5
381

√ Cara Mengobati Ayam Tedun Alami

Cara mengobati ayam tedun atau yang lebih kita ketahui dengan penyebutan turun urat. Sebenarnya apa faktor dari ayam turun urat? Secara umum penyebab paling banyak ialah dikarenakan benturan keras entah ayam muda maupun tua.

Maka dari dalam kesempatan yang baik ini kami akan menjelaskan terkait penangan dan tanda-tanda ayam tedun. Meskipun jarang terjadi, setidaknya bila mengetahui caranya akan memudahkan dalam mengobati bila sewaktu-waktu ayam sobat mengalami turun urat.

Seperti artikel sebelumnya sudah memaparkan obat ayam snot ampuh untuk pembahasan lanjutnya ini berupa informasi lengkap seputar ayam tedun. Langsung saja tanpa basa basi yang panjang, simak terus penjelasan dibawah berikut :

Ciri-Ciri Ayam Turun Urat

Ciri-Ciri Ayam Tedun

Gejala ayam mengalami tedun umumnya secara fisik terlihat lemas dan mengangkat salah satu kakinya yang terasa sakit. Sedangkan jika kita cek lebih detail dipegang tangan akan hangat atau panas. Bahkan beberapa kejadian lainnya kaki ayam nampak lebam dan berubah warna kebiruan.

Alhasil cara belajan ayam menjadi tidak simbang dan sering kali deprok atau berhenti karena saking sakitnya. Berikut ini ada beberapa rangkuman yang bisa sobat ketahui dalam mendeteksi ayam turun urat :

  • Berjalan tidak seimbang
  • Kerap mengangkat 1 kakinya
  • Kaki ayam terasa panas
  • Jalan pincang
  • Keseimbangan badan berkurang
  • Kesehatan berangsur memburuk
  • Malah bergerak
  • Nasfu makan menurun
  • Diantara jari membengkak kebiruan
  • Tak bisa bertumpu pada salah satu kaki

Dari sekian ringkasan diatas bahwasanya ciri-ciri ayam mengalami sakit tedun ini perlu ditangani dengan cepat dan tepat. Misalkan tidak sesuai malah memperlambat proses pemulihan dan aktivitas si ayam sangat terganggu. Contoh dampak buruk yang diterima seperti produski ayam tidak bagus, ayam menjadi kurus bahkan dapat menyebabkan kematian.

Penyebab Ayam Tedun

Penyebab Ayam Tedun

 

Salah satu penyebab utama ayam mengalami penyakit turun urat biasanya ayam muda ditemukan lawan ayam tuas atau sudah cukup berpengalaman digelanggang. Disisi lain juga bisa terjadi karena terjatuh dari ketinggian dan terlalu lama dilatih bertarung.

Karena kekuatan tulang dan otot ayam muda belum siap secara maksimal. Sehingga ketika terkena pukulan atau salah posisi jatuh menjadikan cidera berupa robek ataupun pembengkakan. Oleh sebab itu berdampak pada jaringan otot rusak pada ayam laga muda milik sobat.

Memang terkadang ego kita terlalu menggebu dalam melatih ayam yang mana bila tidak tau kondisi fisik si ayam melewati batas kekuatannya berakibat terkena penyakit bernama tedun. Bahkan turun urat bisa terjadi pada ayam yang sudah cukup tua sekalipun, latar belakang ini kerap terjadi adanya benturan keras saat berlaga atau keseringan dengan lawan lebih unggul.

Tidak dipungkiri penyebab tedun ayam dikarenakan terkena ayam pukul jalu, sehingga otonya robet dan mengalami pembengkakan. Alangkah baiknya juga ketika mau abar jangan lupa bungkus taji agar menghindari cidera fatal.

Itulah penjelasan dari kami perihal faktor ayam mengalami penyakit turun urat. Untuk saran saja kepada sobat dunia binatang semua agar melatih dengan patokan sendiri namun tetap sesuai standar kemampuan ayam tersebut.

Cara Mengobati Ayam Tedun

Cara Mengobati Ayam Turun Urat

Kemudian dari intisari topik kali ini ialah cara menangani ayam turun urat, jadi terdapat beberapa opsi yang bisa sobat lakukan untuk menyembuhkan hewan peliharaan yang mengalami tedun. Apa saja dan bagaimana langkah-langkahnya, yuk simak daftar dibawah berikut ini :

Cara Menyembuhkan Ayam Turun Urat Secara Alami

Cara Mengobati Ayam tedun tradisional

Pertama-tama siapkan saja 2-3 batang serah kemudian siapkan air 1,5 liter dalam panci lalu gemprek dahulu serehnya hingga pipih. Selanjutnya masukkan dan panaskan air tersebut hingga mendidih. Apabila sudah sobat dinginkan sekiranya tidak panas untuk kulit kita.

Langkah berikutnya pindahkan air ke ember dan rendamlah kaki ayam 10-15 menit. Sampai situ sobat cek apakah ada luka luar pada si ayam. Jika begitu bersihkan dengan kain yang sudah dibasahi dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel. Lakukan metode ini 3-7 hari.

Apabila tidak perubahan sama sekali sobat mesti mencoba dengan bantuan obat kapsul ataupun salep. Simak saja penjelasan metode pengobatan yang kedua sampai selesai dan betul memahaminya.

Obat Ayam Tedun di Apotik

Obat Ayam Turun Urat di apotik

Tips menyembuhkan kedua ini bisa sobat dapatkan di toko pakan ataupun apotik. Nama dari obat ini yaitu Capirox-10 yang merupakan kapsul guna mengobati ayam yang mengalami turun urat, bengkak, radang sendir atapun lumpuh. Cara pemberiannya yakni setiap hari diberikan 2 pil dengan jangka waktu 3-4 hari saja. Bila mana tidak cocok beralih dengan menggunakan salep.

Selain itu masih ada juga obat yang bisa dipakai seperti milenium, turun urat SN & extra one. Apabila hendak pengobatan dari luar bisa dengan hot in cream atau counterpain. Namun sobat harus memperhatikan batas penggunaannya lantaran obat gosok ini diperuntukkan manusia.

Obat Ayam Bangkok Turun Urat Paling Ampuh

Metode pengobatan ayam tedun ini paling manjur hewan yang sakit, jadi bagaimana tahap-tahapnya dan apa saja yang perlu disiapkan. Tenang dulu pertama cek dulu kondisi ayamnya kira-kira cukup parah, sedang atau ringan. Jika sudah tau dan sekiranya parah sobat aplikasan saja rekomendasi ini.

Jadi kita akan memadukan beberapa obat seperti kapsul, alami dan salep. Andaikan cukup dengan 2 opsi silahkan lakukan saja dengan takaran ayam. Supaya tidak menimbulkan efek samping pada ayam yang sakit.

Sobat bisa mengkombinasikan antara pil millenium dengan salep diatas ataupun rendaman garam/batang sereh. Coba saja dari 2 dulu dan lihat perkembangan kesembuhan ayam terserang turun uratnya. Apabila sudah berangsur membaik jangan ganti metodenya. Cukup dengan menerapkan secara rutin yakni pagi & sore hari.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar cara mengobati ayam tedun versi duniabinatang. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply