1151

โˆš Manfaat Gula Merah untuk Ayam Aduan

Manfaat gula merah untuk ayam aduan tidak perlu dipertanyakan lagi, namun apakah diantara kita sudah mengetahui dengan detailnya? Nah, karena oleh dari itu pemaparan mengenai gula merah ini sangat diperlukan untuk berbagi ilmu pengetahuan.

Selain dijadikan pemanis pada rasa minum dan masakan, nyatanya gula merah dapat diberikan pada ayam peliharaan. Memang komoditi tradisional ini begitu populer bagi semua kalangan masyarakat, tidak sekedar itu saja pasalnya gula bukan menjadi hal yang baru dalam dunia ternak.

Mungkin bagi segelintir masyarakat umum pemanfaatan gula mera merah masih menjadi hal yang tabu. Tapi menurut penghobi ayam laga atau komersil penggunaan gula sebagai salah satu bahan dasar dalam membuat jamu ataupun air minum DOC ayam.

Penyampaian ini malah membingungkan ya sobat? Supaya tidak semakin penasaran dan persepsi yang jauh dari penjelasan kami ini, yuk simak dengan detail mengenai dosis, cara pengolahan, pemberian dan manfaatnya bagi ayam aduan sebagai berikut ini :

Dosis Gula Merah untuk Ayam

Takaran gula jawa untuk ayam

Seperti halnya pemberian jamu ayam, peran gula jawa pun mesti kita berikan takaran yang sesuai agar tidak mengakibatkan hal yang tak diinginkan. Akan tetapi hingga kini masih banyak diantara kita yang mengetahuinya.

Dengan inilah kami berusaha memberikan informasi yang lengkap kepada sobat dunia binatang. Anjuran dosis dari pemberian gula jawa yaitu 1 sendok makan dengan dicampurkan air 200 ml. Jika sobat ingin mencampurkan dengan pakan atau jamu sangat boleh.

Takaran diatas ini diberikan 1 kali sehari jangan berlebihan. Sebab peran dari gula merah bisa bertahan 3-7 hari hingga benar-benar tercerna. Nah inilah kenapa ayam diberikan gula, alasannya sangat bagus untuk mencegah dehidrasi atau penambah energi ayam aduan.

Cara Memberi Gula Merah Pada Ayam Aduan

Pemberian gula merah yang benar

Metode pemberian gula jawa atau merah ini sangat bermacam-macam. Jadi ada yang memberikan berupai air minum, jamu tradisional serta serbuk yang campurkan pakan ayam. Bahkan ada pula yang memberikan langsung ke ayam peliharaannya.

Keberagaman cara inilah menjadi sebuah seni dalam beternak ayam. Maka dari itu kita tidak boleh mengambil kesimpulan bahwa cara kita yang paling benar sendiri, pasalnya tak semua cara bisa berhasil seperti yang kita lakukan.

Sementara memberi gula pada DOC ayam aduan baru disapih atau membeli tujuannya adalah memberi larutan yang mudah dicerna anakan dan mengantisipasi dehidrasi serta sebagai cadangan energi. Alhasil DOC mudah untuk menyesuaikan dengan kandang baru tanpa mudah stres hingga kematian.

Jika untuk ayam dewasa sobat bisa dengan cara masing-masing yang sekiranya paling cocok dan berkhasiat pada ayam aduan miliknya. Entah mencampur dengan lengkuas ataupun daun serai terserah sobat saja. Pastinya terdapat beberapa opsi yang bisa sobat pilih dalam pemberian gula merahnya.

Manfaat Gula Merah untuk Ayam Aduan

Manfaat gula merah untuk ayam

Gula merah memang menjadi salah satu sumber nutrisi tambahan bagi peternak ayam untuk diberikan pada ayam-ayamnya. Keunggulan dari gula ini harganya sangat murah juga sangat mudah dikreasikan dengan beragam olahan seperti jamu herbal serta serbuk.

Meskipun gula digunakan dalam kebutuhan sehari-hari memasak oleh masyarakat, namun nyatanya juga banyak diburu oleh para pembuat jamu. Selain itu penggunaan gula merah kalau sulit ditemukan maka bisa digantikan dengan gula aren. Untuk sobat yang belum mengetahui manfaatnya gula merah, yuk simak daftarnya dibawah berikut :

  • Penambah stamina ayam aduan
  • Kekebalan daya tahan tubuh semakin meningkat
  • Mencegah berbagai jenis penyakit ayam
  • Ramuan sederhana ayam dehidrasi
  • Sistem pencernaan menjadi lebih lancar
  • Jumlah sel darah merah bertambah
  • Mencegah anak ayam stres

Nah itulah beberapa contoh kegunaan gula merah terhadap hewan ternak, sampai disini apakah sobat kurang yakin apabila khasiat gula merah untuk ayam itu benar adanya. Jika benar demikian, cobalah sendiri dan rasakan apa manfaat bagi hewan peliharaan sobat dirumah.

Efek Samping Gula Merah untuk Ayam

Dampak dari pemberian gula merah atau gula aren pada ayam bangkok ataupun sejenisnya ini bersifat menjadi energi. Sehingga tidak heran apabila ada peternak ayam yang membeli DOC ayam atau yang dewasa ketika sampai kandang langsung diberikan larutan air gula merah.

Pada dasarnya gula merah akan memberikan engeri pada ayam sehingga akan lebih cepat memulihkan kondisi fisik ayam yang bugar. Maka dari itu jangan salah menyikapi bila kita belum tau hal yang sebenarnya.

Dengan hal ini kami tegaskan tiada efek samping pada ayam atas diberikan gula merah. Hanya saja efek buruk bisa terjadi bila pemberian diatas batas dan kualitas gula sudah tidak layak diberikan.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan kepada sobat dunia binatang mengenai manfaat gula merah untuk ayam aduan. Semoga dengan beragam penyampaian kami diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply