5
59

√ Ayam Onagadori : Sejarah, Perawatan, Kandang & Harga

Ayam Onagadori siapa yang tak mengenal si ekor panjang dari negeri sakura ini? Buat sobat duniabinatang yang belum mengetahui seluk beluknya simak saja artikel ini dengan seksama. Kami akan berusaha memberikan informasi yang akurat.

Keistimewaan dari unggas ini terletak pada ekor yang sangat panjang karena oleh hal ini ayam ini disebut sebagai ras ayam bangsawan. Rata-rata dari sekian banyak total panjang ekor bisa mencapai 2,5-9 meter. Akan tetapi rekornya pernah mencapai 11,8 meter.

Maka dari itu hewan ini tergolong hias/peliharaan yang bisa dijadikan kesayangan sobat semua. Keindahannya hingga pemerintah Jepang mengabadikan dengan membuatkan monumen.

Sejarah Ayam Onagadori

asal usul ayam onagadori

Asal mula ayam hias ini belum diketahui secara pasti, akan tetapi orang negeri sakura percaya bahwa onagadori ialah hasil perubahan dari peternakan shosoku tahun 1600-1868.

Menurut cerita yang kami ketahui bahwa ada seseorang pangeran yang menguasai wilayah Yamanouchi tepatnya semenanjung shikoku selatan.Pangerang tersebut mempunyai sebuah pelindung kepala dan tombak dari bala tentara yang dihiasi dengan bulu-bulu ekor panjang.

Karena pelindung kepala tersebut dikenakan pada acara khusus untuk memperingati kaisar Teno.  Sehingga kemungkinan besar asal usul si ekor panjang berasal dari peternakan Shokuku Jepang.

Dalam bahasa jepang onagadori memiliki arti yang mana terdiri dari 3 kata yaitu O, Naga & Dori. O sendiri berarti ekor sedangkan naga artinya panjang dan dori sendiri bermakna unggas. Jadi jika digabungkan kurang lebih unggas ekor panjang.

Karena mempunyai title kebanggaan pemerintah jepang juga menyebut para peternak di provinsi Khoci sebagai monumen spesial alam. Bahkan mereka dibebaskan pajak.

Perawatan Ayam Onagadori

Cara memelihara onagadori

 

Merawat ayam kaisar ini bukanlah perkara sulit, karena nilai plus terdapat di ekornya sehingga cukup lebih perhatian untuk menjaga kesehatan bulu ekor. Jika memelihara didasari kasih sayang insyaallah ayam akan tetap sehat dan tumbuh sesuai yang kita harapkan.

Apabila penyampaian kami kurang detail, mungkin sobat juga ingin mengajukan pertanyaan untuk perihal perawatan ayam onagadori dari kecil hingga dewasa. Jika masih ada unek-unek bisa dilampirkan pada kolom komentar ya, insyaallah akan kami balas komentar sobat semua.

Standar Ukuran Kandang Onagadori

Sejatinya tidak ada larangan untuk pembuatan kandang dengan ukuran sempit ataupun besar. Akan tetapi sebagai pemilik sudah sepantasnya memberikan kandang yang nyaman dan aman untuk menjaga keindahan ekor. Kami tidak merokemendasikan ukuran kandang sempit karena dapat berdampak buruk bagi ayam tersebut.

Sebaiknya ketika membuatkan kandang yang luas jangan lupa tempat tenggeran/tangkringan jauh lebih tinggi daripada ayam umumnya. Hal ini menjaga ekor supaya tidak terkena kotoran yang bisa berakibat bulu rusak. Adapun point penting yang mesti diterapkan.

  • Membersihkan setiap hari alas kandang
  • Sirkulasi udara yang cukup
  • Atap kandang dipastikan tidak bocor agar air tidak membasahi ruangan kandang.
  • Lebih baik kandang menghadap ke arah timur supaya sinar matahari masuk ke dalam yang sangat bermanfaat bagi ayam.
  • Karena Onagadori termasuk ayam yang aktif jadi kandang diutamakan cukup lebar.

Pakan Anakan-Dewasa Onagadori

Pemberian makanan umumnya diberikan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore, sedangkan varian pakan ini bekatul, voer, jagung dan beras merah. Jadi sobat bisa mengkombinasikannya.

Untuk anakan yang baru menetas hingga usia 2 bulan sebaiknya menggunakan full voer/konsentrat saja. Pemberian ini ditujukan pembentukan tulang dan badan anak ayam. Pasalnya ketika kurang dari 1 bulan pencernaan DOC belum mampu mengolah pakan seperti bekatul sehingga bisa berakibat sakit.

Sedangkan yang sudah masa dewasa/indukan sebaiknya memberikan dengan voer, jagung dan beras merah dengan menambahkan air cukup tidak terlalu kering serta basah.

Kombinasi pakan ayam dewasa ini sebagai asupan yang cukup dan menjaga kesehatan serta meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan indukan menjadi vertil. Alhasil ayam tetap sehat dan produksi maksimal.

Cara mengkilapkan Bulu Ayam Onagadori

Di era modern ini sudah banyak tutorial untuk perawatan bulu pada ayam dengan bahan yang sederhana. Kita bisa menemukan dirumah maupun toko pakan ayam sekitar.

Sehingga tidak perlu pusing-pusing guna mengkilapkan bulu khususnya ekor onagadori. Mungkin dengan contoh dibawah ini bisa menjadi jawaban cukup memuaskan bagi sobat semua, yaitu :

  • Memandikan Ayam

Ya benar dengan memandikan ini unggas yang sobat pelihara akan tetap bersih dan tidak menimbulkan bau. Khususnya bulunya tetap terawat sehingga tidak mudah patah.

Untuk alat yang digunakan cukup memakai shampo, sunlight dan spon. Dengan ketiga ini dapat diaplikasikan salah satu jadi jangan ketiganya ya sobat. Manfaat berdasarkan pengalaman kami penggunaan sunlight dapat membunuh para kutu bulu.

  • Memberikan Tambahan Minyak Ikan

Khasiat dari minyak ikan dipercaya mampu menjaga bulu ayam semakin sehat dan tetap indah dipandang. Maka dari itu setidaknya meminimalisir perontokan bulu-bulu terkhusus bagian ekor.

Perbedaan Ayam Onagadori & Phoenix

perbedaan phoenix dan onagadori

Sebagian sobat mungkin sudah mengetahui tentang ayam phoenix dan onagadori. Benar keduanya termasuk ayam hias ekor panjang. Akan tetapi kedua jenis ini tidaklah sama baik karakter ekor maupun asal usulnya.

Perbedaan ini bisa sobat ketahui bahwa phoenix berasal dari negara Jerman dengan ciri khas ekor panjang dan kaku sedangkan ayam Onagadori berasal dari negara Jepang yang diketahui karakter ekor ikal dibagian ujungnya.

Memang keduanya bisa dikatakan rajanya ayam ekor panjang di dunia, dengan penjelasan diatas setidaknya membantu sobat untuk membedakan ketika hendak membeli apabila belum faham kedua jenis ini.

Harga Ayam Onagadori Terbaru

daftar harga ayam onagadori 2020

 

Bandrol harga ayam onagadori original di nusantara tidak begitu mahal, jadi kami rasa masih bisa dijangkau kalangan menengah kebawah. Dampak perubahan harga ialah populitas semakin banyak namun pangsa pasar semakin menurun.

Pada kesempatan kali ini akan kami berikan berupa table yang kami dapatkan beberapa situs terpercaya mengenai pasaran harga ayam onagadori asli, antara lain sebagai berikut :

NomorUsia/UmurHarga Ayam Onagadori
1.Telur VertilRp.60.000-100.000
2.Anakan 1 BulanRp. 300.000
3.Anakan 2-5 BulanRp. 400.000-1.000.000
4.Ayam Onagadori DewasaRp. 1.500.000-2.000.000
5.Sepasang IndukanRp. 2.000.000-5.000.000

Supaya tidak menjadi salah faham penentuan harga ini tidak pasti harus pas jadi bisa berkuran dan lebih. Sehingga sobat bisa menyediakan untuk mengantisipasi ketika kurang yang membuat kecil hati.

Demikianlah rangkaian informasi seputar ayam onagadori yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply