7
208

โˆš Penghilang Bau Kotoran Ternak Alami

Penghilang bau kotoran ternak alami adalah jalan alternatif mengatasi amoniak ayam yang basah sulit terurai dan menimbulkan bau yang menyengat disekitar kandang. Beternak ayam memang bisa menjadi hobi dan peluang bisnis, namun hal yang tidak sampai dipikirkan lebih yakni masalah dari kotoran ternak.

Hal ini juga berlaku untuk peternak unggas lainnya seperti sapi dan kambing. Disisi mendapatkan keuntungan dari penjualan hewan ternak problematika dari kotoran yang dihasilkan ini sering menjadi pemicu masalah bagi warga sekitar kandang. Oleh maka dari pencetusan penghilang bau ini bisa menjadi jalan tengah yang ramah dan aman bagi ternak.

Apabila pada kesempatan yang lalu kita sudah mempelajari dari kandang ternak ayam, jadi untuk informasi lanjutannya adalah mengenai penghilang bau atau bahan penguraian kotoran ternak. Supaya sobat dunia binatang tidak semakin penasaran, mari kita simak baik-baik pemaparannya dibawah berikut.

Bahaya Bau Kotoran Ayam

bahaya bau amoniak ayam

Salah satu konsekuensi memelihara ayam didekat rumah yaitu bau kotorannya jadi aroma yang tidak sedap ini akan tercium setiap hari. Apalagi jika kotorannya menumpuk serta tercampur air hujan pastinya berubah becek dan inilah awal dari penyebab penyakit ayam.

Mungkin kalau menghirup amoniak ini tidak begitu parah, akan tetapi rasa kenyamanan atas kehadiran lalat dari kandang ayam ini merupakan yang paling membahayakan. Guna mengatasi dari serangan lalat dan baunya kotoran ayam. Langsung saja kita simak bahayanya bau kotoran sebagai berikut :

Lalat Mendatangi Kandang

Kotoran ternak menjadi hal yang menarik kehadiran lalat. Penyebabnya adalah timbulnya bau kandang ayam sehingga memicu datangnya lalat untuk menghinggapi dan berkembang biak. Ketika kotoran berubah becek dan telah ada telur lalat ini akan memunculkan belatung karena telat dibersihkan oleh sobat.

Dampaknya bukan sekedar itu saja, pasalnya untuk bau amoniak ini justru semakin menyengat bahkan ketika saat turun hujan sekaligu. Untuk itu kalau sobat ingin merasa nyaman dan aman bagi diri sendiri maupun ternaknya ya harus disiplin akan kebersihan kandang.

Pekerja Tidak Merasa Nyaman

Bukan sekedar hewan ternak yang tidak nyaman pasalnya para karyawan pun merasa risih dan sangat jijik. Karena disebabkan amoniak ternak baunya menyengat dan merasa mengganggu aktivitas para pekerja.

Mungkin pemikiran seperti tak sampai kita pikirkan, oleh maka dari itu kami sarankan agar bisa mencari solusi dari bau kotoran ternak yang aman. Bahaya dari bau kotoran terhadap pekerja yaitu dapat menyerang daya tahan tubuhnya lemah atau rawan terkena penyakit.

Menimbulkan Penyakit Ayam

Selain mendatangkan lalat menghinggapi dan berkembang biak, masalah lain semakin datang akibat dari bau kotoran ayam. Sumber penyakit ayam ini biasanya karena bau terlalu menyengat sehingga untuk pernafasan, kerusakan mata dan penurunan berat badan hal paling sering terjadi.

Bahkan beberapa kasus yang telat penanganannya dapat menyebabkan ayamnya mati. Jika sudah seperti ini siapa yang mau disalahkan? Rekomendasi dari kami yaitu membuatkan alas kandang ayam yang baik untuk rawatan harian atau membersihkannya.

Mencemari Lingkungan Sekitar

Kemudian bahaya dari bau kotoran ternak yang berdampak buruk atas lingkungan sekitarnya. Bagaimana tidak kalau kotorannya menumpuk dan tidak diurus sedemikian rupa, tentunya memberikan dampak kurang baik atas lingkungan tersebut.

Pencemaran dari kotoran ini bisa berupa sumber penyakit baru, mengganggu aktivitas masyarakat dan membuat resiko penularan penyakit antar hewan dan manusia. Pencegahan paling sederhana yaitu disiplin membersihkan kandang serta mengolahnya kotoran ayam menjadi pupuk alami.

Memicu Penyakit Warga Sekitar Kandang Ayam

Lalu yang terakhir dari bahaya bau kotoran ayam yakni dapat membahayakan kesehatan warga sekitar yang berdekatan dengan kandang ayam. Kalau biasanya ayam pedaging adalah paling banyak adanya lalat, bahkan ketika musim panen lalatnya juga berhamburan di rumah warga.

Dengan demikian pastinya sangat rawan akan penyakit dari hinggapan lalat ini. Selain itu bau amoniak yang sulit dikendalikan pun dapat dengan mudah menyebabkan daya tahan masyarakat yang rendah. Oleh dari itu untuk teman-teman supaya bisa mengatasinya dengan metode dibawah.

Penghilang Bau Kotoran Ternak Alami

Obat semprot penghilang bau kandang ayam

Sekarang tips untuk masalah bau amoniak ternak seperti ayam, bebek, entok dan sapi bisa diatasi dengan sangat mudah. Mungkin disini teman-teman masih banyak yang belum mengetahuinya, maka dari itu akan kami berikan rekomendasinya.

Meskipun bisa dijadikan pupuk kalau dari awal alas kotoran atau penyimpanannya tidak bagus kami pastikan dapat menimbulkan keresahan warga sekitar. Jadi solusi ini sangat rekomended jika sobat menekuni ternak dilingkungan padat penduduk atau berpopulasi sangat banyak. Berikut beberapa contoh yang bisa sobat aplikasikan dirumah.

Tanaman Penyerab Bau Kotoran Ayam

Metode yang paling ramah lingkungan dalam mencegah bau kotoran ternak ini dapat dengan cara menanam tanaman disekitar kandang. Tips ini kami anjurkan pada pelaku ternak skala rumahan jadi yang sifatnya belum peternakan besar.

Alasannya adalah kotoran yang dihasilkan belum begitu banyak dan aroma amoniak bisa diatasi dengan lebih alami. Sementara jenis tanamannya ini ada lidah mertua, palem waregu, sirih gading & lavender. Selain dari mengurangi bau adanya tumbuhan diatas ini akan menghiasi area kandang menjadi suasana menyenangkan.

Amotan Penghilang Bau Alami

Penghilang bau kotoran alami yang kedua ini menggunakan amotan. Produk ini adalah cairan khusus untuk mencegah atas bau yang menyengat dari kotoran ternak. Sebab dalam pembuatannya menggunakan bahan organik, alhasil lebih efektif, aman dan cepat.

Aturan pakainya sendiri yaitu dosisnya 5 ml amotan dengan 100 ml air bersih. Metode penggunaannya cukup sobat semprotkan pada area kandang setiap 1 minggu sekali. Meskipun terkena kandang maupun hewan tetap aman tanpa menimbulkan efek samping.

Lalu untuk setiap kemasannya berisi 1 liter atau setara 1000ml. Kalau membelinya sobat dapat langsung ke marketplace shopee dan harganya amotan Rp.40.000/botol. Jika dikalkulasi sangat murah dan rekomended sekali untuk teman-teman pelaku ternak.

Ramuan Agar Kotoran Ayam Tidak Bau

Pakan merupakan salah satu sumber energi dan pertambahan bobot pada hewan ternak. Begitu juga untuk mengatasi dari bau kotoran ternak secara alami sangat bisa sekali dengan cara mencampurkan dengan pakannya.

Campuran pakan ini setidaknya menggunakan probiotik khusus peternakan. Sebenarnya ramuan ini sudah sangat terkenal dikalangan peternak, namun karena masih banyak dari sobat yang belum mengetahuinya maka akan kami bagikan informasinya.

Pemberian EM4 peternakan adalah solusi paling mudah dan murah. Karena setiap botolnya ini bisa digunakan untuk beberapa waktu. Bahkan kalau sobat mau berkreasi bisa memanfaatkannya menjadi pakan fermentasi khusus ayam atau lainnya.

Penghilang Bau Amoniak Ternak Protexol

Kemudian penghilang bau kotoran ternak alami selanjutnya menggunakan bahan campuran protexol. Penggunaan protexol telah terbukti mampu mengurangi bau amoniak kotoran ayam mencapai 90% hanya kurun waktu 3-4 hari dan dilakukannya secara penyemprotan saja.

Bahan baku yang digunakan dalam proses pembuatan memang dengan bahan organik yang terdapat kandungan bioflavonoid an polyphenol. Selain untuk hewan ternak protexol ini bisa diaplikasikan menekan kadar bau limbah pembuangan sampah dan toilet umum.

Sedangkan cara pemakaiannya sendiri yakni hanya dengan melarutkan 3-5% protexol ke dalam air (30-50cc protexol per liter air bersih). Apabila digunakan untuk banyak dengan takaran 500-1000 ml protexol dengan mencampurkan air bersih sebanyak 20 liter.

Kemasan dari protexol ini berisi 5000ml dan harganya protexol adalah 39.000-135.000. Jika daerah sobat jauh dari perkotaan tidak perlu pusing karena produk ini dijual di toko online seperti shopee.

Bubuk Penghilang Bau DeoGone

Solusi menghilangkan bau kotoran ternak terakhir ini menggunakan kapur atau bubuk. Nama dari produknya DeoGone, jadi karya anak bangsa yang sudah teruji menghilangkan bau ini mulai dijual ke masyarakat umum.

Cara pengaplikasianya sendiri cukup dengan menaburkan serbuk secukupnya kepada aera yang bau baik kotoran ternak, bangkai, sampah dan drainase got didekat rumah sobat. Jadi ini tidak direkomendasikan ke tempat kedap udara seperti septitank ya.

Tidak perlu menunggu lama karena dalam waktu 10-15 menit penaburan bubuk deogone akan sudah selesai dan bau tak sedap hilang dengan cepat. Harga DeoGone kurang lebihnya 57.000/bungkusnya.

Cara Mendeteksi Kotoran Ternak

penghilang bau kotoran ternak alami

 

Setelah membaca penjelasan diatas rasanya tidak lengkap kalau sobat tak memiliki alat pendeteksi bau kotoran ternak. Jadi adanya alat ini akan membantu mengetahui lebih detail terkait kadar pada amoniak.

Kehadiran indikator amonia ini akan sangat membantu kita dalam mengembangkan sebuat peternakan. Selain mengetahui efek bau yang ditimbulkan, kesehatan dan keberlangsungan ternak tetap terus terpantau dengan baik.

Walaupun harga indikator amonia ini masih relevan mahal. Kami rasa kalau sobat sudah berkembang cukup besar tiada salah menggunakan alat bantu ini. Alhasil pengalaman dalam manajemen ternak dapat terstruktur. Bahkan peluang meningkatkan populasi juga lebih mudah.

Demikianlah rangkaian informasi kali ini yang dapat kami sampaikan kepada sobat dunia binatang. Mudah-mudahan dengan keberagaman penjelasan diatas dapat bermafaat utuk kita semua, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply