2403

โˆš Manfaat Tempe Untuk Ayam Bangkok

Manfaat tempe untuk ayam bangkok sudah pastinya ada, makanan yang terbuat dari bahan kedelai ini memang memiliki sejuta manfaat dan salah satu makanan favorit bagi masyarakat indonesia. Pengolahan tempe yang bisa dijadikan beberapa olahan ini menjadi daya tarik tersendiri untuk memberikannya pada hewan peliharaan.

Ayam bangkok adalah ayam hobi ataupun hias yang paling banyak dipelihara selain ayam kampung. Karena termasuk dalam kategori ayam aduan juga maka tidak heran bila sang peternak memberikan gizi tambahan dari makanan ayamnya.

Namun hingga saat ini belum banyak dari kita yang mengetahui khasiat detailnya pemberian tempe pada ayam aduan. Oleh maka dari itu pada kesempatan yang baik ini kami akan menjelaskan mengenai manfaat tempe pada ayam bangkok.

Apakah Tempe Bagus untuk Ayam?

Kandungan nutrisi pada tempe

Tempe sendiri adalah makanan fermentasi yang terbuat dari kacang kedelai. Hingga sekarang tempe sebagai makanan peneman hidup hampir seluruh orang Indonesia. Cita rasa dan stuktur dari tempe ini sangat lezat dan harganya pun terjangkau sehingga membuat ketagihan setiap orang yang memakannya.

Jika sobat bertanya mengenai bagus tidaknya tempe bila diberikan pada ayam. Maka akan kami cantumkan kandungan nutrisi dari tempe setiap 100 gramnya. Daripada semakin penasaran mari cek penjelasannya dibawah berikut.

  • Air 55 gram
  • Protein 20,8 gram
  • kalori 201 kkal
  • Lemak 8, gram
  • Karbohidrat 13,5 gram
  • Kalsium 155 miligram
  • Serat 1,4 gram
  • Zat besi 4,0 miligram
  • Fosfor 326 miligram
  • Kalium 234 miligram
  • Tembaga 0,57 miligram
  • Niacin 4,9
  • Thiamin 0,19
  • Riboflavin 0,59
  • Bera karoten 0,0
  • Seng 1,7 miligram

Jadi tak heran apabila kita menui kejadian penghobi memberikan makanan tempe pada ayam bangkoknya sebelum diadu. Bahkan juga bagus bila diberikan untuk ayam rawatan sobat baik untuk menguatkan otot ayam serta regenerasi sel yang rusak.

Cara Pemberian Tempe untuk Ayam Aduan

tips pemberian tempe pada ayam

Metode memberikan tempe pada ayam bangkok sama halnya ketika sobat memberikan kacang hijau, beras merah dan jagung. Hanya saja untuk rekomendasi dari kami yakni ada yang lebih akurat untuk mendapatkan manfaat tempe terhadap tubuh ayam bangkok.

Jadi akan sangat bagus bilamana memberikannya ketika ayam habis latihan fisik. Ketika tenaga dan pembentukan kekuatan otot ayam loyo baru sobat berikan tambahan makanan berupa tempe untuk mencukupi protein dan penyegaran kondisi fisik ayam. Selain itu sobat dapat menambahkan seperti jamu atau suplemen ayam lainnya.

Sedangkan untuk dosis yang paling sedikit yakni 100 gram setiap diberikan. Alhasil dalam kurun waktu 1 minggu sobat bisa memberikannya 2-4 kali. Dengan demikian manfaat yang diperoleh dalam tubuh ayam bangkok bisa lebih maksimal penyerapannya.

Manfaat Tempe untuk Ayam Bangkok

Manfaat tempe untuk ayam bangkok

Khasiat tempe pada ayam aduan memang sudah tidak diragukan lagi. Teruntuk sobat duniabinatang yang masih kurang percaya dan belum tau simak daftarnya dibawah ini agar bisa dimengerti dengan mudah.

Jadi pemberian tempe ini dapat dijadikan alternatif pakan tambahan yang alami tanpa mengakibatkan efek yang buruk pada ayam bangkok. Opsi yang bisa sobat lakukan pun mengkombinasikan antara tempe dan gula merah sebagai pakan berprotein tinggi. Manfaatnya memulihkan stamina dan pemulihan pasca bertarung.

Sumber Protein & Vitamin Ayam

Selain memiliki kandungan protein yang cukup banyak pada tempe juga bisa digunakan untuk menyuplai vitamin pada tubuh ayam bangkok. Makanya sangat dianjurkan untuk diaplikasikan pada ayam remaja atau dewasa karena tidak akan membuat ayam kelebihan bobot.

Memperbaiki Sel yang Rusak

Kemudian yang kedua manfaat tempe untuk ayam bangkok yaitu meregenerasi sel tubuh yang rusak. Peran ini karena adanya kelompok protein larut air dan dapat mengaktifkan enzim proteolitik.

Enzim ini akan memecahkan rantai dari protein, alhasil akan dengan mudah dan cepat untuk dicerna oleh sistem pencernaan ayam. Bahkan juga berperan penting untuk pembelahan sel. Jadi imun tubuh semakin meningkat dengan signifigan.

Melawan Radikal Bebas Ayam Bangkok

Tempe karena dibuat dari olahan kadang kedelai ini memang dikenal akan kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Oleh maka dari itu terbentuklah senyawa aktif yang berperan penting atas radikal bebas pada tubuh ayam aduan. Sehingga beberapa sumber penyakit mematikan bisa ditepis dengan pemberian tempe.

Mencegah Osteoporosis

Manfaat tempe yang berikutnya ini mengatasi resiko keroposnya tulang karena kurangnya gizi dan protein pada masa pertumbuhan ayam. Kita ketahui bersama bahwa pondasi awal ayam bangkok atau aduan yaitu fisik yang kuat, untuk itu memberikan tempe adalah pencegahan paling mudah.

Kepadatan tulang yang dibiarkan begitu saja pastinya akan menjadi permasalahan sangat besar. Adanya kandungan kalium dan fosfor pada tempe begitu penting sebagai upaya pencegahan ataupun pemulihan kondisi fisik ayam yang kurang sehat.

Menyehatkan Jantung Ayam Aduan

Kandungan tempe yang beragam ini juga bermanfaat sekali dalam menyehatkan jantung. Hal ini tidak lepas dari peran utama niasin, omega 3 dan 6, oleh dari itu jantung ayam sobat akan tetap sehat.

Mencegah Ayam Anemia

Ayam pucat atau terkena penyakit kuning biasa juga disebut dengan anemia. Memberikan pakan tambahan tempe ini bisa menghindari penyakit yang kerap terjadi pada ayam bangkok dan sejenisnya.

Pemberian tempe ini akan mendapatkan mineral yang beragam pada tubuh ayam sehingga resiko ayam kurang fit dapat dipenuhi oleh makanan dari tempe. Sifat tempe yang mudah diserap oleh sistem pencernaan ayam ini bagus banget dalam upaya mencegah ayam terkena berbagai jenis penyakit.

Menyehatkan Sistem Pencernaan Ayam Bangkok

Lalu manfaat tempe untuk ayam bangkok yang terakhir ini membantu sistem pencernaan semakin baik dan lancar. Zat antibiotik dan antibakteri pada olahan kedelai ini mencegah perkembangan bakteri E.Coli yang umumnya menyebabkan ayam diare dan kolera.

Bahkan tekstur tempe akan serat mendukung sepenuhnya sistem pencernaan tetap dalam kondisi yang sehat. Dengan demikian kondisi kebugaran ayam walau cuaca tidak menentu dapat diatasi dengan cara sederhana.

Demikianlah rangkaian informasi kali ini yang bisa kami sampaikan mengenai manfaat tempe untuk ayam bangkok. Semoga dengan penyampaian diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply