4
163

โˆš Manfaat Kunyit Untuk Ayam Aduan

Manfaat kunyit untuk ayam aduan apakah benar adanya? Hai sobat dunia binatang, perlu diketahui bahwa tanaman herbal ini ternyata bisa digunakan selain menjadi bumbu memasak serta jamu tradisional.

Bagi peternak ayam yang sudah lama pastinya tidak asing dengan kunyit ini sebagai salah satu bahan alami yang diberikan pada ayam peliharaannya. Selain itu cara pemberian kunir untuk ayam para penghobi memiliki cara yang beragam, pastinya dengan hal ini akan menambah wawasan diri kita dalam beternak ayam.

Jika beberapa waktu lalu kita sudah mempelajari mengenai jamu meningkatkan nafsu makan ayam. Maka pada kesempatan kali ini kita akan mendalami mengenai khasiat kunyit untuk ayam bangkok ataupun aduan. Bagaimana keseruannya, yuk simak pemaparannya dengan lengkap dibawah berikut.

Dosis Pemberian Kunyit pada Ayam

Dosis kunyit untuk ayam

Pemberian jamu herbal memang sudah berlangsung sangat lama dan aktivitas seperti ini sifatnya turun temurun entah dari ayam kampung dan ayam hias hobi serta aduan. Tujuan dari memberikan kunyit setiap peternak memiliki pendapat masing-masing dan bukan menjadi hal yang salah.

Pasalnya kunyit mempunyai kandungan yang cukup lengkap guna menjaga nafsu makan dan stamina ayam tetap dalam kondisi yang baik. Akan tetapi alangkah baiknya lagi bila pemberian kunyit ini bisa lebih maksimal maka gunakanlah cara serta dosis yang benar. Jika sobat kebingungan, yuk simak penjelasannya dengan baik-baik.

Dosis ekstrak kunyit untuk ayam dalam penerapannya yaitu 3% dari total berat pakan. Jika sobat memberikan kunir langsung untuk anakan yakni 1/2 ruas usia dibawah 3 bulan. Sedangkan yang dewasa yakni 1-2 ruas jari.

Cara Memberikan Kunyit pada Ayam

Cara memberikan kunyit pada ayam

Selanjutnya tips memberikan kunyit dapat kita klasifikasikan menjadi beberapa metode. Contohnya campuran pakan/minum, diberikan langsung dan dioleh terlebih dahulu menjadi jamu. Keberagaman cara ini sebagai opsi yang memudahkan kita dalam pemberian kunyit pada hewan peliharaan.

Mungkin diantara kita sering menggunakan kunyit sebagai ramuan herbal ayamnya akan tetapi masih asal-asalan atau dengan takaran logikanya saja. Oleh sebab itu pembuatan ekstrak atau serbuk kunyit adalah pilihan sederhana mengubah kunyit agar dapat lebih awet dan aman digunakan sewaktu-waktu.

Bilamana sobat merasa aktivitas sehari-hari sangat sibuk dan tak bisa meluangkan waktu mengolah kunyit. Dengan hal ini kami anjurkan membeli di online shop atau sekitar pasar daerah sobat. Jadi permasalahannya akan mendapatkan titik temu tanpa repot-repot mengolahnya sendiri.

Manfaat Kunyit untuk Ayam Aduan

Manfaat kunyit untuk ayam

Khasiat dari kunyit memang tidak diragukan lagi dan bahkan sampai seantero nusantara hampir pernah semuanya memanfaatkannya sebagai penambah kesehatan serta obat hewan peliharaan yang sakit.

Maka dari itu kita sebagai penghobi atau peternak yang selalu berkecimpung dari ayam ataupun burung sudah sewajibnya mengetahui manfaatnya. Namun tidak perlu resah sobat, sebab akan kami berikan daftarnya seperti dibawah berikut :

  • Meningkatkan ketahanan daya tubuh ayam
  • Stamina semakin bertambah bagus
  • Memacu nafsu makan ayam menjadi lahap
  • Sistem pencernaan ayam menjadi lancar dan sehat
  • Antibiotik ayam alami
  • Media pengobatan luka luar dalam
  • Sisik dan kulit ayam aduan lebih kuat
  • Menjadikan ayam semakin aktif dan agresif
  • Mencegah pembekuan darah ayam aduan
  • Menjaga kesehatan kulit ayam dari hama kutu bulu dan darah
  • Sebagai obat ngorok dan kurap ayam tradisional

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan kepada sobat dunia binatang perihal manfaat kunyit untuk ayam aduan. Semoga dengan adanya pemaparan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply