9
1510

โˆš Pakan Ayam Bangkok Betina Agar Cepat Bertelur

Pakan ayam bangkok betina agar cepat bertelur merupakan solusi yang sederhana untuk memaksimalkan ternak ayam bangkok. Akan tetapi sampai sekarang masih banyak dari temen-temen yang mengalami permasalahan dari pemberian pakan kurang bagus.

Dampaknya pun bukan main, sebab dalam beternak ayam makanan menjadi sumber yang paling berpengaruh untuk menentukan hasil dari ayam. Oleh maka dari itu pemilihan pakan voer atau self mix perlu sobat ketahui dengan semaksimal mungkin.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pemaparan kepada sobat semua untuk pemilihan pakan ayam bangkok bernutrisi tinggi. Supaya tidak ketinggalan informasi lebih detailnya, mari kita sama-sama simak penjelasan dibawah berikut ini.

Berapa Lama Ayam Bangkok Bertelur

Masa ayam bangkok bertelur

Tidak sedikit dari kita yang sering menanyakan bagaimana siklus ayam bertelur? Nah untuk jenis ayam kampung atau bangkok sedikit berbeda dengan ayam petelur. Sebab dari genetik dan penciptaannya memiliki segmen pasar yang tidak sama juga.

Ayam betina dewasa akan memulai bertelur setelah ayam kawin dalam kurun waktu 25-26 sesudah fertilisasi. Sementara masa bertelur ayam yaitu 20 hari dan lama pengeraman 21 hari. Sedangkan waktu mengasuh anak yakni minimal 65 hari.

Bahkan ketika waktu ayam pemulihan atau istirahat ialah 20 hari. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa ayam bangkok mampu memproduksi telur dalam satu tahun bisa 3-4 kali dan sebanyak 21-60 butir.

Hal ini sangat tergantung dari kondisional sang ayam betina, karena ada beberapa kasus ayam setelah mengeram langsung kembali bertelur tanpa menggugurkan bulunya. Jika rata-ratanya yakni 21 butir hingga 30 an telur dalam satu tahun sudah dengan mengeraminya.

Pakan Ayam Bangkok Betina Agar Cepat Bertelur

Pakan ayam bangkok agar cepat bertelur

Bagaimana caranya supaya ayam betina kita ini cepat dalam produksi telurnya. Sesungguhnya ada beberapa metode yang bisa kita lakukan agar ayam bangkok dapat menghasilkan cuan yang cukup menjanjikan. Namun dengan tanda kutip materinya pun tidak asal-asalan ya sob.

Mungkin belum banyak yang tau kalau pakan ayam betina agar cepat bertelur itu sangat membantu dalam budidaya ayam hias atau hobi. Lain halnya beternak ayam komersil seperti ayam broiler dan petelur, pangsa pasar dan harga ayam bangkok lebih tinggi dan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Akan tetapi dalam fakta dilapangan masih banyak sekali yang caranya sangat salah dari awal. Seperti contoh memilih materi, perawatan harian, pemberian vitamin dan obat-obatan lainnya. Maka dari itu kami rekomendasikan teruntuk sobat dunia binatang agar mengaplikasikan tips ini.

Pakan Pokok Ayam Bangkok

Konsentrat merupakan makanan paling berpengaruh dalam pembesaran dan penggemukan ayam.Sampai disini saja kebanyakan memilih serta mengkombinasikan pakan pada ayam banyak sekali yang salah kaprah. Jadi yang bagus itu bagaimana? Aspek ransum pakan tentunya membeli dengan protein tinggi dan sesuai kebutuhan ayam bangkok sobat.

Anjuran kami sendiri merk voer ayam bangkok yang baik itu ada AD 1, 511, 591 & 212. Keempat contoh ini ada beberapa varian yang dikhususkan setiap usia ayam yang berbeda dengan tanda kode akhiran yang berbeda. Sedangkan untuk membuat campuran sendiri tentukan juga dari presentasenya, agar pakan tetap mencukupi ayam.

Sebagai contoh penggunaan voer 20 kg, dedak 40 kg dan jagung giling 10 kg. Adanya gambaran seperti ini pastinya akan lebih menghemat dan kompisisinya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada ayam anakan dan dewasa. Alhasil ayam betina pun dapat produksi dengan lancar.

Pakan Tambahan Alami Ayam Betina

Pakan tambahan alami ayam bangkok betina

Kemudian yang selanjutnya yaitu dengan memberikan asupan pakan tambahan yang notabene alami dan sangat memiliki manfaat untuk menggairahkan ayam betina menjadi lebih cepat bertelur. Memang ada beberapa tanaman yang sudah sangat populer untuk mencukupi nutrisi ayam bangkok diantaranya :

  • Kecambang/Tokolan
  • Kacang Kenari
  • Sayur kangkung
  • Kuaci

Dari keempat diatas ini sangatlah mudah untuk didapatkan. Sehingga sobat tidak perlu pusing-pusing membelinya jauh dari rumah. Bahkan untuk harganya sangat murah, jadi lebih menghemat pengeluaran biaya tambahan untuk beternak ayam bangkok.

Vitamin Agar Ayam Cepat Bertelur

Selain memberikan makanan yang bergizi adakalanya sobat juga tidak luput memberinya vitamin atau suplemen. Sifat dari suplemen ini akan membantu proses pembuahan dari ayam jantan dan berubah menjadi telur fertil nantinya.

Kalau yang paling terkenal itu ada vitamin ayam yang namanya egg stimulan, breeding vita, egg max, samfit & viterna. Apabila dari beberapa contoh ini sudah sobat pernah aplikasikan dan dirasa cocok maka kami sarankan untuk terus memberikannya. Alhasil kesuburan ayam bangkok betina terjamin dan kualitas telurnya tidak diragukan lagi.

Cara penggunaan dapat diterapkan pada ayam betina dedara dan ayam pasca ganti bulu. Dengan metode ini akan membantu pemulihan ayam dan proses percepatan ayam bertelur dengan maksimal. Akan tetapi jangan sampai mengabaikan cara merawat ayam bangkok yang baik.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan kepada sobat semua tentang pakan ayam bangkok betina agar cepat betelur. Semoga dengan keberagaman penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply