2506

โˆš Manfaat Kacang Hijau untuk Ayam Aduan

Manfaat kacang hijau untuk ayam aduan bukan menjadi rahasia umum lagi pasalnya kacang yang kaya akan vitamin ini seringkali dikonsumsi oleh manusia dalam bentuk bubur ataupun olahan makanan berupa onde-onde ataupun bakpia. Namun selain itu ternyata kacang hijau juga bagus untuk kesehatan ayam peliharaan khususnya ayam peliharaan.

Apakah sobat sudah mengetahui kandungan beserta khasiat dari mengkonsumsi kacang hijau ini apabila diaplikasikan pada ayam aduan? Jika belum kebetulan sekali pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi lengkapnya.

Tanaman ini juga terkenal dengan berbagai sebutan seperti mung bean, green gram dan golden gram. Sedangkan nama ilmiahnya sendiri Vigna Radiata L dan digunakan sebagai pengganti nasi. Daripada semakin penasaran, yuk simak pemaparan detailnya sebagai berikut.

Kandungan Gizi Kacang Hijau

Kandungan gizi kacang hijau

Setiap 100 gram kacang hijau memiliki beragam kandungan zat gizi yang sangat bagus sekali untuk kesehatan tubuh manusia ataupun hewan. Maka dari tidak heran kalau kacang hijau dijadikan sumber pangan setelah nasi.

Jadi untuk pemberian kacang hijau bisa diatur dengan porsi 100 gram. Dengan demikian kebutuhan nutrisi selain dari makanan pokok seperti dedak dan konsentrat dapat dimaksimalkan juga dengan kacang hijau. Sementara kandungan gizi yang tertera seperti daftar dibawah ini.

  • Protein 23 gram
  • Energi 323 kkal
  • Karbohidrat 56,8 gram
  • Lemak 1,5 gram
  • Serat 7,5 gram
  • Kalsium 223 miligram
  • Fosfor 7,5 miligram
  • Vitamin A (karoten) 223 mikrogram
  • Vitamin B1 (thiamin) 0,5 miligram
  • Riboflamin ( vitamin B2) 0,15 miligram
  • Niasin ( vitamin B3 1,5 miligram
  • Vitamin C 10 miligram
  • Kalium 816 miligram
  • Zinc 2,9 miligram
  • Besi 7,5 miligram

Cara Mengolah Kacang Hijau untuk Ayam Aduan

Cara mengolah kacang hijau

Kemudian untuk tahap berikutnya adalah pengolahan kacang hijau sebelum diberikan pada ayam aduan. Setidaknya terdapat 3 metode untuk mengolahnya, adanya alternatif ini secara khasiat tidak jauh mengurangi manfaat kacang hijau untuk ayam. Selain itu juga bisa menjadikan makanan pembentuk otot ayam aduan muda.

Sehingga sobat tidak perlu pusing-pusing ataupun bimbang apabila mau memberikan kacang hijau sebagai makanan ayam. Bahkan air rebusan dari kacang hijau sama bagusnya untuk dicampurkan dengan ransum pakan ayam basah. Alhasil tidak ada yang terbuang sia-sia dari mengolah kacang hijau.

Untuk yang masih awam sekali dengan pengolahan tumbuhan kacang-kacangan ini, dengan demikian akan kami rekomendasikan supaya mengolahnya menjadi 3 cara seperti dibawah berikut.

  • Memberikan lansung biji kacang hijau
  • Merebus kacang hijau menjadi bubur atau adonan bertekstur
  • Mengolah menjadi kecambah/tauge

Cara Pemberian Kacang Hijau Pada Ayam

Tips pemberian kacang hijau untuk pakan ayam

Sedangkan metode memberikan kacang hijau ini tidak ribet alias bisa dikombinasikan dengan makanan tambahan ayam seperti tempe, beras merah, jagung dan voer. Karena pada dasarnya untuk diberikan sebagai menu tambahan, jika memiliki stok melimpah baru sobat berikan menjadi campuran ransum pakan keseharian ayam-ayamnya.

Bahkan kalau untuk ayam pemacek dan induk betina diberikan olahan kacang hijau berupa kecambah justru bagus banget untuk merangsang produktivitas ayam. Alhasil kualitas telur dan pembuahan dari ayam jago dapat dengan maksimal.

Jika sobat membuat ransum pakan ayam aduan anti dengan campuran nasi, maka sobat dapat menggantikannya dengan bubur kacang hijau supaya mendapatkan asupan serat. Memang hingga saat ini penggunaan kacang hijau cukup langka karena memiliki manfaat dan nilai jual yang relatif mahal.

Oleh sebab itu kalau sobat sebagai pedagang kecambah atau produsennya produk yang gagal ini bisa dialihkan untuk campuran makanan ternak untuk memangkas resiko rugi dari bisnis sobat. Nah itulah sedikit gambaran mengenai memberikan kacang hijau pada ayam aduan versi dunia binatang.

Manfaat Kacang Hijau untuk Ayam Aduan

Khasiat kacang hijau untuk ayam aduan

Kegunaan kacang hijau sebagai pakan ternak merupakan jalan alternatif yang masih terjangkau. Karena untuk sekarang beras merah dan jagung menjadi makanan ayam yang harganya paling tinggi selain dari konsentrat. Dengan terobosan ini pastinya bisa membantu memangkas cash flow dari pengeluaran pokok pakan setiap bulannya.

Ngomong-ngomong manfaat kacang hijau untuk ayam aduan, apakah sudah teruji untuk pelaku ternak ayam di Indonesia. Sebenarnya banyak, hanya saja tidak semua orang bisa menyampaikannya ke media sosial. Alhasil kami membantu sobat untuk menemukan informasinya. Inilah khasiat dari kacang hijau versi duniabinatang.

  1. Meningkatkan produktivitas ayam betina
  2. Menambah gairah dan kualitas pembuahan ayam pemacek
  3. Menyuplasi makanan berupa serat yang menyehatkan usus dari virus ataupun cacing pita
  4. Menjaga metabolisme dan daya tahan karena adanya kalium, magnesium, kalsium dan zat besi dari setiap 100 gram kacang hijau yang dikonsumsi
  5. Memerkuat stuktur badan beserta kepadatan tulang hal ini terdapatnya peran fosfor dan kalium pada kacang hijau
  6. Ketahanan fisik ayam aduan semakin meningkat baik dari akurasi pukulan dan tahan akan gebrakan lawan. Sebab ayam sudah diberikan kacang hijau dari usia dini.
  7. Menyehatkan jantung ayam, kandungan lemak dalam gizi kacang hijau sangatlah aman untuk diberikan setiap hari pada ayam aduan.
  8. Mencegah resiko penyakit hati ayam, hati adalah salah satu organ dalam tubuh yang bisa terkena infeksi virus karena beberapa penyakit. Dengan memberikan kacang hijau ini dapat menekan resiko penyaki. Bahkan akan melindungi hati ayam.
  9. Membantu proses pertumbuhan anak ayam menjadi lebi cepat dan kuat
  10. Kesehatan kulit ayam aduan merupakan prioritas hal ini karena kehidupannya akan berkontak langsung dengan pertarungan
  11. Menurunkan tekanan darah ayam aduan untuk tetap seimbang.
  12. Menjaga kestabilan bobot ayam aduan rawatan.

Jadi bagaiman pendapat sobat mengenai pemanfaatan kacang hijau untuk dijadikan makanan ayam peliharaan. Kalau sudah mengaplikasikannya, yuk kirim komentarnya dibawah artikel ini, biar sobat lainnya semakin yakin atas kelebihan dan kekurangan pakan kacang hijau. Sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply