7
1806

√ Tips Mengawinkan Ayam Satu Keturunan

Mengawinkan ayam satu keturunan yang hubungan darahnya dekat umumnya rawan akan kelemahan kekebalan tubuh dan kecacatan pada fisiknya. Memang secara teori dan faktanya demikian, lalu apakah sobat tidak bisa mengembangkan teknik perkawinan ini pada unggasnya?

Seiring berkembangnya teknologi maupun dunia hewan ternak, tips mengawinkan ayam berkualitas bisa dilakukan dari satu keturunan saja. Dalam artian tetap mengedepankan keilmuan ternak, supaya hasil anakan tetap bermutu dan tidak mudah sakit dengan keadaan sekitar.

Agar semuanya dapat bersinergi pastinya ada beberapa hal yang mesti dilakukan seperti menyeleksi calon penyilangan, menganalisis hasil anakan, kelebihan dan kekurangan serta ketahanan terhadap cuaca yang tidak menentu. Sobat dapat mempelajarinya cukup dengan memperhatikan penjelasan dibawah berikut ini :

Cara Mengawinkan Ayam Satu Keturunan

Tips mengawinkan ayam satu keturunan

Berdasarkan ilmu pengetahuan genetika perkawinan sedarah atau incest merupakan sistem perkawinan dua individu yang memiliki hubungan erat secara garis keturunan. Jadi kedunya itu merupakan hasil dari perkawinan yang berasal dari satu nenek moyang.

Jadi untuk menerapkan pola ini harus dilandasi beberapa faktor pendukungnya. Misalkan sobat mau beternak dengan metodenya ya sebaiknya jangan satu tetasan. Pernahkah menyadari ayam dikampung yang biasa kita jumpai ketika musim penyakit mudah mati tanpa sebab?

Penyebab utamanya yaitu perkawinan satu tetasan atau tarangan. Sehingga membuat kekebalannya menurun, kecacatan fisik & penyakit genetik langka. Maka dari itu karena satu atap dan lingkungan ketika dewasa bercampur yang tanpa disadari terjadilah perkawinan sedarah. Alhasil dikala perubahan musim menyebabkan imun lemah dan mati mendadak secara bersamaan.

Langkah paling tepat untuk memperkuat genetik satu pejantan bisa dengan menerapkan dua indukan yang salah satunya bukan satu darah. Nantinya setelah seleksi yang ketat sobat dapat mengawikannya anak-anaknya. Tujuan utamanya ialah mengentalkan gen dari pejantan. Misalkan ingin lebih bagus lagi mencari indukan berkualitas dari luar ternakan kita, namun disisi lain tetap mengetahui kualitasnya agar dominan hasil anakannya.

Kelemahan Perkawinan Ayam Sedarah

Kekurangan ayam hasil perkawinan sedarah

Setelah membaca dengan detail penjelasan diatas, selanjutnya kita akan belajar lebih dalam terkait kekurangan pada perkawinan ayam sedarah. Memang sistem inbreed ada plus minusnya, mungkin sebagian dari sobat sudah mengalami hal-hal seperti dibawah berikut ini :

  • Mental kurang bagus
  • Antibodi lemah
  • Kecacatan fisik
  • Mudah cidera
  • Badan kecil

Jadi beberapa contoh yang telah kami sebutkan merupakan resiko dalam perkawinan ayam sedarah. Tetapi tidak semuanya perkawinan inbreed tak pasti anak-anaknya menjadi cacat. Kurang lebihnya demikian perihal kelemahan dalam perkawinan sedarah.

Keunggulan Ayam Perkawinan Satu Keturunan

Kelebihan ayam perkawinan satu keturunan

Istilah perkawinan sedarah disebut juga inbreed yang mana kedua individu mempunyai hubungan darah yang dekat. Tujuan utama inbreed dalam dunia ternak ialah menguatkan atau mempertahankan gen keunggulan dari pejantan.

Mengapa demikian? Yakni bila mengaplikasikan crossbreed belum tentu mewarisi gen dominan pejantan. Maka dari itu munculah ide teknik perkawinan sedarah. Meski secara ilmu kedokteran tidak bagus, tapi tidak seluruhnya juga bakal jelek. Inilah contoh kelebihan dalam sistem inbreed :

  • Menciptakan genetik unggulan dari satu keturunan
  • Fenotipe, pola bertarung, karakter dominan ke pejantan
  • Regenerasi ciri khas ayam terbaik dikandang
  • Harga jual cukup mahal
  • Jarang yang memilikinya
  • Sulit ditiru cara beternaknya

Nah demikianlah kurang lebih dari kelebihan mengawinkan ayam satu keturunan yang bisa dunia binatang sampaikan kepada sobat semua. Semoga dengan adanya pengetahuan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply