1847

√ Ayam Wiring Kuning Emas

Ayam wiring kuning emas merupakan ayam bangkok aduan maupun hias yang memiliki keistimewaan sangat memukau. Bayangkan saja dari ciri fisiknya saja sudah indah sekali, alhasil banyak penghobi yang ingin memilikinya.

Maka dari itu tak heran bila harganya sangat berbeda dengan ayam yang warna bulunya biasa saja. Hal ini tak lepas karena presentase untuk mendapatkan wiring kuning super tanpa corak putih sangatlah sulit. Mungkin untuk mendapatkan anakan yang sama atau lebih bagus bisa memakan waktu tahunan.

Dalam kesempatan yang baik ini, kami selaku admin dunia binatang akan menyampaikan informasi lengkap terkait ayam wirkun. Bagaimana keunikan dari salah satu ayam ini, yuk sama-sama simak pemaparan dibawah berikut.

Ciri-Ciri Ayam Wiring Kuning

Ayam wiring kuning emas

Karakteristik ayam wirkun sangatlah mudah dikenali bagi semua orang, hanya saja karena terdapat beberapa klasifikasi wiring kuning terkadang membuat orang juga bingung. Sehingga tak heran kalau ada penghobi yang masih awam kerap salah menyebutnya.

Secara garis besar ayam wiring kuning merupakan kasta ayam tertinggi dibandingkan dengan ules lainnya. Teruntuk sobat yang menyukai warna lain jangan berkecil hati ya, karena ini adalah hobi yang memiliki selera masing-masing. Berikut ciri fisik ayam wirkun versi dunia binatang :

  • Warna bulu dasarnya hitam
  • Rawis leher, punggung berwarna kuning cerah
  • Mata, paruh, kaki, kuku bercorak kuning selaras dengan ules bulunya
  • Tepong atau pinggangnya juga berwarna kuning keemasan serta dada depannya
  • Apabila ayam sobat memiliki ciri-ciri diatas maka bisa dinamakan ayam wiring kuning tembus.

Bila mana terdapat beberapa bulu berwarna putih biasanya dinamakan wirkun ubal/mubal karena tidak buntu alias masih ada sebagian bulu yang bercorak putih. Semakin cerahnya rawis akan menambah nilai lebih baik dari para penggemar dan nominal harga jualnya.

Kelebihan Ayam Wiring Kuning Emas

Kelebihan ayam wiring kuning

Setiap ayam pastinya memiliki keunikan dan keistimewaan, begitu pula dengan warna bulu ayam. Menurut informasi yang kami ketahui bahwa ayam wiring kuning awal mulanya populer di negeri gajah putih (Thailand).

Kalau diurutkan alur sejarah pada zaman dahulu kala ayam wiring kuning merupakan ayam aduan oleh raja-raja di berbagai daerah negara Thailand. Hingga pada akhirnya perkembangan zaman ayam ini dijadikan kelompok hias, dimana kini lebih dikenal dengan ayam ratu atau siam.

Memang kelebihan dari ayam wirkun ini memiliki mental petarung sejati, jadi tak heran kalau ada ayam siam pantang menyerah dan bisa membalikkan keadaan dari musuhnya. Kalau sobat penghobi ayam wiring kuning bisa mencarinya dengan sebutan ayam leung hang khao (LHK).

  • Mempunyai mental tanpa menyerah
  • Pukulan sangat akurat dan keras
  • Sebagai simbol kecerdasan
  • Derajat warna bulu tertinggi
  • Memiliki kekuatan mistis
  • Sulit dikalahkan oleh berbagai jenis ayam petarung
  • Dapat menyerang bagian vital lawannya
  • Teknik bertarung unik dan tidak membosankan
  • Harganya relatif mahal

Pantangan Ayam Wirkun

Pantangan ayam wiring kuning

Berdasarkan ilmu pengetahuan warisan leluhur di nusantara aya aduan wiring kuning sangatlah sulit untuk dikalahkan, bisa dikatakan selalu memenangkan pertarungan diberbagai gelanggang.

Wiring kuning emas ini identik dengan jengger tunggal kepala kecil dengan bentuk seperti buah pinang dan halus. Selain itu ciri khas lainnya berupa kakinya kuning mengkilap seperti jagung.

Pantangan setiap orang berbeda-beda tergantung kita mempercayainya atau tidak. Maka dari itu sobat ikuti saja berdasarkan perasaan dan insting hatinya, jika yakin ya lakukan bila tidak sebaiknya jangan memaksakan kehendak. Ya begitu saja kurang lebihnya terkait pantangan terhadap ayam.

Harga Ayam Wiring Kuning Emas

harga ayam wiring kuning emas

Selanjutnya perihal harga ayam wiring kuning sangat fluktuatif sehingga tiada patokan secara pasti. Tetapi tergantung jenis dan tingkat kualitas ayamnya. Jika sobat sangat tertarik dengan ayam warna wiring kuning sebaiknya ketahui lebih detail, setidaknya bisa dipertimbangkan peluang dan ruginya.

Sedangkan ayam wirkun dari strain ayam siam dari harga 2-20 jt, semakin sering juara tentunya akan menambah nilai harganya. Sedangkan ayam hias lokal yang saat ini banyak diminati yaitu ayam ekor lidi. Sobat jangan khawatir karena sudah ada kontes hiasnya dan ini bisa menyeimbangkan persaingan harganya.

Harga ayam wiring kuning hias atau petarung setidaknya anakan bisa dibandrol denan harga 200.000-500.000. Oleh sebab itu sobat jangan kaget, kita sama-sama membutuhkan mental yang kuat untuk terus berkembang dalam bersaing kualitas ternak serta harganya.

Demikianlah rangkaian informasi dari kami yang bisa disampaikan, semoga dengan adanya penjelasan ayam wiring kuning emas diatas dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply