadi penggunaan obat alami ini bisa untuk pencegahan berbagai penyakit saat musim pancaroba pula.

Anjuran pemberian sebaiknya waktu sore hari, karena ayam akan istirahat dan kinerja obatnya dapat lebih maksimal dan snot pada mata ayam cepat sembuh. Untuk pendukung lainnya pastikan kondisi alas kandang ayam juga bersih dan kering. Tips ini mencegah bau amoniak yang berbahaya terhadap kondisi ayam saat proses penyembuhan.

Obat Tradisional Mata Ayam Bengkak Bawang Putih

Lalu yang kedua ini mengobati ayam terkena snot menggunakan bawang putih. Kita ketahui bersama bahwa dalam bahan memasak sehari-hari ini terdapat kandungan zat yang berkhasiat sebagai anti oksidan dan antivirus juga. Alhasil dengan takaran yang sesuai akan memberikan kesembuhan pada ayam.

Nah untuk dosis pemberiannya sobat mesti tau yakni seperempat atau setengah siung bawang putih. Bisa dengan cara dihaluskan ataupun digeprek lalu lolohkan pada ayam yang matanya mengalami snot. Upayakan pemberian 1 kali untuk anakan dibawah 3 bulan dan 2 kali ayam dewasa/harinya serta diberikan selama 2-3 hari berutut-turut.

Apabila hendak digunakan sebagai pencegahan dari ayam yang masih sehat bisa dicampurkan sama ransum pakan ayam. Kira-kira saja untuk pengguaan bawang putih jangan terlalu banyak dan sedikit.

Cara Mengatasi Mata Ayam Snot Dengan Jahe

Selain dari kombinasi beberapa bahan yang pertama tadi ternyata menggunakan jahe saja bisa mengobati ayam yang terkena snot. Khasiat yang diberikan jahe bila dikonsumsi yakni badan semakin hangat dan terasa segar.

Begitu juga dengan mengobati snot pada mata ayam. Caranya cukup dengan menyiapkan jahe secukupnya lalu memarkan, gula merah dan siapkan air bersih 1 liter. Kalau sudah rebus selama 15 menit.

Jika sudah diamkan sampai dingin dan saring lalu berikan pada ayam yang terkena penyakit snot. Lakukan metode ini sampai snot ayam semakin mengecil dan sembuh. Apabila setelah 3 hari belum kunjung sembuh coba gunakan obat khusus ayam snot yang dijual toko pakan sekitar sobat.

Cara Mencegah Penyakit Snot Pada Mata Ayam

Cara mencegah penyakit snot

Upaya pencegahan dalam semua kasus penyakit ayam sangat diperlukan. Karena negara kita tercinta ini dalam kawasan beriklim tropis dengan dua musim yakni hujan dan panas. Selain itu ketika musim hujan curah air sangat deras dan udara nenjadi dingin sementara musim panas bisa ekstrim juga suhunya.

Terlebih ketika pancaroba atau peralihan musim sebagian besar penyakit akan lebih mudah menyerang berbagai unggas karena ada perubahan kondisi lingkungan tidak stabil. Nah begitu pula sobat melakukan metode pencegahan dalam menghindari penyakit snot pada ayamnya.

Apakah penyakit snot pada mata ayam bisa menyebabkan kerugian besar? Benar sekali salah satu dampak ekonomi dari wabah korisa ini dapat muncul di peternakan ayam pedaging, petelur dan hias. Oleh sebab itu kalau tiada penanganan yang tepat bisa merugi sampai ratusan juta rupiah. Untuk itu mari pelajari pencegahannya sebagai berikut.

  • Menjaga kebersihan kandang dan memastikan sirlukasi udara yang dibutuhkan ayam
  • Upayakan tata letak kandang ayam diperhatikan agar bisa menerima sinar matahari langsung
  • Mengganti alas kandang yang lembab atau yang sudah menumpuk agar ayam nyaman dan bau amoniak bisa diatasi
  • Penyemprotan menggunakan cairan disenfekan untuk mencegah bakteri atau virus bersarang pada kandang ayam.
  • Mengecek kondisi kesehatan ayam baik dari pertumbuhan, perkembangan dan kenyamanannya.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar cara mengobati snot pada mata ayam. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply