8
193

โˆš Kelebihan Ayam Jengger Kecil

Kelebihan ayam jengger kecil seringkali diabaikan oleh botoh ayam, mungkin faktornya karena kurang nampak garang jadi kurang begitu diminati. Namun perlu sobat dunia binatang ketahui bahwa kalau ayam jengger kecil memiliki banyak keunggulan.

Tips cara mengetahui kualitas ayam bangkok atau aduan sebagian besar peternak maupun penghobi akan mengamati dari keseluruhan fisiknya. Walaupun ini sifatnya teori, tapi sudah banyak yang membuktikannya. Untuk itu bagi sobat yang baru mempelajari memilih ayam laga jangan skip informasi ini.

Selain itu gaya tarung ayam bisa dilihat juga dengan model jengger ayam. Tapi bukan berarti kalau ini sudah pasti benar, karena ada beberapa kasus yang ternyata meleset dari penilaiannnya. Lalu bagaimana supaya mengetahui lebih detailnya, langsung saja kita simak penjelasan dibawah berikut ini.

Mitos Jengger Ayam Kecil

mitos ayam jengger kecil

Ayam aduan yang memiliki ciri khas bentuk atau ukuran jengger kecil biasanya menandakan ayam yang bertarung dengan agresifitas dan gesit. Maka dari itu kalau urusan mental akan selalu unggul dibandingkan yang lain.

Namun umumnya ayam jengger kecil mempunyai ciri khas kepala yang culun. Hal ini juga berlaku tentang mentalnya akan bagus kalau usianya cukup matang. Jadi ibaratnya untuk membentuk mentalnya membutuhkan kesabaran ekstra karena ada treatment guna memaksimalkan potensi ayam tersebut.

Penjelasan ini berupa rata-rata, maka dari itu tidak semuanya dan bukan selalu ayam tipikal jengger kecil selalu muka culun dan telat mentalnya. Karena pada dasarnya memelihara ayam aduan itu tergantung dengan kualitas dan cara perawatannya sang pemilik ayam.

Ciri-Ciri Jengger Ayam Kecil Berkelas

Ayam jengger kecil berkualitas

Karakter dan bentuk jengger ayam tidak terlepas dari faktor keturunan dan genetiknya. Maka dari itu tidak heran kalau ayam yang juara biasanya masih menurunkan visual maupun gaya tarungnya.

Tapi jika berbicara mengenai jengger kecil yang biasanya berkualitas ini cukup kompleks. Pasalnya bentuk dan jenis jengger ayam itu beragam dan banyak juga yang ukurannya kecil. Nah, agar sobat dunia binatang tidak kecewa, oleh sebab itu akan kami berikan contoh karakteristiknya.

  • Bentuk kepala ayam seperti buah pinang
  • Struktur tulang kepalanya padat dan tidak tipis
  • Ciri khas mata bagian atas datar atau rata untuk bagian bawah cekung alias setenga lingkar
  • Ayam memiliki paruh yang tebal namun tajam karena menandakan ayam tipe aktif pukul
  • Jengger ayam ukurannya ideal bukan terlalu besar ataupun jengger wilah

Itulah sedikit ringkasan yang kami ketahui untuk saat ini mengenai ciri jengger ayam kecil yang bagus. Tetapi bukan sebuah jaminan ya sobat, karena namanya makhluk hidup pastinya tidak selalu bisa menjamin. Kecuali kalau sobat membelinya dengan bukti abaran atau bertarungnya.

Gaya Tarung Ayam Jengger Kecil

pola tarung ayam jengger kecil

Mengenai gaya tarung ayam aduan berjengger kecil ini cukup unik sobat. Walaupun kalau diamati keseluruhan pada bagian kepala nampak lucu, hal ini karena ukuran jenggernya kecil. Tapi kalau ukuran ayam sedang masih cukup bagus sih menurut kami.

Gaya tarung merupakan ciri khas pada ayam aduan untuk mengetahui kinerja dan kekuatannya. Ketika sudah mengetahui kelebihan dan kekurangannya maka sobat bisa menentukan mana lawan yang bisa dikalahkan atau tidak. Sebab selain dari bobot dan ukur gaya pertarungan pun cukup dipertimbangkan dalam arena laga.

Kebanyakan ayam berjengger kecil memiliki karakter agresif atau aktif. Selain itu juga lincah untuk menghindari ataupun mencari peluang memukul lawannya. Bahkan dari kekuatan mentalnya bagus untuk dijadikan materi andalan kandang sobat. Namun paling penting dalam memilih ayam aduan yaitu fakta dilapangan bukan sekedar teori saja.

Bila sobat mencari materi berkualitas ayam jengger kecil dengan ini kami rekomendasikan seperti ayam aseel, shamo & plucker. Ayam aduan modern ini sudah terbukti kualitasnya walaupun sudah disilangkan dengan ayam jenis bangkok klasik atau sejenisnya.

Kelebihan Ayam Jengger Kecil

Kelebihan ayam jengger kecil

Keunggulan dalam dunia ayam laga jengger ayam kecil memiliki beberapa keistimewaan saat bertarung. Sehingga tak jarang kalau ayam ganteng dengan jengger ukuran kecil seringkali jadi banyak rebutan banyak orang. Bahkan ada juga yang memeliharanya untuk ayam hias karena bagusnya sang ayam.

Teruntuk sobat yang masih bingung mengetahui kelebihan ayam jengger kecil tidak usah pusing-pusing mencari referensinya. Karena pada kesempatan yang baik ini kami akan membantu memberikan jawaban dari pertanyaan sobat, diantaranya :

  • Memiliki agresifitas bertarung
  • Pergerakan ayam jengger kecil lebih gesit
  • Pandai mencari celah memukul lawan
  • Ayam dominan berukuran kecil hingga sedang
  • Mudah mencarikan musuhnya
  • Sulit dipukul karena jengger ayam kecil
  • Mental ayam sangat mendominasi pertarungan
  • Rata-rata ayam bagus/ganteng secara fisiknya
  • Banyak dijadikan incaran para botoh
  • Menurunkan genetik ke anak-anak ayam

Demikianlah rangkaian informasi kali ini yang dapat kami sampaikan kepada sobat dunia binatang perihal kelebihan ayam jengger kecil. Mudah-mudahan atas adanya penjelasan diatas bisa membantu memberikan jawaban dari pertanyaan sobat selama ini, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply