7673

โˆš Ayam Bangkok Hitam Kumbang

Ayam bangkok hitam kumbang merupakan salah satu ayam dengan banyak ciri khas bulu hitam mengkilap dan memiliki beberapa nama seperti lar kumbang atau jragem. Selain itu dibeberapa deaerah tertentu mempunyai nama yang berbeda-beda.

Karakteristik yang unik ini menjadi keistimewaan pada ayam lar kumbang. Menurut mitos yang beredar di masyarakat ayam rawis hitam ini masih dipercaya mempunyai kelebihan dan kekurangan secara magis. Tentunya ada sudut pandang ini membuat pro dan kontra khususnya para pecinta ayam katuranggan.

Katuranggan sendiri merupakan kelebihan pada ayam yang tidak pada umumnya. Klasifikasi dari ayam katuranggan dapat dispesifikkan berupa ciri tubuh, kaki, sisik, warna bulu, dan ekor ayam.

Dalam kesempatan yang baik ini kami akan memberikan pemaparan terkait ayam hitam. Apa saja yang menjadi daya tarik hewan ternak ini, langsung saja simak daftarnya dibawah berikut :

Ayam Bangkok Hitam Kumbang

ayam bangkok hitam

Ayam kumbang merupakan jenis ayam dengan karakteristik seluruh bulunya berwarna hitam beserta rawisnya. Tidak semua ayam bangkok dijadikan ayam aduan oleh pemiliknya. Karena ada pula para penghobi yang lebih suka untuk sekedar dipelihara ataupun dikembangbiakan.

Bahkan kini ada juga pecinta ayam bangkok hias ekor lidi yang sangat booming dinusantara. Alhasil tak heran kalau warna tertentu kerap dicari oleh para peternak ataupun penghobi. Sebagai contoh warna bulu ayam wiring kuning, wangkas, blorok madu, putih & hitam sangat menjadi idaman.

Salah satu keistimewaan ayam hitam yakni postur tubuh yang gagah bentuk kepala sampai ekor selaras dan tinggi ayam sangat ideal. Maka dari itu tak heran kalau harga ayam jragem selalu mahal baik jual beli online ataupun offline. Faktor utamanya adalah warna ayam yang amat langka dan tidak mudah untuk mendapatkan anakan yang sama bahkan lebih bagus.

Agar sobat dunia binatang semakin berpengalaman dalam memilih ayam hitam kumbang. Kami ada beberapa referensi untuk mengetahui ciri fisiknya, antara lain sebagai berikut ini.

Ciri-Ciri Ayam Bangkok Hitam

Ayam lar kumbang

Seperti namanya istilah kumbang sendiri memiliki makna berwarna hitam gelap. Namun kalau kita pelajari lebih mendalam lagi ternyata ada karakteritstik tertentu terkait katuranggan ayam jragem. Oleh maka dari tak semua ayam hitam mempunyai katurangga jragem.

Lar kumbang atau jragem merupakan ciri khas pada ayam bangkok hitam. Apa sih yang menjadi perbedaan utama antara ayam bangkok hitam biasa dengan yang mempunyai katuranggan. Daripada semakin bingung simak daftarnya berikut :

  • Tidak terdapat warna selain hitam
  • Semua bagian tubuh ayam yang ditumbuhi bulu bercorak hitam
  • Terlihat mengkilap hitam dengan paduan hijau/biru ketika terkena cahaya terang
  • Penyebutan tembus dikarenakan warna mata, kaki, paruh seirama dengan bulunya

Itulah sedikit penjelasan terkait ayam kumbang, kalau warna rawisnya berupa kemerahan dengan di ikuti kaki paruh dan matanya hijau kebiruan itu masyarakat indonesia menyebut dengan ayam wiring galih.

Kelebihan Ayam Bangkok Lar Kumbang

kelebihan ayam bangkok kumbang

Sejatinya ayam hitam sama saja dengan jenis ayam bangkok lainnya. Karena termasuk yang susah untuk mencetaknya maka menjadi keistimewaan dibandingkan warna ayam pada umumnya. Bahkan tak sedikit botoh ayam yang memuji kelebihan di arena pertarungan ayam.

Akan tetapi tidak sekedar dijadikan ayam aduan, ayam lar kumbang tetap bisa dinikmati keistimewaannya walau tanpa bertarung. Salah satunya dijadikan hewan peliharaan hias atau kembang latar. Adapun beberapa sudut padang yang beragam perihal kelebihan ayam bangkok hitam.

  • Mempunyai penampilan gagah dan wibawa
  • Warna bulu yang langka dan sulit dicari
  • Memiliki beragam gaya bertarung, tergantung dari jenis dan kualitas trahnya
  • Termasuk ayam kontrol dan serangan pukulan keras mematikan lawan
  • Berdasarkan mitos yang beredar ayam ini banyak ditakuti banyak ayam
  • Struktur tulangan padat dan besar
  • Bisa dijadikan ayam hias ataupun aduan

Harga Ayam Bangkok Hitam Kumbang

harga ayam bangkok lar kumbang

Perkembangan teknologi yang sangat cepat membawa dampak baik bagi peternak ayam. Salah satunya aspek penjualan ataupun mencari materi dengan kualitas yang terbaik. Namun ada beberapa hal mesti diketahui yakni dari harga ayamnya yang bisa mencapai ratusan juta.

Hal ini pun berlaku pada ayam bangkok hitam kumbang. Sebab termasuk jenis warna langka dan menarik ini membuat harganya cukup mahal. Apalagi didukung keserasian warna dan kualitasnya diatas rata-rata, maka dari itu sangat mungkin harganya sangat melambung tinggi.

Setidaknya anakan ayam kumbang harganya dari 100.000-500.000 usia 1-3 bulanan. Sedangkan teruntuk ayam jagonya dapat mencapai 1-10 jutaan. Contohnya ayam ekor lidi hitam tentunya harganya sangat fantastis. Faktor pendukung harga umumnya adanya kontes hias ataupun laga dan kualitas ayam tersebut.

Demikianlah rangkaian informasi terkait ayam bangkok hitam kumbang yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan adanya pemaparan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply