1
94

√ Obat Anak Ayam Kedinginan

Obat anak ayam kedinginan harus diatasi dengan cekatan, karena kalau terlambat resikonya sangat besar. Sejatinya hal ini wajib diterapkan kepada semua peternak ayam. Khususnya bagi sobat yang menggeluti bidang pembesaran ayam pedaging broiler, ayam kampung super dan ayam petelur.

Meskipun kedinginan adalah gejala penyakit yang sifatnya umum dan wajar terjadi namun hal ini dapat menjadi momok yang sangat menakutkan teruntuk peternak yang memelihara DOC. Selain itu sebagian besar masyarakat pun masih menganggap remeh dari suhu dingin.

Oleh sebab itu ketika musim hujan tak heran bila ayam dari peternak rumahan banyak yang tumbang dan pada akhirnya mati mendadak. Untuk mengetahui faktor-faktornya, sobat semuanya bisa terus membaca secara lengkap pemaparan dibawah berikut :

Penyebab Anak Ayam Kedinginan

Penyebeb ayam kedinginan

Faktor utama dari kedinganan pada ayam kecil maupun dewasa umumnya dilandasi tidak seimbangnya suhu kandang dan kelembaban yang berubah-ubah dikarenakan perubahan cuaca.

Sesungguhnya ada batas minimum dan maksimum bagi anak ayam supaya pertumbuhan dan perkembangan dapat maksimal. Namun jika tidak sesuai standar, dapaknya ayam menjadi kedinginan dan bulunya menjadi kusam serta tak nafsu makan.

Bila mana hal demikian menyerang anak ayam sobat dunia binatang, maka segeralah untuk menanganinya agar bisa dikondisikan dan kebugaran anak ayam kembali seperti sedia kala. Pemberian vitamin saat musim hujan juga berperan penting dalam meningkatkan imunitas anakan ayam.

Ciri-Ciri Anak Ayam Kedinginan

ciri khas ayam kedinginan

Lalu bagaimana mengetahui secara pasti ketika anakan ayam kedinginan? Apakah benar ada ciri khasnya, misalkan dari gerak gerik, bulu dan aktivitas sang ayam. Memang betul demikian sobat, jadi kurang lebihnya seperti berikut ini.

  • Nafsu makan menurun walau sudah dicoba dengan berbagai jenis pakannya
  • Aktivitas ayam lebih dominan diam dan meringkuk merasakan dingin.
  • Anak ayam akan menurunkan bulu sayapnya alias terkulai dimana tidak sesuai dengan kondisi biasanya.
  • Suhu dingin akan membuat ayam bergerombol untuk mendapatkan suhu hangat yang dibutuhkan oleh anak ayam
  • Pada daerah dingin bulu ayam sulit mengkilap, namun malah bergelombang dan nampak kusam.
  • Raut kepala ayam menjadi pucat dan kaki dipegang terasa dingin
  • Ciri-ciri lainnya yaitu anak ayam akan bersin, jika sudah cukup parah akan mengeluarkan cairan dihidungnya dan kotoran mayoritas berwarna merah seperti halnya darah melapisi kotoran anak ayam.

Dalam kasus yang lebih parah biasanya setelah 2-4 hari aka anak ayam kemungkinan besar akan mati karena kedinginan dan kurang asupan pakannya. Mungkin terlihat sepele, tapi kalau dibiarkan dampaknya cukup mengerikan bagi peternak ayam. Sebab kerugiannya lumayan banyak dikarenakan kecerobohan sendiri.

Obat Anak Ayam Kedinginan

Obat alami anak ayam kedinginan

Musim dingin tidak bisa dihindari namun untuk mengatasi hal seperti ini sobat semua dapat dijadikan obat untuk anak ayam kedinginan ataupun yang sudah dewasa. Media pengobatan sangat beragam ada yang tradisional atau membeli yang siap saji ditoko pakan ternak.

Memang suhu dingin cenderung terjadi ketika mau pergantian musim dan musim hujan. Maka dari itu sudah menjadi kewajiban bagi peternak hewan untuk mengetahui guna bisa menanganinya terhadap ternaknya. Jika belum menemukan solusinya, kami ada dua versi seperti dibawah berikut.

Obat Alami Anak Ayam Kedinginan

Anak ayam yang baru menetas secara otomatis belum bisa mencerna beragai obat. Tetapi kami ada rekomendasi supaya anakan tak merasakan kedinginan meski kondisi lingkungan tidak menentukan.

Jadi tips ini kembali lagi menerapkan ramuan tradisional untuk jamu ataupun obat herbal baik memacu pertumbuhan dan menjaga kekebalan anak ayam. Lalu apa saja bahan-bahan yang diperlukan? Inilah cara pembuatan dan bahan baku yang wajib disiapkan.

  • Kencur
  • Jahe
  • Gula Jawa/Aren

Untuk meramu obat alami ini sobat bisa dengan menghaluskan semua bahan. Kemudian setelah selesai siapkan air dalam panci dan tuangkan ramuan tersebut dan panaskan hingga air mendidih. Sesudah itu diamkan sampai hangat atau dingin.

Langkah-langkah pemberiannya bisa dijadikan air minum anak ayam atau dicampur dengan ransum pakan. Bila diberikan dalam kondisi air alangkah baiknya disaring terlebih dahulu dan jangan banyak-banyak karena setelah 24 jam ramuan ini kurang bagus kalau masih diberikan kepada anakan ayam.

Pemberian yang kedua ini dicampur dengan ransum yang pada umumnya anakan usia 1 bulan lebih karena menerapkan ransuman basah. Sobat bisa memberikan setiap hari atau 2 kali salam satu pekannya untuk mengantisipasi ayam kedinginan.

Obat Anak Ayam Kedinginan Modern

Lalu cara mengobati anak ayam kedinginan kedua ini mengaplikasikan obat yang bisa dibeli toko pakan ataupun toko online. Ada beberapa referensi yang kami persiapkan sebagai contoh anak ayam yang tidak nafsu makan, pilek/CRD & ayam lesu ngantuk.

Obat Ayam Therapy

Therapy merupakan obat yang diproduksi oleh pt.medion, bentuk obat ini berupa serbuk yang mana dilarutkan dengan air. Kini sudah tersedia berbagai kemasan jadi sangat rekomendasi untuk mengatasi anak ayam yang kedinginan.

Kombinasi oytetrasiklin da amprolium serta vitamin A&K sangat efektif memnyembuhkan kolera, koksidiosis, korisa, pullorum, CRD dan synovitis. Harganya pun sangat bersahabat jadi kalau bisa lebih baik menyiadakan beberapa bungkus supaya dapat digunakan sewaktu-waktu.

Obat Anak Ayam Sakit Tidak Mau Makan

Berikutnya ini digunakan dikala anakan ayam malas makan nama dari obat ini Aminolyn Plus. Jadi secara detailnya merupakan obat penambah nafsu makan bentuknya kapsul ada yang isi 10 dan lebih. Khasiat dari aminolyn untuk memulihkan kondisi fisik habis sakit, memperbaiki kondisi ayam terbelakang dan menambah daya tahan tubuh.

Kompisinya terdapat vitamin B1, B6, B12 dan curcuma zantherrisa. Aturan yang direkomendasikan yakni anak ayam 1 kali sehari dan ayam dewasa 3 kali sehari. Andaikan rumah sobat jauh dari perkotaan bisa membelinya di marketplace shopee. Untuk segi harga menurut kami murah karena cukup dengan Rp. 10.000 saja belum sama ongkos kirimnya.

Obat Ayam Lesu Ngantuk

Dampak dari anak ayam kedinginan salah satunya yaitu menjadi lesu mengantuk. Maka dari itu cara mengatasinya sobat dapat memberikan obat berupa Tetrafein. Khasiat dari penggunaan obat ini yaitu mengobati ayam sakit berak kapur ataupun hijau. Bahkan dipercaya membasmi penyakit snot & CRD juga.

Maka dari itu obat ini direkomendasikan teruntuk anakan ayam yang usianya minimal 2 bulan. Dosis pemakaian yang baik yaitu 2 kapsul/hari dan rutin diberikan selama 3-5 hari. Harga tetrafein yang 1 strip isi 10 kapsul kurang lebihnya 5.000 saja, jadi murah banget dan bisa diperoleh toko online juga.

Cara Mencegah Anak Ayam Kedinginan Alami

Cara mencegah anak ayam kedinginan

Anak ayam cukup rentan terhadap perubahan suhu apalagi dimusim penghujan. Untuk mencegahnya sobat harus memastikan bahwa anakan itu masih dirawat induknya atau disapih yang dipelihara dalam box khusus anakan. Karena hal ini juga berpengaruh untuk perawatannya.

Langkah pertama sobat memilih kandang untuk anakan yang sudah sesuai, contohnya bahan dan rongga udara yang keluar masuk. Kemudian dari potensial suhu dalam kandangnya harus sesuai baik kehangatan dan sirkulasinya. Air minum jangan teralu diberikan banyak dan lebih baik diberikan larutan air gula jawa secukupnya.

Selanjutnya dari alas kandang juga wajib diperhatikan. Karena kandang yang ditempatkan diluar ruangan rawan akan air hujan dan hal ini bisa menyebabkan bau amoniak yang sangat menyengat dan akhirnya anak ayam mudah terkena penyakit hingga kematian.

Kesimpulan untuk pencegahan adalah dari aspek perawatan dan menjaga kebersihan kandang supaya anak ayam tidak kedinginan dan mudah sakit. Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar obat anak ayam kedinginan versi dunia binatan. Semoga bermanfaat untuk kita semua sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply