3
159

√ Mengobati Luka Pada Wajah Ayam

Mengobati luka pada wajah ayam karena pacroh ataupun habis bertarung sangat bisa diobati dengan metode herbal. Namun menyembuhkan luka ini tergantung dengan tingkat kesakitan ayamnya.

Beternak ayam bukan sekedar memberi makan atau minum saja, tapi banyak kejadian dilapangan yang kerap kali tak terduga bagi pemilik ayam. Apalagi sobat memelihara ayam aduan, dimana faktor trah dan kualitas sangat diperlukan untuk mendapatkan prestasi.

Tetapi perawatan luka pada wajah ayam pun tidak bisa dianggap remeh. Karena bila mengacuhkan penanganan tersebut bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti korep dan kutil ayam. Maka dari itu untuk metode pengobatannya akan kami sampaikan sesuai daftar dibawah.

Penyebab Luka Pada Ayam

Penyebab luka ayam

Secara keseluruhan penyebab dari ayam luka dibagian kepala sangatlah banyak. Untuk itu kita harus menelusuri dari aktivitas ayam terlebih dahulu supaya mengetahui dengan detail. Nah kami ada beberapa contoh yang menjadi sebab ayam sobat terluka, kurang lebihnya seperti ini.

  • Kondisi ayam sedang dalam performa terbaik dan menabrakkan kandang sehingga menjadikan bagian kepala ayam terluka
  • Pacroh dengan ayam jago lainnya
  • Ayam bertarung tanpa diberi pengaman jalu

Rata-rata ayam yang terluka pada bagian wajahnya dikarenakan bertarung dan menambrak pembatas kandang karena tidak terbiasa dikurung ataupun over birahi. Apabila ada pengalaman lain bisa dicantumkan pada kolom komentar ya supaya kita bisa diskusi soal permalahan ini.

Tips Mengobati Luka Pada Wajah Ayam

cara menyembuhkan luka wajah ayam

Mengobati luka pada wajah menjadi hal paling terpenting dalam merawat ayam aduan. Insting bertarung biasanya akan muncul ketika ayam jantan semakin dewasa. Bukan sekedar ayam bangkok dan sejenisnya, peristiwa ini sifatnya sangat umum dan tidak bisa kukuhkan pada ayam aduan saja.

Sedangkan luka biasanya akan berubah menjadi koreng jika tidak ditangani dengan sebaik mungkin. Oleh hal tersebut memberikan perhatian sangat dibutuhkan dalam mengobati ayam sakit. Karena dengan demikian membuat kita fokus dalam memantau kesehatan ayam.

Adapun daftar obat yang bisa sobat aplikasikan untuk menyembuhkan ayam kesayangannya. Selain itu metode herbal atau obat kimiawi sebagai solusi yang kini digunakan dalam mengobati hewan peliharaan.

Obat Luka Ayam Biar Cepat Kering

Ayam habis bertarung biasanya akan menimbulkan luka ringan hingga parah, maka dari itu khususnya pada luka luar maka secepatnya diberikan obat. Bahkan ada beberapa kejadian ayam bertarung menyebabkan luka sobekan dan memar. Alhasil penanganan yang pertama dengan memberikan obat dibawah berikut.

Scarex Spray

Merk obat scare spray digunakan untuk menyembuhkan luka pada wajah ayam dan lainnya. Khasiat dari penggunaan tersebut akan menghilangkan rasa sakit pada ayam dengan lebih cepat.

Sedangkan aturan pemakaiannya yaitu menyemprotkan pada bagian luka 3-4 kali dalam sehari. Kemasannya berisikan 30 ml, jadi tidak usah bingung karena sobat bisa mendapatkan hanya dengan membeli di marketplace.

Harga scarex spray juga sangat murah kurang lebihnya rp.15.000 saja dan dapat disimpan bila mau digunakan sewaktu-waktu ayam terluka karena pacroh ataupun bertarung bebas dari kandangnya.

Bactacin

Lalu rekomendasi obat luka ayam biar cepat kering bisa juga dengan bactacin. Berdasarkan informasi kami ketahui bahwa manfaat dari obat ini dipercaya dapat mencegah adanya infeksi pada luka ayam.

Jadi tidak hanya diberikan pada area wajah ayam. Seluruh tubuh ayam yang terluka pun dapat diberikan bactacin. Aturan pemakaiannya adalah olehkan pada luka ayam baik sobekan ataupun kurap.

Harga obat bactacin kurang lebihnya Rp.25.000-35.000 ribu setiap bungkusnya yang berisikan 30 mg. Oleh hal demikian obat ini sangat kami rekomendasikan dalam pencegahan dan pengobatan ayam sakit, khususnya sakit kulit dan luka.

Obat Luka Dalam Ayam Tradisional

Mengobati luka luar dan dalam pada ayam secara tradisional masih sering diterapkan oleh peternak ayam. Hal ini pun juga berlaku dalam perawatan seputar jamu ayam aduan sebagai warisan leluhur.

Akan tetapi pada kesempatan kali ini sedikit berbeda karena kami akan memberikan informasi penanganan obat untuk dalam dan luar bagi ayam yang terluka. Daripada sobat semakin penasaran, yuk simak metodenya sebagai berikut.

Untuk menyembuhkan luka dalam ayam yang pertama yaitu memberikan bawang putih dan kunyit. Kemudian diberikan madu sebagai penangkal dan memulihkan kondisi organ ayam bila mana ada yang terluka.

Khasiat bawang putih ini mencegah infeksi pada ayam dan bermanfaat karena berperan penting sebagai antibiotik ayam alami. Kemudian untuk pemberian kunyit ialah menyempurnakan kondisi organ yang terganggu karena terkena pukulan keras saat bertarung.

Sedangkan peran dari madu sudah turun temurun digunakan untuk obat dan mengembalikan stamina disaat kecapean. Untuk ramuannya sobat menghaluskan kedua bahan atau ketiga bahan diatas menjadi satu ramuan yang diberikan pada ayam dengan telaten.

Pengobatan luka luarnya dapat diberikan getah pohon pisang, akan tetapi efeknya langsung terasa yaitu perih. Hanya saja metode ini sangat baik untuk menutup luka sobekan akibat tersabet taji ayam aduan. Agar mencegah infeksi gunakan air hangat untuk membersihkan luka yang terdapati darah.

Obat Luka Ayam Injek

Rekomendasi menyembuhkan luka pada wajah ayam pun bisa didukung dengan obat injek. Dalam penggunaannya kami sudah mempersiapkannya kepada sobat semua, supaya tidak kebingungan mencarinya.

Selain ramuan tradisional dan obat kimiawi kapsul, masih ada obat yang lebih cepat efeknya dalam menangani ayam yang sakitnya dirasa parah. Alhasil kurang dari 24 jam biasanya ayam akan sudah bisa aktivitas yang seperti sediakala.

Tinolin Injection

Ayam sesudah bertarung umumnya akan menimbulkan luka dan tentunya membutuhkan waktu untuk istirahat agar luka sakitnya dapat sembuh dengan cepat. Namun ada pula untuk mempercepat proses tersebut yakni dengan memberinya obat injeksi.

Winner tinolin injection adalah obat cair steril dengan kandungan lincomycin dan spectinomycin yang sangat efektif dalam mengobati ayam karena infeksi luka habis bertarung. Bahkan juga mengobati saluran pernafasan dan sistem pencernaan ayam yang infeksi, baik CRD, korisa, kolera serta kolibasilosis.

Maka dengan pemberiannya akan memulihkan kondisi nafsu makan ayam yang memburuk karena sakit luka. Supaya kesehatan semakin cepat membaik pemberian asupan nutrisi dan metode umbar sangat disarankan supaya kondisi otot-otot yang kaku menjadi pulih lagi.

Harga winner tinolin sangat murah yaitu 16.000-18.000 saja dan tersedia diberbagai toko online di indonesia. Untuk itu tidak ada alasan lain jika mau luka ayamnya ingin cepat sembuh.

Red Power Injection

Kemudian obat yang kedua ini sebagai opsi meningkatkan daya tahan tubuh ayam. Memang suplemen seperti vitamin menjadi kebutuhan yang perlu kita berikan pada masa penyembuhan.

Sebagai daftar rekomendasi kami yaitu memberikan Red Power Injection. Karena dengan pemberiannya juga berkhasiat dalam mempercepat kesembuhan ayam dan mengembalikan kebugaran ayam dalam berkativitas seperti biasanya.

Red power merupakan suplemen yang diformulasikan penanganan lanjutan untuk menyehatkan ayam secara maksimal. Sehingga kalau ayam kurang sehat seperti sebelum bertarung, solusinya ya memberikan obat injeksi ini.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Pada Ayam

obat alami bekas luka ayam

Luka menjadi hal umum dalam memelihara ayam aduan, namun tak semua pemilik ayam menginginkan menjadi bekas permanen pada tubuh ayam kesayanganya. Biasanya karena ayamnya ganteng dan gagah sehingga dengan demikian ingin menghilangkannya.

Caranya menghilangkannya ada berbagai metode dan tergantung dari tingkat keseriusan sakit tersebut. Jika sobat masih bingung referensi obatnya, yuk simak pemaparannya dibawah berikut ini.

Gel lidah buaya yang lendir itu bisa dijadikan obat dalam menghilangkan bekas luka. Karena kandungan nutrisi seperti ligmin ataupun asam amino tersebut akan merangsang pertumbuhan kulit baru. Alhasil bekas lukanya akan semakin tersamarkan.

Kemudian opsi yang kedua adalah memberikan putih telur yang dicampurkan dengan perasan lemon dan sesendok madu lalu sobat ratakan bahan tersebut. Cara penggunannya dengan mengoleskan pada bagian bekas luka kemudian diamkan sampai kering.

Jika sudah basuh dengan air hangat. Lakukan metode ini berulang-ulang sampai bekas luka ayam lebih cepat hilang. Cara ini menggunakan yang herbal dan lebih aman bila terus diaplikasikan dan tidak menimbulkan efek samping.

Demikianlah rangkaian informasi cara mengobati luka pada wajah ayam kali ini yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan adanya metode tersebut bisa menjadi sumber referensi sobat dunia binatang semuanya, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply