1
88

√ Jenis-Jenis Ayam Brahma Terbesar & Termahal

Jenis Ayam Brahma ternyata banyak dalam konteks lebih dari 3 yang bisa kita klafisikasikan. Maka dari itu kami berupaya memberikan informasi yang menarik dan berkualitas.

Dari sekian jenisnya juga terdapat keunikan tersendiri baik warna bulu, bobot serta termasuk kategori sebagai pencetak telur yang lumayan banyak. Apa sobat tidak ingin memelihara dirumah unggas ini?

Selain sebagai hewan peliharaan juga bisa menjadi penghasilan tambahan yang mungkin dalam jangka panjang bisa fokus ke ternak. Daripada kelamaan basa-basi mari kita simak ulasan dibawah berikut ini:

Apa Itu Ayam Brahma?

ayam brahma adalah

Memang ayam ini tidaklah terkenal seperti cemani, ayam hutan, dan berbagai jenis lainnya. Akan tetapi terdapat keunikan yang bisa kita kupas tuntas supaya benar-benar mengetahui secara detail.

Apa iya unggas ini berasal dari bharmaputra yang merupakan salah satu wilayah negeri India? Menurut informasi yang kami ketahui bahwa ada beberapa pendapat asal usulnya. Lalu yang benar mana nih sejarah brahma? 

Jadi sebenarnya hewan peliharaan berpostur raksasa ini termasuk kategori hias tapi ada 2 sisi yang bisa dimanfaatkan yakni dari daging dan telurnya. Bahkan bisa dijual kembali untuk menambah penghasilan.

Ciri-Ciri Ayam Brahma

Ciri-Ciri Ayam Brahma

Sampai disini apakah sobat masih kebingungan untuk mengetahui ayam ini. Perlu sobat ketahui bahwasanya kita bisa mengetahui jenisnya salah satunya dengan ciri-ciri umum, antara lain sebagai berikut ini :

  • Ketika dewasa bisa mencapai tinggi 70 cm
  • Warna kulitnya kuning
  • Terdapat ciri khas bulu yang tumbuh sampai ke kaki
  • Ada beberapa varietas berdasarkan bulu seperti, dark, buff dan light
  • Sang betina dewasa dapat mencapai berat 4 kg
  • Sedangkan pejantan di kisaran berat 6-7 kg

Kami rasa warna tidak menjadi penghalang bila kita pandai bereksperimen, hal ini karena brahma dapat dikatakan unggas multiguna baik pedaging, petelur dan hias.

5 Jenis Ayam Brahma Terunik & Termahal

Meski tidak banyak jenisnya, namun bisa dikatakan salah satu jenisnya menjadi primadona para kolektor dan peternak. Sehingga menjadikan sulit dan harga yang fantastis untuk mendapatkannya.

Seperti apa sih wujudnya ayam brahma yang unik ini, serta apa patokan yang menjadikan fantastis. mari kita sama-sama simak penjelasan dibawah berikut ini :

  • Ayam Brahma Buff

Buff Brahma Chicken

Salah satu jenis ini memang sangat memikat hati bagi siapa yang melihatnya. Meski corak warna bulunya seperti light namun lebih banyak yang berminat. Kalau di negara kita bisa dikatakan warna gondang atau semprang.

Dominasi coklat muda sebagai warna bulu dasarnya sangat menjadikan lebih unik dan manis. Pada jenisnya ada karakter corak ekor dan rawis pada lehernya yakni abu-abu dan hitam.

Sehingga kini tidak sedikit para breeder nusantara yang berinovasi dalam memecahkan rekor sebagai pencipta varian warna terbaru. Apakah sobat berminat untuk memeliharanya?

  • Splash Brahma

Splash Brahma

Kedua ini merupakan jenis yang cukup menarik untuk di dalami perpaduan warnanya? Apa hanya dominan 1, 2 warna saja? Mungkin di nusantara lebih sering di sebut sebagai blorok.

Tetapi ada yang lain untuk melengkapi keindahan bulunya seperti kelabu yang di tambah rawis putih. Maka dari itu tidak sedikit pecinta jenis yang satu ini. Demikianlah informasi pada unggas raksasa ini.

  • Ayam Brahma Isabel

Ayam Brahma Isabel

Meski perpaduan warna sangat unik sayangnya jenis ini belum banyak di nusantara. Isabel merupakan salah satu kandidat terunik dan langka pula, hal ini karena warna dasar abu-abu muda dengan penyempurnaan rawis kuning mengkilap.

Jadi sangat mungkin bila harga yang menawarkan jenis ini masih bisa dikatakan mahal. Namun sobat bisa menjadi pembeda diantara peternak lainnya, bila berminat silahkan saja langsung bungkus.

  • Blue Brahma

Ayam Blue Brahma

Selanjutnya yang ke 4 ini tidak jauh dari sebelumnya hanya saja bulu-bulunya berwarna lebih tua. Maka dari itu diberikan nama sebagai blue brahma. Sobat mungkin ketika mendengarnya membayangkan bahwa bercorak biru, namun sayangnya bukan ya.

Walau begitu tidak sedikit pula para peternak yang jatuh hati pada unggas satu ini. Namanya juga hobi pastinya memiliki selera yang berbeda-beda. Hal terpenting ialah jangan sampai menyudutkan dan menjatuhkan diantara salah satunya.

  • Ayam Brahma Dark

Ayam Brahma Dark

Terakhir ini cukup sulit di ungkapkan ya warnanya, sebab lebih cenderung ke batik atau bintik-bintik. Corak dasarnya adalah hitam dan pada bagian ujung bulunya dilapisi warna putih.

Tapi dibagian seluruh tubuhnya layaknya batik yakni bergaris-garis. Maka dari itu kami lumayan kebingungan menjelaskan jenis brahma yang satu ini. Lebih detail-nya sobat bisa melihat gambarnya yang sudah tertera diatas.

Keunikan Ayam Brahma

Keunikan Ayam Brahma

Dari sudut pandang kami ternyata keunikan ayam bongsor ini perlu untuk dijelaskan secara detail. Hal ini supaya mengedukasi sesama pecinta binatang khususnya brahma.

Mungkin penjelasan dibawah ini bisa sobat ketahui sebelum membeli ayam brahma. Apa saja itu, simak ulasan berikut ini :

  • Bulu tebal
  • Postur Jumbo/raksasa
  • Badan berotot
  • Jengger tegak tidak besar & kecil
  • Terdapat varian jenis berdasarkan warna
  • Bisa dijadikan ayam hias, pedaging & petelur
  • Ayam jinak dan tidak galak

Jadi demikianlah beberapa pengetahuan seputar jenis ayam brahma beserta keunikan yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan adanya informasi ini bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply