1
203

√ Cara Budidaya Maggot BSF Sederhana Tanpa Bau

Maggot bsf atau yang sering disebut dengan black soldier fly, maggot sendiri merupakan bayi/larva lalat. Peluang budidaya maggot sangat luas sehingga terus berkembang pesat di nusantara. Biasanya black soldier ini dimanfaatkan sebagai pakan alternatif ternak baik ayam, ikan dan burung sekaligus.

Selain itu maggot juga dijadikan untuk produk olahan pakan kering sehingga lebih awet dan bisa dikemas dengan packing kecil, serta keawetannya lebih lama dari pada yang masih hidup alias fresh.

Dengen menerapkan pakan ini rata-rata peternak maupun pelaku budidaya ikan bisa memangkas ongkos pakan 30-50%. Waduh sangat banyak ya ternyata kalau dipikir-pikir jika mengaplikasikan pakan maggot. Maka dari bisa menjadi tambahan dan pengembangan bisnis sobat kan?

Lalat Tentara Hitam?

Apa itu lalat tentara hitam

Black Soldier Fly (BSF) adalah nama yang sebut dengan maggot oleh masyarakat indonesia saat ini. Nama latinnya yaitu Hermetia Illucens atau dalam bahasa indonesia diartikan sebagai lalat tentara hitam. Lalat satu ini merupakan jenis dari berbagai lalat yang tersebar diberbagai dunia yang mempunyai kaya manfaat dan kelebihan bagi manusia.

Sedangkan Maggot BSF dengan Black Soldier Fly ialah dua istilah namun hanya satu jenis serangga yang dibedakan atas dasar perbedaan fase metamorfosis dalam kehidupan siklusnya. Contohnya dari lalat bertelur lalu menetas baru disebut dengan larva/bayi maggot.

Jadi jangan sampai salah mengartikan ya sobat semua. Walaupaun tidak jauh berbeda keduanya serangga ini dikarenakan bentuk. Jadi kalau sobat menyebut Lalat BSF salah sebab kata Fly artinya adalah lalat. Nah kurang lebihnya seperti itu keterangan dari lalat tenrata hitam versi dunia binatang.

Cara Budidaya Maggot BSF Sederhana

Cara Budidaya Maggot BSF

Nah sesuai judul artikel yang akan kami kupas apabila ingin budidaya maggot ini sangatlah mudah dan makanannya pun banyak diarea sekitar kita. Seperti sayur, sampah organik, dedak dan buah-buahan yang tidak diterima pasar sekaligus.

Dalam budidaya ini sobat bisa menjual dengan 5 potensi produknya mulai dari maggot kering, segar, tepung maggot, telurnya serta pupuk organiknya. Sehingga pemasaran pun akan lebih mudah karena tersedia beragam produk milik sobat.

Sebagai orang yang awam akan dunia maggot apa yang perlu dipersiapkan untuk memulai bidang ini? Kalau kami menyarankan sesuai budgetnya saja misal sedikit ya tidak apa apa kan bisa untuk belajar sekaligus mengetahui dari berbagai kendala yang sering terjadi.

Kandang Indukan Maggot

Kandang Indukan Maggot Sederhana

Kandang indukan dibuat untuk perubahan pupa menjadi black soldier fly agar berkembang biak menghasilkan telur. Sebab pejantan dan induk betina akan mati setelah kawin dan bertelur. Maka dari itu manfaatkan dengan semaksimal mungkin.

Namun khusus indukan BSF sobat membutuhkan kandang yang cukup biasanya ukuran 1 x 2 meter atau selebihnya. Dengan adanya kandang ini ditujukan agar menghasilkan telur supaya perputarannya tidak membutuhkan modal yang banyak.

Jadi yang perlu dipikirkan yakni sebarapa besar budidaya yang akan sobat mulai? Untuk ukuran standar bisnis skala menengah ke atas yaitu dengan ukuran 2,5 meter x 4 meter x 3 meter. Dengan perhitungan diatas sobat sudah bisa untuk menampung puluhan ribu larva maggot.

Media Maggot BSF Bertelur

Tempat Bertelur Induk Maggot BSF

Yang tak boleh ketinggalan berikutnya yaitu dari media bertelur dan penetasannya. Untuk bahan yang bisa dijadikan media menyimpan telur dari indukan yaitu kayu, potongan bambu dan kardus bekas.

Setelah para induk betelur maka sobat memindahkannya ke tempat penetasan telur maggot. Untuk media-nya sendiri bisa memakai ember box dari triplek dan sebagainya.

Berikutnya sobat memindahkan larva-nya ke biopond untuk proses pembesarannya. Upayakan sobat memisahkan antara media penetasan dan pembesarannya agar lebih mudah untuk menghitung biaya dan hasil panennya.

Selain itu apabila tidak dipisah maka sangat beresiko sebab telur-telur bisa mudah pecah lantaran terkena tekanan dengan larva lainnya.

Biopond Maggot BSF Adalah?

Biopond Maggot BSF

Apa itu biopiond? Biopond ialah tempat pembesaran dari larva lalat tentara hitam yang dibuat dari kayu, triplek atau pipa PVC dan diisi dengan penuh tanah yang gembur.

Perlu sobat ketahui bahwa biopond sendiri terdiri dari dua jenis yakni ada yang biasa yang tidak dilengkapi dengan ramp yang dimanfaatkan sebagai tempat memproduksi larva yang kecil.

Biopond ramp yaitu bidang miring yang sebagai jalan migrasi perpupa. Biasanya maggot akan keluar apabila medianya terlalu basah dan sudah dewasa mau berubah menjadi lalat.

Makanan Lalat BSF

Makanan Maggot BSF

Setelah menetas biasanya diberikan dengan media dari tanah gembur bekatul dan grejen kayu yang dikasih air tapi jangan terlalu kering dan basah yang bagus yaitu remah saja. Bisa sobat ketahui ciri-ciri media yang baik yakni basah namun tidak menggumpal.

Untuk makanannya dari menetas yaitu mengkonsumsi makanan organik. Maka cukup dengan buah-buahan, sayur dan limbah organik lainnya sebagai pakan larva hingga dewasa. Selain itu ada juga yang memanfaatkan kotoran ayam untuk media dan makanannya.

Jadi larva sejumlah 15ribu bisa menghabiskan makanan 2kg dan limbah organik lainnya dalam kurun waktu 24 jam saja. Tentunya dengan ini bisa mengurangi sampah organik di Indonesia sebelum masuk ke TPA.

Jadi sangat efisien apabila sobat rumahnya dekat pasar sayur/tradisional untuk mengurangi limbah pasar yang sudah mau membusuk. Contoh pakannya seperti tomat, jambu, pepaya, pisang, ampas tahu dan masih banyak lainnya.

Masa Panen Maggot

Untuk mengetahui proses panen sejak telur maggot menetas yakni kurang lebihnya membutuhkan waktu 14-18 hari. Namun standarnya antara 2-3 minggu sesudah telur menetas.

Supaya bisnis Maggot sobat berkembang dan terus berjalan jangan lupa sediakan tempat untuk pupa berubah menjadi lalat dan menghasilkan telur-telurnya. Masa pre-pupa ke pupa maksimal 15 hari sedangkan pupa berubah menjadi lalat pun 15 hari maksimalnya.

Siklus Hidup Maggot BSF

Siklus Hidup Maggot BSF

maggotbsf.com

BSF dewasa akan kawin dengan kurun waktu 2-3 hari sesudah itu sang betina akan menghasilkan telur. Betina pun kemudian mati setelah bertelur dan begitu juga dengan sang jantan mati apabila sudah kawin.

Selanjutnya telur BSF ini sekitar 500-800an dari satu induk dan menetas setelah 3-4 hari. Kemudian berubah menjadi bayi larva hari pertama ukurannya kurang dari 1 mm jadi hampir tak kasat mata.

Dalam fase berikutnya yaitu akan beranjak ke larva dewasa setidaknya 0-21 hari. Ciri-cirinya sangat mudha ketahui dengan warna putih kecoklatan dan sudah siap dijadikan pakan ternak contohnya ayam pedaging lokal, ikan hias dan konsumsi lainnya.

Setelah itu baru berubah sebagai Prepupa yang diawali dari hari ke 18-21 warnanya sudah hitam namun aktif bergerak dan menghindari media yang basah. Selain itu juga tidak makan lagi. Sedangkan pupa ditandai dengan tidak bergerak namun berbobot dan menyerupai huruf J. Waktu yang dibutuhkan untuk menetas yaitu antara 1 minggu sampai 15 hari.

Nah terakhir sudah berubah menjadi Black Soldier Fly yang tidak makan selama hidupnya dan umumnya hidup 7-14 hari. Nah ketika sudah menjadi BSF ini masuk media perjodohan dan menghasilkan telur seperti penjelasan diatas yaitu masa kawinnya.

Cara Mengeringkan Maggot BSF

Tips mengeringkan maggot bsf agar lebih awet dan tahan lama sobat dapat membuatnya dengan sederhana atau manual yaitu memanfaatkan bahan stainles steel lembaran untuk dindingnya dan alasnya memakai plat yang berlubang seperti ram kawat namun lebih kecil bolongannya.

Dengan menerapkan metode oven maggot ini maksimal menyisakan kadar air 10% sebab bila hingga dalamnya kering kulitnya menjadi terlalu gosong. Maka cukup sampai ambang batas 10% saja kadar air yang tersisa biar proses pengeringan dengan cara diangin-anginkan.

Plus minus menggunakan mesin oven manual adalah tidak bisa menjaga kestabilan suhunya sebab tak dilengkapi alat canggih lainnya seperti halnya thermostat. Keuntungan yang sobat dapatkan meminimalisir pengeluaran tambahan, sebab kalau membeli mesin yang sudah lengkap harganya bisa mencapai puluhan juta.

Kelebihan Dari Maggot BSf Adalah?

Walaupun konsumsi pakan maggot sehari-hari dari sampah organik atau sayuran dan buah kurang bagus. Tapi banyak juga keunggulan dari maggot bsf ini sendiri. Mungkin bagi yang baru melihatnya akan menjijikan, tetapi banyak loh yang sobat belum ketahui dari serangga lalat tentara hitam ini.

  • Perawatan dan budidaya sangat mudah dan simpel
  • Sebagai pakan alternatif hewan ternak
  • Tidak menimbulkan bau amis
  • Mudah disimpan
  • Bisa dijadikan beberapa produk olahan yang berbeda-beda
  • Sangat bergizi bagi unggas dan ikan
  • Hewan ternak mudah mencernanya
  • Panen jelas dan siklusnya teratur
  • Harga ekonomis dan cenderung stabil

Kandungan Protein Maggot

Kandungan protein maggot

Selain mengurangi penimbunan sampah organik di tempat pembuangan akhir maggot juga akan kaya nilai protein untuk pakan ternak kita. Bahkan akhir-akhir ini jenis pakan tambahan semakin diminati oleh banyak kalangan masyarakat.

Salah satu yang jelas sudah ada yakni dibekali dengan nutrisi yang bagus. Selain itu seperti asam amino dipercaya sebagai sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh unggas maupun ikan dan burung. Alhasil mengurangi biaya pakan sekaligus menambah sehat dan kuat terhadap hewan ternak.

Untuk detailnya kandungan yang tertera pada maggot BSF ini mengandung protein kurang lebih 40%. Hal tersebut juga dilengkapi semacam gizi dan nutrisi yang seimbang pula.

Harga Maggot BSF

Untuk sobat yang mau memulai budidaya Maggot bisa dengan membeli telur lalat tentara hitam harga 1 gram telurnya antara Rp.5000-10.000. Estimasi 1 gram telur menjadi 3-5 kg maggot bsw dewasa.

Sedangkan untuk maggot dewasa siap panen segar 1 kg harganya Rp.6000-7.000. Sedangkan untuk yang kering atau sudah dioven bisa mencapai harga Rp.20.000 per 100 gram dan 200 gram Rp.30.000. Jadi terdapat potongan harga Rp.2.000 untuk para reseller. Bahkan telurnya bisa juga cukup mahal per gramnya 6-10 ribu.

Nah apabila sudah dirubah menjadi produk tepung maggot BSF harganya pun beda lagi kurang lebihnya Rp.55.000 per 250 gram. Itupun berdasarkan harga disalah satu marketplace di Indonesia. Jika kebutuhan banyak sobat langsung saja bekerja sama dengan pelaku budidaya maggot didaerahnya.

Demikianlah rangkaian informasi seputar budidaya maggot BFS yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan adanya pengetahuan ini bisa menjadi sumber inspirasi dan manfaat untuk kita bersama. Sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply