1641

โˆš Mengatasi Ayam Bangkok Berhenti Bertelur

Mengatasi ayam bangkok berhenti bertelur secara tiba-tiba padahal tidak mengalami stres dan kondisi fisik ayam normal. Heran tidak sih kalau ayam peliharaan kita berhenti bertelur padahal sudah dipesan orang calon DOC-nya. Rasa kesal dan sedih menjadi satu ketika masalah ini terjadi pada ayam kesayangan kita.

Langkah identifikasi lebih lanjut mengenai ayamnya apakah sakit atau memang sudah terlalu tua ini bisa dilakukan. Maka dari itu sebagai peternak ayam memastikan kondisi kesehatan dan kenyamanan terhadap ayamnya harus diperhatikan dengan cermat.

Pasalnya ayam pun memiliki batasan usia untuk mencapai masa puncak produksi. Bahkan untuk faktor yang mempengaruhinya lebih dari 2, alhasil dengan pemparan informasi kali ini sobat bisa menemukan solusinya yang tepat dan cepat.

Penyebab ayam Bangkok Berhenti Bertelur

Penyebab ayam macet bertelur

 

Kenapa ayam betina bangkok tiba-tiba berhenti bertelur padahal sudah nyaman dikandangnya? Menurut informasi yang kami ketahui faktor utama dari ayam berhenti bertelur sangatlah banyak. Sehingga membutuhkan analisa langsung untuk mengecek kondisi ayam tersebut.

Sebelum mengeklaim suatu sebab adakalanya step by step untuk memastikan bahwa indikasi ayam tidak melanjutkan bertelur itu memang benar sobat ketahui berdasarkan fakta dilapangan. Nah, agar tidak semakin kebingungan, berikut jawaban versi tim dunia binatang.

Kualitas Ayam Bangkok Tidak Baik

Salah satu penyebab utama kondisi ayam betina macet bertelur yaitu dikarenakan bibitan yang tidak berkualitas. Kita ketahui bersama bahwa kualitas sangat berperan penting tentang hasil anakan ayam bangkok yang dihasilkan, maka dari itu menjadi persoalan yang kerap dianggap remeh.

Meskipun ayam bangkok dalam kelompok unggas hobi, untuk biaya perawatan sama dengan yang jawara. Oleh hal demikian, kalau sobat memang mau menekuni ternak ini pastikan mendapatkan ayam bangkok yang memiliki kualitas dan kuantitas dipasarannya.

Adanya Penyakit

Lalu penyebab yang kedua ini biasanya adanya jenis penyakit tertentu yang dapat menyerang langsung organ reproduksi ayam babon bangkok. Dengan serangan inilah ayam akan berangsur menurun dari masa produksi telurnya, bahkan ada yang sampai telurnya infertil.

Beberapa penyakit yang paling populer yaitu AI, ND & IB. Tidak sekedar itu saja karena dalam kondisi tertentu tubuh ayam yang kurang baik atau keadaan immunosupresif, oleh hal ini terjadilah infeksi sekunder. Dengan kondisi inilah menyebabkan kerusakan permanen khususnya saluran reproduksi ayam.

Cara yang tepat untuk memastikannya sobat bisa melakukan pengambilan sampel yang kemudian diuji pada laboratorium. Namun kalau sekiranya merasa sangat meyangkannya bisa disembelih untuk lauk keluarga.

Kualitas Pakan Tidak Sesuai

Indikasi ayam berhenti bertelur selanjutnya dikarenakan pemberian makanan yang tidak sesuai kebutuhan tubuh ayam. Memang untuk ayam bangkok betina bertelur lebih membutuhkan asupan pakan dan vitamin lebih banyak daripada kondisi sebelumnya.

Guna mengetahui detailnya sobat dapat menganalisa dari kerabang telur ayam, bobot ayam dan aktivitas ayam sehari-hari. Sebagai upaya yang tepat maka ketahuilah lebih banyak tentang beternak ayam bangkok skala rumahan dan peternakan besar.

Kurangnya Cahaya Sinar Matahari

Peternakan ayam bangkok sedikit berbeda dengan cara memelihara ayam kampung. Pasalnya dalam seumur hidupnya dipastikan dalam kandang yang terbatas. Karena hal inilah sebagai peternak sudah wajib menerapkan sirkulasi dan pencahayaan kandang ayamnya.

Sinar matahari yang kurang akan menyebabkan ayam bisa berhenti bertelur. Sementara sedikitnya sinar yang masuk secara fisik ayam akan nampak dengan jelas. Contohnya pada bagian punggung tidak sama rata dan muka pucat. Oleh sebab itu penjemuran ayam bangkok menjadi cara perawatan ayam yang perlu diaplikasikan.

Ayam Bangkok Mengalami Stres Berat

Pergantian lingkungan yang tidak sesuai tempat sebelumnya dan pemberian pakan yang berbeda bisa berpeluang ayam merespon mengalami stres. Apabila kondisi seperti ini sudah terjadi maka resiko selanjutnya yaitu infeksi atau penyakit ayam bangkok.

Menyikapi hal semacam ini tentunya sangat mudah. Akan tetapi tak semua penghobi telah mengetahuinya, makanya edukasi kali ini benar-benar kita sampaikan dengan detail agar lebih mudah difahami serta diaplikasikan.

Faktor Usia Ayam Bangkok Tua

Seperti jenis ayam pada umumnya, batasan usia ayam bangkok untuk memaksimalkan produksi telur dan pengeraman tidak sebagus waktu muda. Karena ada yang membatasi seperti halnya cara perawatan, kondisi lingkungan dan fisik ayam yang semakin menurun.

Pada dasarnya sampai 10 tahun pun ayam masih bisa bertelur. Akan tetapi manajemen ternak yang tidak baik bisa menjadi indikator perihal ayam bangkok berhenti bertelur. Ciri-cirinya yang mudah diketahui yaitu dibawah dubur ayam dipegang sangat keras dan sudah tidak mau dikawini ayam pemacek.

Itulah sedikit penjelasan perihal penyebab ayam bangkok berhenti bertelur. Nah untuk informasi lebih lengkapnya sobat dapat terus membaca penjelasan dibawah berikut ini.

Mengatasi Ayam Bangkok Berhenti Bertelur

Mengatasi ayam berhenti bertelur

 

Tips paling ampuh dalam menangani ayam berhenti bertelur yaitu mengetahui terlebih dahulu perihal faktornya. Maka akan membantu kita untuk penanganan dan bisa juga sebagai upaya pencegahan agar tidak sampai terjadi lagi pada ayam peliharaan kita.

Walaupun dalam beberapa kasus ada juga yang tidak bisa disembuhkan, tapi apakah kita akan menyerah begitu saja sebelum berusaha? Pastinya tidak dong, maka dari teruntuk sobat duniabinatang, aplikasikan metode dibawah ini sebagai mengatasi ayam macet bertelur.

Cara Menghilangkan Lemak Pada Ayam Babon

Bagaimana cara mengatasi pada ayam babon yang sulit bertelur karena banyaknya lemak? Mungkin sebagian dari kita ada yang mengalami hal semacam ini, nah untuk penanganannya tidak perlu ayam dijual atau disembelih.

Kemudian bagaimana kalau dilakukan diet dari porsi makan dan ayam diumbar kira-kira membutuhkan waktu berapa lama? Pertanyaan seperti ini memang tidak sampai langsung, namun keluh kesah sebagai peternak kita pasti tau banget rasanya ayam kesayangan yang terlalu gemuk.

Metode yang pertama sobat dapat memberikan terasi, cara pemberiannya bisa dengan membuat gumpalan seruas jari dan diberikan 1-3 kali sehari. Agar tidak sampai berdampak ayam bulunya rontok, kami sarankan agar tidak terlalu banyak ketika memberikan terasinya. Selain itu juga porsi pakan dikurangi yang ditambah makanan jagungnya saja.

Apabila masih kurang worth it sobat dapat mencobanya dengan memberikan bawang putih setengah siung 1 kali sehari. Kalau rekomendasi kami diberikan ketika sore hari dan ini sangat efektif dalam menurunkan bobot ayam khususnya karena obesitas.

Jika lemak ayam semakin berkurang sobat hentikan penggunaannya, supaya kondisi fisiknya tidak sampai terlalu kurus. Sebab tanpa pengamatan yang detail ini juga beresiko terhadap kesehatan ayam bangkok sobat.

Cara Mengatasi Ayam Majir

Sobat sedang mencari informasi mengenai ayam betina yang majir dan ditandai patatnya keras dan tidak mau dikawinkan dengan ayam jago? Apakah ayam sobat ini habis bertarung ketika waktu bertelur. Apa benar juga karena stres pindah kandang ayam yang baru.

Nah dari permasalahan ini tips mengatasinya yaitu dengan beberapa tahap. Dimana faktor penyebabnya harus kita ketahui dengan jelas, agar ketika penyembuhan dapat dimaksimalkan. Ya sudah daripada kebingungan, yuk simak caranya seperti dibawah ini.

  • Isolasikan ayam babon ke kandang umbaran terpisah
  • Berikan air saja tidak perlu diberi makan
  • Kasih 2 bawang putih yang sudah dimemarkan dan tambahkan gara sedikit, pagi dan sore hari sebelum ayam aktivitas.
  • Pijatlah bagian bawah dubur ayam yang membesar dan keras tadi. Hal ini dapat terjadi karena banyaknya lemak
  • Aplikasikan metode ini selama 14 hari

Tanda-tandanya ayam ada perubahan yang signifikan yakni aktivitas ayam sudah kembali lebih baik dan ketika dipegang sudah birahi untuk minta dikawinkan ayam jago. Selain itu pada perut bawah ayam berkurang kakunya dan bisa dikatakan empuk layaknya ayam babon sedang bertelur.

Ramuan Herbal Ayam Bangkok Cepat Bertelur

Kemudian metode yang ketiga sobat dapat membuat ramuan khusus untuk ayam indukan baik induk atau jago supaya mendapatkan bibit anakan yang super. Selain itu juga bisa diperuntukkan dalam mengatasi ayam betina macet bertelur.

Apabila sobat bingung meramunya, kami ada rekomendasi ramuan yang ada ditoko onilne. Namanya jamu super cock, jadi tidak perlu takut karena dibuat secara khusus dengan berbagai rempah-rempah untuk menambah kekebalan tubuh ayam serta mempercepat pertumbuhan anak ayam.

Beberapa khasiat lainnya pun sudah tidak diragukan lagi sebab bisa diberikan untuk menambah agresifitas ayam pemacek dan meningkatkan produktivitas ayam babon. Maka dari itu tak perlu bingung karena dari stamina dan energi ayam tidak akan terkuras habis jika dibuat pemacek.

Vitamin Ayam Cepat Kembali Bertelur

Cara mengatasi ayam bangkok berhenti bertelur yang terakhir ini dapat sobat lakukan dengan teknik pemberian vitamin dan suplemen tambahan untuk memacu rangsangan ayam kembali bertelur.

Agar ayam cepat bertelur kembali paling sederhana yaitu memberikan vitamin. Mungkin sobat masih bingung untuk rekomendasi vitaminnya. Berdasarkan pengalaman kami pribadi, efektivitas vitamin ayam bangkok yakni ada beberapa merk. Oleh sebab itu kami sarankan sobat memberikannya dengan rekomendasi dibawah ini.

Dari beberapa rekomendasi diatas sobat dapat menyesuaikan apa yang sekiranya paling cocok untuk diberikan ayam bangkoknya dirumah. Sekarang juga lebih mudah karena untuk mendapatkan perlengkapan ternak bisa berbelanja via toko online.

Itulah berbagai rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan untuk kali ini seputar mengatasi ayam bangkok berhenti bertelur. Mudah-mudahan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply