6047

√ Ayam Aseel : Sejarah, Jenis, Ciri-Ciri, Kelebihan & Kekurangan

Ayam Aseel adalah salah satu jenis ayam aduan yang dinobatkan paling tua di dunia dan unggas ini pun terkenal diberbagai negara. Sudah ratusan tahun kepopuleran ayam aseel dijadikan ayam laga. Bahkan dari sekian lamanya masih tetap eksis dikalangan penghobi ayam.

Unggas ini pun memiliki beberapa jenis yang dapat sobat jadikan hewan peliharaan/hias untuk menyalurkan hobi ataupun beternak sekaligus. Masyarakat indonesia juga tak sedikit yang ingin memelihara jenis ayam ini, akan tetapi masih kesulitan dalam membelinya dari luar negeri.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar ayam aseel supaya para penggemar di Nusantara lebih mengenalnya dengan detail. Maka dari itu jangan lewatkan artikel ini agar tidak salah memahinya.

Asal Usul Ayam Aseel

sejarah ayam aseel

Sejarah awal ayam ini berasal dari dataran India dan pakistan yang sudah dikembangkan dan dibudidayakan 3500 tahun lalu. Ayam laga ini sangat terkenal dengan gaya permain yang sangat kuat dan agresif ketika dalam arena laga.

Arti dari aseel sendiri dalam bahasa asia timur yaitu datang dari kata”Asli” sedangkan dari bahasa arab memiliki arti “Murni/Ras”. Bahkan dalam kitab diterangkan cara untuk beternak ayam aseel aduan maupun hias. Sehingga tergantung bagaimana dampak kekuasaan di zaman dahulu tersebut untuk membudidayakan aseel ini. Dengan adanya hal tersebut menjadikan peternak ayam petarung di India melestarikan unggas ini sampai sekarang.

Selain di India orang-orang Pakistan dikenal dengan ayam laga yang sangat agresif dan taktis. Pada zaman dahulu kala ketika berlaga tanpa diberikan waktu jeda/nonstop, hal ini pun terbukti bahwa sanggup berlaga kurang lebih selama 2 jam tanpa henti. Salah satu faktor pendukungnya ialah fisik yang kuat, struktur tulang tebal dan besar.

Jenis Ayam Aseel

macam macam ayam aseel

Setelah mengulas informasi diatas bahwasanya terdapat beberapa klasifikasi ayam laga aseel (Turki) ini sendiri, kurang lebih 6+ jenis yang sangat terkenal dengan keunggulan teknik yang unik dan kekuatan sangat luar biasa serta agresifitas diluar nalar manusia.

Jadi jangan heran apabila hingga sekarang banyak starin baru dari pengembangan aseel di kawasan asia tengah/timur.  Berikut daftar jenis yang paling banyak diminati berbagai penghobi dari belahan dunia.

Madras Aseel

Aseel Madras Original

 

Asal muasalnya unggas petarun ini dari wilayah bagian selatan Tamil Nadu yang dikenal oleh penduduk setempat dengan sebuta Kattu Seval yang artinya ayam petarung berekor panjang. Ciri khas dari madras ini mempunyai postur besar dan struktur tulang begitu kuat.

Uniknya bahwa madras sebagai ayam aduan pertama dalam cerita sejarah dan sudah dibawa oleh masyarakat Tamil ke berbagai negara contohnya Thailand dan China. Panjang ekor dari jenis madras ini bisa mencapai 60 cm dengan maksimal tinggi 80 cm/32 inci. Biasanya warna bulu didominasi dengan hitam, biru, merah dan hijau.

Lassani Aseel

Lassani Aseel

Banyak informasi tentang versi jenis ini, bahkan mungkin yang memperdebatkan juga tak sedikit. Sejarah dari lassani dikembangkan Mr. Lewis yang merupakan pensiunan dari negara Inggris berdomisili di Lahore kisaran tahun 1947 silam. Kemudian dilanjutkan oleh ustad latif yang memiliki berat badan 3 kg kebawah.

Sang Ustad latif ini memberikan 2 telur kepada ustad Dafda Safdar dari Jhelum yang akhirnya menetas semuanya menjadi jantan. Dengan demikian munculah strain baru lassani dengan bobot 3 kg lebih. Beberapa ciri khusus yang terdapat pada strain lassani ini ialah :

  • Terdapat warna merah bagian leher dan pangkal ekornya
  • Disela sayap didapati warna putih
  • Warna bulum umumnya hitam dan indetik dengan hitam
  • Ada bulu putih disela-sela badannya.

Sedangkan gaya bertarung boodline lassani yaitu tipikal pukul kepala khususnya bagian leher dengan akurasi pukul keras serta akurat. Lassani ini merupakan jenis aseel dari pakistan yang termasuk terbaik di Dunia.

Mainwali Aseel

Asel Mainwali

Ayam ini dikembangkan di kawasan Mainwali pakistan, budidaya jenis ini sangat pesat karena banyak orang yang meminati dan menyukainya. Sisi lain dari mainwali yakni postur tubuh lebih kecil akan tetapi mempunyai pergerakan yang cepat dan terarah.

Bahkan aseel ini disebut juga unggul/bagus jika dapat menumbangkan dan membunuh lawannya dalam beberapa menit saja. Kelebihan yang terdapat pada Mainwali adalah mental pantang menyerah, jadi jarang sekali kabur ketika berlaga.

Umumnya dinyatakan kalah bila mati terbunuh di arena laga. Ciri-ciri fisik dari mainwali bisa sobat ketahui dengan penjelasan dibawah ini :

  • Mata putih bening
  • Paruh tebal membentuk kurva
  • Postur sejajar kepala hingga ekor
  • Badan bulat
  • Leher keras & kaku
  • Bentuk kaki kotak
  • Ada gelambir sedikit dibagian bawah kepala
  • Berat badan betina 1,9-2 Kg
  • Rata-rata bobot jantan dewasa 2,4-3 Kg

Amroha Aseel

Aseel Amroha

Salah satu jenis aseel amroha line irfan bandial yang sangat populer di negara India & pakistan. Banyak yang bercerita bahwa Amroha beliau ini langsung dari Shah Perr Syed Alam Syah sang legenda aseel disana. Biasanya disana dikenakan harga 15-20 Juta sepasang itupun juga tergantung pemiliknya mau melepaskannya.

Jadi sangat sulit mendapatkan jenis ini, di India dan Pakistan sendiri pun juga tergolong langka. Kelebihan adari jenis Amroha ialah agresifitas dan kecepatan dalam memukul lawan dengan serangan taji pula yang begitu terukur serta akurat.

Bila ada peternak di Indonesia yang mengaku mempunyai line ini alangkah baiknya sobat mendatangi dan mengeceknya sendiri. Jangan langsung percaya karena kelangkaan jenis ini tidak di indonesia saja.

Kulang Aseel

khandari aseel

Kulang ini bisa mempunyai bobot dengan 5-7 kg dan bisa mencapai tinggi kurang lebih 75 cm. Ada dua varietas dengan karakter tak jauh berbeda yakni dari bagian utara dan selatan India.

Perbedaan utama dari kedua klasifikasi ini adalah bentuk jengger, struktur tubuh dan bentuk paruh yang berbeda. Hanya saja yang berasal dari utara mempunyai model badan yang ramping sedangkan dari selatan lebih berisi. Warna bulu pada jenis ini biasanya didominasi abu-abu kebiruan.

Aseel Parrot Beak Long Tail

harga aseel parrot beak long tail

Mungkin banyak penghobi dari nusantara yang sudah mengetahui jenis ini. berdasarkan informasi kami ketahui bahwa aseel parrot berasal dari India tepatnya dari kawasan Tamil Nadu. Pengembangan line ini sudah merambah berbagai negara seperti Malaysia & Thailand.

Keistimewaan karakter ekor mekar dan panjang serta bentuk paruh seperti burung beo menjadi cikal bakal yang ingin terus dikembangkan hingga kini. Di Asia tenggara aseel parrot dijadikan hewan peliharaan/hias saja, akan tetapi memiliki nilai yang cukup fantastis. Adapun ciri-ciri fisik yang kami ketahui sebagai berikut :

  • Bulu kering dan kaku.
  • Paruh umumnya berbentuk betet/beo.
  • Jengger besar dan lebar.
  • Ekor kaku, lebat & mekar.
  • Warna Bulu berbagai macam seperti wido, putih, jali, gondang & merah.
  • Bobot dewasa jantan 3 kg lebih.

Hint Horozu

aseel turkey

Aseel di turkey dikenal dengan Hint Horozu yang berasal dari kata Hint (Hindustan & Horozu yang berarti ayam jago, penyebutan ini juga berlaku antara jantan dan betina. Kurang lebih dapat diartikan sebagai ayam petarung dari Hindustan.

Penamaan aseel ini merujuk ke tempat asalnya yakni tanah hindustan atau yang kita kenal dengan India. India sendiri terkenal dengan bermacam-macam nama seperti hindu, hind dan sindhu. Tetapi istilah dari hindustan ini secara umum digunakan dari zaman kesultanan Mguhal pada abad ke 16 di Delhi.

Tidak menutup kemungkinan kemunculan aseel ini kemudian dibawa dari India ke Turkey pada kekaisaran otttoman kisaran abad ke 16. Hal ini tak lepas dari perdagangan besar antara kedua kerajaan tersebut karena keduanya pun kerajaan islam.

Kategori dari Hint Horozu ini tergolong kelas menengah karena ukurannya tidak kecil dan tidak terlalu besar seperti Kulang aseel. Berat badannya antara 2,5-4 kg maksimalnya. Sedangkan rata-rata 3-3,5 kg saja kalau di Turkey.

Pertarungan di Turkey memang diperbolehkan hanya saja bukan untuk judi dan peraturannya pun tidak boleh sambung jalu. Sebagian besar saat ini breeding Hint Horozu adalah hasil perkawinan silang antara hint horoz, brazil, shamo dan ayam lokal turkey lainnya.

Secara fisiknya pun tidak mirip dengan aseel, apakah juga bisa disebut aseel. Hal ini juga dikarenakan sebagian besar menyebut dengan aseel Turkey.

Rampuri Aseel

aseel rampuri

 

Asal usul aseel rampuri ini dari kota rampu city, sudah sejak lama dikembangkan pada masa kerajaan Delhi Sultanate. Mungkin saat ini sangat sulit untuk menemukan bentuk asli dari keturunan rampuri ori.

Konon berdasarkan informasi kami ketahui bahwa rampuri asli dikembankan oleh P.S. Lee yaitu warga China. Beliau sendiri memperoleh dari seorang nawab keturunan kerajaan Delhi atau masa Mughal Sultanate.

Banyak yang mengabarkan bahwa boodline rampuri ori ini dikembangkan di wilayah kota Kolkata India. Tepatnya pelabuhan sebelah timur India. Sedangkan dari segi ciri-ciri fisiknya sobat dapat mengetahuinya sebagai berikut :

  • Perawakan badan bulan namun kekar
  • Bisa mencapai tinggi 14-16 Inci
  • Warna bulu lakha
  • Memiliki bobot antara 3-4 kg
  • Terdapat warna putih dibagian sayap
  • Kerap dengan band gaddi atau tutup jalu
  • Bentuk kaki kotak

Demikian beberapa informasi tentang jenis aseel yang banyak diburu di Nusantara maupun berbagai penjuru dunia. Sekedar pemaparan saja bahwa hasil kerativas dan pengembangan aseel saat ini sudah ada puluhan hingga ratusan jenis. Mungkin yang begitu tenar masih puluhan jenis saja.

Kelebihan Ayam Aseel

keunggulan ayam aseel

Memang tidak ada habisnya bila kita membas ayam. Baik dari karakteristiknya, jenis, perawatan, pakan, taji, bulu, ekor dan pongobatan sekalipun. Untuk kesempatan kali ini kita akan lebih memfokuskan membahas keunggulan dari ayam aseel yang berasal dadi India & Pakistan antara lain sebagai berikut :

  • Memiliki struktur tulang tebal dan keras
  • Warna bulu sebagai identitas jenis
  • Mempunyai stamina diatas rata-rata
  • Mampu bertarung hingga 2 jam nonstop
  • Akurasi pukulan keras dengan taji mengarah kepala & badan lawan
  • Cerdas mencari peluang & menghindar
  • Bisa mencapai bobot 3-5 Kg
  • Sebagai ayam tertua di Dunia
  • Paling banyak dijadikan bahan breeding ayam laga.

Kekurangan Ayam Aseel

Kekurangan ayam aseel

Meskipun semua jenis ayam memiliki kelebihan dengan lainnya, maka tak terlepas pula sebagai makhluk hidup yang sempurna. Maka dari itu kami akan menyampaikan beberapa poin penting yang menjadi titik kelemahan ayam aseel yang biasa dialami oleh peternak, antara lain berikut ini :

  • Susah untuk import dengan selamat sampai Indonesia
  • Rata-rata dikirim hasil sortiran oleh peternak luar negeri
  • Mahal di ongkos kirim
  • Kebanyakan didatangkan dari Thailand & Malaysia
  • Aseel Parrot yang lumpuh biasanya sulit pulih bahkan peluang hidup sedikit
  • Barang tidak sesuai dengan transaksi
  • Sulit menangani aseel yang sudah terkena penyakit.
  • Pejantan/indukan asli dari india umumnya sudah tidak bisa produksi di Indoesia

Supaya hobi sobat tetap tersalurkan dan meminimalkan resiko besar. Kami merekomendasikan agar membeli dari peternak di Indonesia syukur-syukur peternak tersebut memiliki kualitas yang bagus. Supaya transaksi sama-sama tidak dikecewakan bagus lagi langsung mendatangi ke farm tersebut.

Perbedaan Ayam Shamo & Aseel

perbedaan aseel dan shamo

Sejatinya ayam aseel dan shamo tidak jauh berbeda karena asal usul dari ayam shamo merupakan pengembangan di Thailand. Pekawinan antara aseel dan thai menjadikan strain ayam baru dengan nama shamo.

Sebagian besar ayam shamo mendominasi ke gen darah thai/bangkok dari pada ke aseel sendiri. Ayam shamo rata-rata lebih besar dari pada aseel yang membutuhkan perkawinan lagi guna bisa mengikuti kontes tarung di Indonesia.

Ciri khas biasanya dibedakan jengger tegak dan mata lebih tajam dan nampak kejam. Awal mula Shamo di Jepang merupakan keturunan ayam Thailand. Dahulu kala para pedagang jepang menyinggahi dan berdagang di Siam dan mencari komoditi dan salah satunya ayam aduan bangkok yang dibawa pulan ke Jepang.

Harga Ayam Aseel Original & Silangan

NomorJenisUsia/UmurHarga Ayam Aseel Original & Silangan
1.Amroha3-6 BulanRp.15.000.000-20.000.000/Pasang
2.Aseel Parrot Beak Long Tail Original1 BulanRp. 1.000.000-4.000.000/ekor
3.Aseel Pakistan X Brazilian3 BulanRp.5.000.000/Pasang
4.Aseel PunjabDewasa/Sudah WinRp.15.000.000/Ekor
5.Aseel Madras1-3 BulanRp.5.000.000-6.000.000/Ekor
6.Shamosel X Aseel Muskha5-7 BulanRp.3.500.000/EKor
7.Kandari AseelDewasaRp.20.0000.000+/Pasang
8.Mainwali Aseel BoskaDewasaRp.20.000.000++/Pasang
9.Aseel Parrot OriDewasaRP.28.000.000-30.000.000/Pasang
10.Kattu Seval Aduan1 bulanRp.2.500.000/Ekor

Seperti tabel diatas bahwa banyaknya jenis dari ayam aseel terkadang membuat kami kualahan dalam mencari informasi yang benar-benar akurat. Bahkan juga ada perbandingan harga seperti yang khusus aduan maupun peliharaan saja.

Apabila ada sobat yang ingin mencari anakan aseel parrot beak longtail bisa hubungi kami, insyaallah akan kami usahakan dari peternak yang di Indonesia dengan kualitas dan warna bulu yang menarik. Sobat bisa langsung menekan gambar dibawah ini untuk informasi via telepon/whatsapp.

Hubungi kami

Jika sobat ingin mencari referensi importir juga bisa langsung hubungi kami cukup dengan klik gambar whatsaap diatas, maka akan otomatis terhubung dengan kontak kami. Jadi sobat perlu hati-hati jika ingin membeli ayam aseel dari luar negeri.

Demikian rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan seputar ayam Aseel semoga dengan adanya pengetahuan baru ini menambah persaudaraan yang makin solid dan tentunya bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply