5
318

√ Pakan Ayam Alternatif Protein Tinggi

Pakan ayam alternatif protein tinggi memiliki peran penting dalam pertumbuhan maupun untuk penggemukan. Akan tetapi hal tersebut juga harus memperhatikan batas penggunaannya supaya hasilnya seimbang dengan kesehatan ayamnya.

Mungkin sobat duniabinatang.net mengalami permasalahan penggunaan pakan yang menurutnya bagus, tetapi hasilnya masih kurus dan nyilet. Jadi dalam kesempatan yang kali ini kami akan memberikan beberapa rahasia yang bisa sobat pratikkan untuk mengatasi masalahnya.

Karena hewan ternak pastinya tidak hanya dipengaruhi dari aspek pakan saja. Seperti faktor kandang, sirkulasi udara, perawatan dan masih banyak lainnya. Namun topik kali ini akan mengulas dari pakan alternatif atau tambahan yang memiliki kandungan protein tinggi. Apa saja bahan-bahannya, mari simak terus penjelasan dibawah berikut :

Cara Membuat Pakan Ayam Alternatif Protein Tinggi

Cara Membuat Pakan Alternatif Ayam Protein Tinggi

Tujuan utama membuat pakan alternatif ini untuk memangkas dari harga konsentrat yang sering dikeluhkan para peternak ayam lantaran harganya mahal. Meski begitu hingga waktu tertentu belum mencapai targetnya.

Apalagi peningkatan harga voer tidak seimbang dari nilai jual ayamnya, terlebih lagi seperti ayam kampung. Kendati demikian solusi yang sangat kami rekomendasikan yaitu membuat pakan alternatif namun memiliki protein yang cukup tinggi.

Kurang lebihnya bahan yang akan kami sampaikan juga mudah didapat disekitar lingkungan sobat. Alhasil bisa memangkas biaya pakan yang lumayan banyak. Langsung saja kita ke topik utamanya seperti dibawah ini :

Bahan Pakan Alternatif Ayam Berkualitas

Bahan Pakan Alternatif Ayam

Dalam penerapan pemberian pakan ayam tambahan bisa disesuaikan dengan kebutuhan seperti penggunaan daun pepaya, singkong, azola, markisa dan sebagainya.

Adapun pengapliasian dengan metode meracik sendiri dari berbagai bahan-bahan yang mudah didapatkan. Inilah contoh bahan dan presentase yang bisa sobat coba juga :

  • Dedak 30%
  • Daun Pepaya 5%
  • Ampas Tahu 50%
  • Probiotik
  • Jagung 10%

Selain hal diatas sobat bisa menggunakan pakan tambahan yang tidak kalah kualitasnya untuk nutrisi mengejar bobot maupun dikhususkan anakan ayam usia 1 bulan lebih. Umumnya lebih banyak diaplikasikan oleh peternak skala kecil yang memanfaatkan yang ada disekitar rumahnya.

  • Daun & Singkong

Seperti kita ketahui bahwa daun singkong begitu banyak tumbuh dilingkup sekitar, bahkan singkongnya pun jarang diolah karena nilai jualnya disebagian besar daerah sangat murah sekali.

Bagi sobat yang memiliki hobi ataupun berbisnis memanfaatkan singkong ini sangat berpeluang sekali. Cukup dipotong kecil-kecil lalu direbus dahulu supaya racunnya terbuang bersama airnya.

Begitu pula dengan daunnya yang diberikan sebagai campuran dedak, konsentrat dan nasi. Manfaatnya adalah mengurangi biaya pakan apabila jumlah ayam sobat banyak.

  • Bungkil Kacang Kedelai

Bungkil bisa menjadi solusi sobat sebagai pakan tambahan pada ternak sobat khususnya ayam. Kandungan pada bungkil ini kisaran 44-51% protein dan asam amino yang cukup tinggi. Maka dari kami rekomendasikan penggunaan tidak lebih dari 40% dari semua bahan pakan.

Untuk lebih aman maka sobat perlu mengetahui secara lebih detailnya. Sebab sebagian besar protein kasar yang terdapat pada bungkil sudah melewati tahap fermentasi. Oleh sebab itu diperlukan juga pengolahan terlebih dahulu sebelum diberikan pada ternaknya.

  • Limbah Kecambah Gagal

Kecambah merupakan makanan yang biasa kita temukan yang dihidangkan dengan sambal pecel. Akan tetapi ada pula kecambah yang gagal tumbuh ini bisa sobat dapatkan dengan mudah terhadap pembuat kecambah. Karena bahan-bahannya dari kacang-kacangan. Maka dari itu bisa menjadi makanan ayam tambahan yang bagus untuk kesehatan, kebugaran dan vitamin lainnya.

Kecambah biasanya digunakan sebagai pakan tambahan yang ditujukan meningkatkan birahi pejantan maupun induk betina agar cepat produksi kembali. Untuk memperolehnya sobat bisa mendatangi pasar sayur terdekatnya.

  • Buah Markisa

Keempat ini merupakan buah markisa, buah yang memiliki kaya akan vitamin ini cepat besar dan rimbun. Teruntuk sobat dunia binatang bisa memanfaatkan dari buah maupun daunnya.

Pemberian daun cukup dicincang kecil-kecil agar mudah dicerna sedangkan dari buahnya bisa menggunakan yang sudah masak lalu keluarkan semua isi buahnya dan campurkan dengan bahan pakan lainnya.

  • Maggot BSF

Kemudian yang terakhir yakni maggot bsf, pakan tambahan sumber gizi dan protein ini bisa dimanfaatkan skala rumahan. Umumnya para pelaku ternak maggot memelihara larva maggot dibawah kandang ayam yang sudah dibuatkan medianya.

Sobat pun tidak ada salahnya jika ingin budidaya maggot bsf ini dirumah. Selain caranya mudah, cepat besar dan tidak memerlukan perawatan yang sangat khusus. Bahkan bisa berpeluang untuk usaha sampingan sobat sekaligus.

Takaran Mencampur Bahan Pakan Ayam Alternatif Protein Tinggi

Tips mencampur pakan alternatif ayam berprotein tinggi

Tahap berikutnya kita akan mencampur beberapa bahan yang telah disebutkan diatas yang tertera presentase takaran bahannya. Pasti sobat ingin tahu kan cara mencampur semua bahannya, simak terus penjelasan dibawah berikut :

  • Siapkan terpal/drum untuk mencampur semua bahan
  • Langkah kedua peras ampas tahunya hingga kadar airnya keluar semua
  • Cara ketiga yaitu mempersiapkan dedaknya
  • Lalu ambil larutan probiotik, bila tidak ada bisa menggantinya dengan EM4 dengan satu tutup botol dengan air bersih 1 liter dilarutkan terlebih dahulu. Kami biasanya juga menambahkan gula pasir 1 cendok teh dan diamkan selama 15 menitan.
  • Kemudian potong kecil-kecil daun pepaya-nya
  • Terakhir siapkan jagung gilingnya

Jika sudah disiapkan bahan diatas sobat mulai campur satu-satu hingga semuanya merata dengan larutan EM4-nya. Aduk beberapa kali lagi agar seluruh bahan sudah merata tercampur dengan cairannya.

Selanjutnya sobat masukkan ke wadah yang tertutup rapat supaya pakan alternatif ayam protein tinggi ketahap proses fermentasi dapat berjalan dengan lancar. Pakan ini bisa digunakan dalam waktu 1 bulan.

Cara Pemberian Pakan Alternatif Ayam

Pemberian Pakan Tambahan Ayam

Tips memberi pakan alternatif ayam

Terakhir yakni pemberian pakan alternatifnya yang berupa tambahan maupun fermentasi paling tidak usianya sudah 1 bulan lebih. Tujuannya adalah ayam sudah terbentuk tulangan badan, selain itu sudah melewati masa brooding.

Bahkan penerapan beberapa bahan pakan diatas dipercaya untuk menjaga kesehatan ayam, nafsu makan, kesehatan dan meminimalisir cacingan. Bagaimana sobat sampai akhir penjelasan ini apakah ada pertanyaan? Jika ada silahkan tuliskan dikolom komentar dibawah ya.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan kepada sobat semua seputar pakan alternatif ayam protein tinggi. Semoga dengan penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply