5
287

√ Ayam Khoyngon : Sejarah, Ciri-Ciri, Kelebihan & Harga

Ayam khoyngon terdengar asing bagi masyarakat umum, pasalnya ayam laga satu ini belum dikenal secara luas oleh orang Indonesia. Secara karakteristik memang seperti bangkok pada umumnya.

Akan tetapi gaya permainan modern dan gesit ketika berlaga membuat banyak para peternak memburu untuk dijadikan pejantan difarm-nya. Namun di nusantara belum begitu familiar dengan sebutan ini.

Dari segi warna bulu pun juga tidak begitu asing sehingga banyak yang mengasumsi bahwa khoyngon ialah ayam bangkok biasa saja. Jadi dalam artikel ini kami akan membagikan informasi detail mengenai sejarah, karakteristik, keunggulan dari khoyngon, antara lain sebagai berikut :

Asal Usul Ayam Khoyngon

ayam khoyngon adalah

Sejarah kemunculan khoy ini di Indonesia tidak terlepas dari perkembangan unggas aduan di negeri gajah putih. Salah satu legenda yang sangat kental ialah bernama Black Bull. Tipikal yang agresif dan brutal serta kombinasi pukul syaraf  kepala & bandan lawan mampu mematahkan kemenangan seperti mangon dan birma.

Oleh hal ini membuat banyak penonton dan peternak ingin beternak jenis terbaru di kalangan unggas laga. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan bahwa asal usul khoyngon ini adalah perkawinan silang antara jenis pakhoy x saigon.

Jika ada yang mengaitkan dengan pakhoy x mangon ialah salah besar. Sebab tujuan pencitaan jenis ini ialah menumbangkan seperti mangon dan birma. Selain hal itu bahwa induk khoyngon ini adalah pakhoy sehingga anakan tidak didominasi bulu gundul dibagian kepala.

Ciri-Ciri Ayam Khoyngon

ciri-ciri ayam khoyngon

Untuk segi fisik ayam khoyngon tidak jauh berbeda dengan ayam aduan pada umumnya. Maka dari sobat harus lebih jeli ketika ada penjual yang mengatakan ayam jenis khoy ini. Karena akan lebih mudah bila sudah melihat gaya tatkala bertarung.

Mungkin dengan rincian dibawah ini sobat duniabinatang, khususnya yang masih awam/pemula bisa menjadi tolak ukur untuk memilih khongon asli, antara lain sebagai berikut ini :

  • Warna bulu biasanya berupa kelabu, jalak dan merah hitam.
  • Postur tubuh besar tegap
  • Berat badan sangat ideal yakni setidaknya 3 kilogram
  • Rongga leher padat dan kuat
  • Ciri khas kepala tidak gundul seperti pejantannya.
  • Terkadang juga lebih mirip dengan pakhoy dan saigon

Kelebihan Ayam Khoyngon

kelebihan ayam khoyngon

Selain dari karakteristik fisik yang sudah kami sebutkan diatas. Ayam khoyngon juga mempunyai kelebihan dalam arena laga. Karena kemunculan jenis ayam masa kini ini ditujukan untuk melibas mangon dan sejenisnya.

Dengan hal ini setidaknya perkembangan dunia ayam laga terus berkembang pesat dan selalu muncul line baru dengan ciri khas yang lebih baik daripada sebelumnya. Inilah ringkasan mengenai keunggulan ayam khoyngon versi duniabinatang.net :

  • Agresif Ketika bertarung
  • Memiliki pukulan syaraf kepala & badan
  • Dorongan sangat kuat
  • Gerakan sangat lincah dan gesit
  • Lebih tangguh daripada pakhoy
  • Pukulan keras & cepat
  • Daya tahan tubuh sangat bagus.
  • Gaya berlaga ayam khoyngon umumnya lebih mirip dengan pakhoy dan bangkok yaitu teknik kunci, sayap, bongkar dan dobrak lawan.

Jenis Khoyngon Paling Banyak Dicari

black bull khoyngon jawara

Meskipun di nusantara sabung ayam sangat pro & kontra, akan tetapi penikmat dan penggemarnya tidak ada habisnya. Alhasil tatkala muncul jenis baru langsung tidak mau ketinggalan.

Lalu jenis apa yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia daripada ayam khoyngon ini dari luar negeri? Saat ini nama yang sangat diincar oleh peternak nusantara yaitu Black Bull atau Bull Krating dari Pranburi farm.

Keistimewaan dari bloodline atau keturunan dari black bull ini ialah selalu menang sebanyak 6 kali yang mana setiap pertandingan senantiasa menang kurang dari 2 air/ronde.

Pada era kejayaannya jenis ini terbaik sepanjang sejarah perayaman di negeri gajah putih. Kunggulan sangat kuat, kebal, agresif dan pukulan sangat keras dan mampu memtahkan leher lawannya.

Harga Ayam Khoyngon 2020

daftar harga ayam khoyngon

NomorBloodlineUsiaHarga
1.Peranakan Anakan Khoyngon1-3 BulanRp.150.000-300.000
2.Anakan Khoyngon Asli1-3 BulanRp.300.000-1.500.00
3.Dedara Khoyngon Asli4-5 BulanRp. 1.000.000-3.000.000
4.Lancuran Khoyngon Super VVIP4-6 BulanRp. 5.000.000-10.000.000
5.Pejantan Khoyngon Black Bull Jr/Bloodline1 TahunRp. 15.000.000-35.000.000
6.Indukan Khoyngon Betina Asli1-2 kali produksiRp. 10.000.000-30.000.000

Sesungguhnya patokan harga tidak bisa ditentunkan maka dari itu salah satu tolak ukurnya berdasarkan kualitas dan bloodline yang sudah jelas juara. Apalagi terkait dengan hobi juga pasti tergantung dari pemiliknya mau melepas di harga berapa.

Untuk yang kw alias keturunan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan sudah dipastikan harganya lebih murah. Sebab tidak semua anakannya akan mirip dengan pejantannya, terkadang lebih dominan ke kakeknya. Maka dari itu sobat semua jangan mudah tergiur dengan harga mahal atau murah. Poin utama ialah kualitas karena tidak banyak ayam yang berkualitas.

Kalau sekedar mencari yang mahal banyak, tapi yang berkualitas tidak sebanyak yang mahal. Jika masih ragu tatkala transaksi lebih baik jangan, sebab banyak akun yang digunakan menipu. Tips yang tepat ialah rekber atau membeli di peternak yang sudah jelas-jelas saja.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga dengan adanya pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan dalam penyampaian kami, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply