17

√ Ayam Hibrida Petelur Super?

Ayam hibrida adalah salah satu jenis yang cukup familiar bagi masyarakat indonesia. Namun hingga kini belum begitu banyak yang menekuni bidang ini karena terkendala pengetahuan dan modal. Kemunculan strain ayam baru ini menjadi formulasi dalam bentuk peningkatan kualitas daging ayam.

Pasalnya ayam lokal indonesia sudah terancam dari kepunahan. Hal ini tak lepas oleh pemeliharaan dan persilangan yang secara alami, dengan demikian ketika pergantian musim sangat rentan terhadap wabah penyakit mematikan.

Selain itu target bobot dan produksi telur dikembangkan oleh berbagai kalangan seperti balai penelitian ternak atau peternak mandiri skala rumahan. Metode ini sering diterapkan oleh masyarakat dengan tujuan meningkatkan produktivitas serta laju pertumbuhan ayam.

Apa Itu Ayam Hibrida?

Ayam Hibrida

Ayam hibrida merupakan ayam yang dihasilkan dari perkawinan silang antara pejantan ayam kampung dengan ayam betina ras petelur. Alternatif seperti ini menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan pasar tapi dengan kualitas yang bagus pula.

Jadi bisa memanfaatkan jenis ayam jantan tipe kampung layaknya ayam kedu merah, balenggek, pelung dan ayam leher gundul. Supaya secara fisik mirip dengan ayam kampung asli sobat perlu membuat rumusan agar cita rasa tetap paling diutamakan.

Sedangkan untuk genetik indukan ayam betina ras petelur dapat mempersiapkan dari beberapa opsi semacam ayam layer modif, ayam sussex, ayam arab dan masih banyak lainnya. Alhasil bisa disesuaikan dengan analisa sobat sendiri untuk mengukur proses, kerugian dan hasilnya.

Sebelum melangkah lebih jauh sobat harus membuat kerangka dari projek ayam persilangan ini semisal dari produksinya dapat dipelihara secara masal dan waktu perawatan doc hingga panen intensif 60 hari dengan rata-rata bobot 0,85 kg.

Ciri-Ciri Ayam Hibrida

Karakteristik Ayam Hibrida

Karakteristik dari ayam hibrida cukup beragam, karena pada dasarnya lebih dominan layaknya ayam kampung yang biasa dipelihara secara liar. Hanya saja karena tujuan komersil ini yang menjadi pembeda lantaran semua yang menekuninya lebih memilih sistem pemeliharaan dengan skala banyak & besar.

  • Memiliki ciri khas bulu coklat keemasan
  • Ayam hibrida dewasa mencapai bobot 2 kg
  • Mengkonsumi pakan yang sedikit
  • Mampu menghasilkan produksi telur 280
  • Ciri-ciri ayam hibrida ekornya berwarna putih

Ayam Hibrida Petelur

Ayam hibrida petelur

Memang sejak awal penciptaan ayam hibrida dijadikan unggas ternak dual guna, kalau mengupas ini sama dengan jenis ayam sussex di negara inggris. Selain itu produktivitas telurnya bisa mencapai 280 butir setiap tahunnya.

Bahkan hibrida petelur lebih mirip dengan ayam elba yang secara karakteristiknya sama. Pada dasarnya kelebihan dari ayam hasil persilangan ini bisa dijadikan uang pemasukan tambahan karena skala kecil ataupun besar pemasarannya sama seperti rumah makan, restoran serta masyarakat biasa.

Maka dari itu tidak menutup kemungkinan bilamana dimaksimalkan dalam usaha yang besar alias komersial maka kebutuhan daging setiap daerah bisa tercukupi karena disuplai oleh masyarakat daerahnya sendiri. Disisi lain mengurangi angka pengangguran dan membuka ruang usaha tidak terbatas.

Kelebihan Ayam Hibrida

Keunggulan ayam hibrida

Keunggulan dari ayam kampung dual guna seperti sangat banyak. Alhasil pemeliharaan yang baik akan mempercepat proses dari perkembangan ayam. Namun yang sering orang lupakan yaitu perihal resiko, kerugian dan kegagalan proses dari pengembangan beternak ayam.

Tetapi pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi lebih detail mengenai keistimewaan yang terdapat pada ayam hibrida baik diperlihara secara masal ataupun sistem umbar bebas terbatas.

  • Mampu memproduksi telur diatas rata-rata
  • Pengeluaran biaya pakan lebih hemat daripada jenis lainnya
  • Dapat dijadikan ayam kampung pedaging hanya memakan waktu 2-2,5 bulan
  • Pangsa pasar lebih luas
  • CIta rasa daging ayam sama dengan ayam kampung biasa
  • Harga penjualan stabil
  • Kuat terhadap berbagai penyakit

Dari sekian banyaknya kelebihan yang dimiliki ayam hasil persilangan ini bila mana perawatan yang asal-asalan tetap tidak akan maksimal. Hanya untuk dari hasil telurnya setidaknya bisa menambah pemasukan uang keluarga.

Itulah sedikit informasi seputar ayam hibrida yang bisa kami sampaikan. Mudah-mudahan adanya penjelasan artikel diatas dapat bermanfaat untuk kita semuanya, sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply