6
121

√ Cara Membuat Molase Sendiri

Cara membuat molase alias tetes tebu merupakan hasil produksi pengolahan gula tebu. Dimana cara menghasilkan tetes tebu ini dikarenakan adanya pemisahan antara kristal gula dengan pengolahan gula tebu.

Pabrik gula pertama menggiling tebu agar menghasilkan ekstrak nira. Kemudian jus nira yang masih mentah selanjutnya diolah kembali. Tahap berikutnya akan memasuki tahapan pemurnian supaya mendapatkan nira jernih dan mengendapkan yang kotor.

Untuk nira yang jernis akan melalui beberapa proses lagi yakni penguapan dengan tujuan meningkatkan konsentrasi hingga tingkatan jenuhnya. Setelah itu maka nira menjadi kental dan prosesi kristal gula dengan metode pemasakan. Pada tahapan yang terakhir berupa kristal ini kemudian didinginkan dan pemisahan yang menggunakan alat penyaring atau pemusing, alhasil gula mentah dan tetes tebu.

Molase Adalah?

Apa itu molase

Molase yaitu nama lain dari tetes tebu yang banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan peternakan dan perikanan. Karena adanya teknologi kini banyak yang memanfaatkan dengan membuatnya sendiri karena tidak memerlukan banyak bahan-bahannya.

Selain itu lebih menghemat biaya karena tidak perlu membeli lagi ke toko pakan unggas disekitar sobat. Kegunaan molase untuk ikan maupun peternakan sangat bagus. Seperti menambah sumber energi ataupun gizi bagi hewan ternak.

Mungkin sobat sudah cukup lama mengetahui tetes tebu akan tetapi masih belum tau bagaimana cara membuatnya? Oke kalau begitu, benar sekali karena kami akan menyajikan informasi atau tutorial membuat tetes tebu sendiri, antara lain sebagai berikut :

Cara Membuat Molase/Tetes Tebu

Cara Membuat Molase atau Tetes Tebu

Secara umum tetes tebu dibuat oleh pabrik gula, namun sobat juga bisa membuatnya sendiri dirumah dengan beberapa bahan sederhana yang mudah didapatkan. Bagaimana langkah-langkahnya baca terus lebih detailnya.

Alat dan Bahan Membuat Tetes Tebu

  • Gula Merah/Putih kurang lebih 500 Gram
  • Panci mendidihkan air
  • Air Bersih 500 Ml
  • Adukan untuk memasak
  • Kompor

Langkah Pembuatan Molase

  • Cara pertama yaitu memanaskan air bersih dipanci hingga mendidih terlebih dahulu
  • Langkah selanjutnya baru sobat masukkan gula kedalam panci yang dipanaskan
  • Tips ketiga aduk terus hingga tercampur merata
  • Pastikan jangan sampai bahan-bahan menjadi keras, sekiranya cukup maka dinginkan
  • Jadilah molase sederhana dan siap dicampurkan pakan ternak.

Sesungguhnya cara membuat tetes tebu sendiri sangat mudah dan murah biaya. Selain dari bahan baku yang digunakan mudah didapatkan prosesnya lebih singkat dan cepat.

Perlu diketahui bahwa molase yang sobat buat jangan sampai menjadi keras dan membentuk gula lagi. Hal ini perlu diperhatikan berupa takarannya supaya kedua bahan seimbang dengan manfaatnya.

Sejatinya molase terdapat 2 jenis berdasarkan bahannya, yaitu gula tebu dan gula bit. Dikarenakan dalam industri maupun skala rumahan lebih banyak ialah molase berbahan gula tebu, maka kami sajikan yang umum saja. Setelah mengetahui cara ini sobat bisa langsung praktik dirumah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kandungan Molase

Banyak yang belum kita ketahui kandungan nutrisi yang diperoleh jika mengaplikasikan molase terhadap unggas dipelihara. Lalu apa yang terdapat pada molase gula tebu? Berikut nutrisi yang didapat jika setiap hari menggunakan satu sendok makan atau yang setara 20 gram :

  1. Vitamin B6
  2. Kalium
  3. Mangan
  4. Magnesium
  5. Kalsium
  6. Besi
  7. Tembaga dan selenium

Selain nutrisi diatas pun molase mengandung sukrosa yang tinggi, kurang lebihnya 48-55% alhasil bisa digunakan untuk bahan baku yang bagus seperti industri fermentasi, MSG, Asam Sitrat, Etanol & Gasohol.

Fungsi Molase

Fungsi tetes tebu untuk kebutuhan sehari-hari

Umumnnya tetes tebu atau molase dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pakan frementasi baik kambing, ayam, sapi dan sejenisnya. Hal ini karena banyaknya manfaat yang diperoleh dengan menggunakan molase. Beberapa fungsinya lainnya seperti berikut ini :

  • Bahan fermentasi pakan ikan, ayam, sapi & kambing
  • Pupuk pertanian
  • Campuran industri kontruksi
  • Bahan tambahan makanan atau farmasi
  • Pengolahan limbah cair

Kurang lebih ada 8-10 manfaat yang didapat atas penggunaan tetes tebu. Selain demikian pemanfaatan molase ini juga digunakan sebagai bahan pemanis, sebagai contohnya membuat kue, kecap manis dan wafer.

Sedangkan dalam pengolahan limbah industri berfungsi menetralisir limbah cair supaya tidak mencemari lingkungan sekitar bahkan dipercaya bisa mengurangi efek bau dari limbah cair tersebut.

Efek Samping Molase

Disisi lain atas penggunaan molase yang mengkaidahkan takaran bisa berimbas yang tidak baik untuk diri sendiri maupun hewan ternak. Maka dari itu mari kita sama-sama ketahui dampak buruknya juga.

Beberapa bahaya yang berdampak atas pemberian tetes tebu dengan jumlah berlebihan dapat menimbulkan penyakit seperti gangguan reproduksi, diare, dan ketosis subklinis. Maka dari itu alangkah baiknya mencegahnya daripada mengobati cukup dengan menggunakan sesuai takaran unggas sobat. Untuk sapi batas konsumsinya ialah 15% dari campuran bahan pakan.

Harga Molase Terbaru

Harga Molase/Tetes Tebu Murni

Harga molase sangat beragam hal ini juga dilandasi beberapa faktor pendukung yang menyebabkan perbedaan harga. Contohnya sulit menemukan pabrik gula, jauh dari perkotaan dan sarana transportasi umum sulit menjangkau wilayah tersebut.

Akan tetapi sekaran sobat bisa membuatnya sendiri atau membelinya ditoko online indonesia yang menyediakan molase. Berikut beberapa harga molase versi duniabinatang.net :

NomorVolume MolaseHarga Molase/Tetes Tebu Murni
1.500 ML - 1 LiterRp.13.000-20.000
2.5-7 Liter/JerigenRp.55.000-100.000
3.10 KGRp.125.000-150.000
4.1 Jerigen (25 Liter)Rp.265.000-300.000
5.30 KGRp.600.000

Perlu diketahui bahwa molase murni mengalami kenaikan harga, bahwa yang awalnya 1 liter hanya rp.10.000 kini menjadi Rp.13.000 hingga 20.000. Selain itu kualitas yang murni sangat bagus untuk manusia maupun hewan ternak. Oleh karena itu jangan gegabah dalam melakukan transaksi.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar cara membuat molase sederhana, semoga dengan adanya wawasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply