3
435

√ Cara Memanjangkan Ekor Ayam Bangkok

Cara memanjangkan ekor ayam bangkok bukan perkara mudah bagi yang belum tau langkah-langkahnya. Karena pada dasarnya keindahan ayam bangkok semakin bertambah apabila panjang dan keutuhan ekornya bisa maksimal. Akan tetapi tak semua karakter setiap ayam sama. Oleh maka dari itu harus mengetahui secara dasar.

Pada kesempatan yang baik ini kami akan membagikan informasi perihal merawat dan menjaga kesehatan ekor ayam. Khususnya hewan peliharaan kategori hias entah ayam bangkok ekor lidi, onagadori, merak & pheasant. Supaya keindahan dari beberapa hewan hias diatas bisa tumbuh panjang dengan maksimal sobat perlu memperhatikan tutorial dibawah.

Memang selain harga peliharaan diatas ini cukup fantastis, sangat disayangkan bila mana perawatannya asal-asalan. Dengan demikian tentu membutuhkan keseimbangan dari kesehatan hewan dan sumber nutrisinya. Sebab bila mengalami sakit 1-2 hari saja akan menghambat laju pertumbuhan bulu ekornya.

Jika sebelumnya kita sudah membahas cara merawat bulu ekor ayam, kali ini akan meneruskan dari informasi lebih detail dan semakin lengkap. Langsung saja tanpa panjang lebar simak pemaparan versi dunia binatang dibawah berikut ini :

Tips Menumbuhkan Ekor Ayam Alami

Tips Menumbuhkan Ekor Alami

Sebelum sobat mengambil langkah lebih dalam kami akan membuatkan urutannya agar lebih mudah dipraktikkan sekaligus memahami secara rinci. Pertama-tama sobat harus mengecek kondisi pangkal bulu ekor apakah ada yang bermasalah tidak. Apabila terdapati bulu patah sebaiknya dicabut terlebih dahulu.

Sebab bila tidak serentak akan menjadi masalah atau pengambat pertumbuhan bulu karena tidak tuntas semuanya. Andaikan terlalu pendek gunakan lem china atau lem G untuk mencabut dengan bulu lain. Dengan metode ini masalah akan selesai dengan cepat dan tepat. Berikut ini tahap-tahapannya menumbuhkan ekor ayam bangkok :

Terasi & Udang Rebon

Supaya bulu ayam cepat rontok merata tips ini sangat ampuh dalam mengatasi bulu ayam yang rusak tanpa menunggu ganti bulu yang sesuai usianya. Semakin penasaran sobat? Simak bahan-bahannya berikut ini :

  • Terasi & Udang rebon 1-2 ons sesuai kebutuhan ayam
  • Stop perawatan harian seperti mandi dan menjemur serta abar
  • Siapkan kandang box yang tidak terkena sinar matahari
  • Lakukan setiap hari sampai 7 hari agar lebih maksimal
  • Cek berlaka perontokkan bulu dan teliti dengan cermat
  • Tunggu sampai 2 minggu proses ini untuk merontokkan semua bulunya
  • Usahakan tempat pakan jangan terlalu kecil, lebih baik didalam box supaya tidak rusak bulu barunya
  • Siapkan asupan gizi seperti minyak ikan ataupun voer & beras merah

Jangkrik & Vitamin B Kompleks

Tips selanjutnya ini ialah memadukan dengan dua bahan utama yakni vitamin B kompleks dan jangkrik. Pengguaan ini sangat dianjurkan ketika tunas bulu sudah bermunculan, tujuannya mempercepat proses perkembangan bulu baru.

Sumber vitamin ini bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan kacang baik kacang polong & hijau. Sobat bisa mendapatkan bahan baku ini dari pasar ataupun pembuatan kecambah yang gagal. Maka dari itu masih bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak sekaligus penyubur kesehatan bulu muda pada ayam.

Sedangkan peran dari jangkrik adalah penyuplai sumber gizi hewani yang dapat mencegah rusaknya bulu atau patah. Hanya saja pemberian juga perlu diperhatikan agar tidak melebihi batas kebutuhan ayam. Aplikasikan saja cara ini pada hewan ternak dan lihat hasilnya memuaskan tidak.

Cara Memanjangkan Ekor Ayam Bangkok

Cara Memanjangkan EKor Ayam Bangkok

Kata memanjangkan sebenarnya kurang tepat, sebab setiap ayam memiliki karakter tersendiri baik dari faktor genetik dan aspek pemeliharaan. Sehingga akan lebih pas dengan menggunakan kata cara merawat pertumbuhan bulu ekor ayam sampai tuntas.

Beberapa akhir tahun ini ada strain ayam bangkok klasik yang sedang booming yakni lebih dikenal dengan sebutan ayam ekor lidi. Teruntuk para penghobi ayam khususnya kurang berkenan dalam sabung ayam bisa beralih ke ayam ekor lidi ini.

Dengan adanya topik diatas sepertinya akan tambah seru lagi terkait cara merawat bulu ekor ayam. Ya sudah tanpa pikir panjang lagi pantengin penjelasan admin dunia binatang berikut :

Menyiapkan Kandang Ideal

Cara yang pertama yaitu membuatkan kandang yang ideal. Sobat dapat menerapkan tipe umbaran ataupun box, apabila memiliki lahan yang cukup luas sebaiknya mempersiapkan dengan kandang umbaran.

Apabila ayam bangkok sobat ini tipikal ayam aktif dan panjang ekornya akan sangat baik dengan kandang ukuran lebar 1 meter panjang 1,5-2 meter. Alhasil tidurnya bisa disediakan tangkringan untuk mengantisipasi bulu patah dan rusak.

Sedangkan Box jago yang sesuai standarnya ialah 75×75 cm ini sangat cukupan baik ayam kecil sampai ukuran jumbo. Sesuaikan saja dengan keinginan hati sobat agar lebih yakin dan tak bosan tata ruang kandang ayam.

Membersihkan Kadar Minyak di Area Bulu Ekor

Umumnya pada ayam baik jago atau biang akan terdapat kadar minyak bila mana dalam kondisi dorong ekor. Agar pertumbuhan bulu ekor tidak grepes atau termakan hama kutu sobat bisa membersihkannya sekiranya tidak terlalu banyak.

Sebab hal ini dapat berdampak pada keutuhan bulu ekor ayam bangkok yang pada masa pertumbuhan. Ya dikira-kira saja jika terlalu banyak dibersihkan supaya kelangsungan daun ekor muda bisa mengelupas dengan halus dan mengkilap.

Memandikan & Menjemur Ayam

Kemudian tahapan yang ketiga ini adalah memandikan dan menjemur. Meskipun belum begitu membutuhkan metode ini bisa mengurangi sisa lapisan luar bulu baru yang masih menempel. Selain itu sangat bagus juga guna membersihkan kotoran yang menempel pada ekor ayam.

Sedangkan manfaat menjemur sendiri ialah menjaga kebugaran si ayam agar tetap dalam kondisi yang fit serta mengantisipasi ketika perubahan musim yang sangat rawan hewan terkena penyakit. Maka dari itu cukup 2-3 kali dalam seminggu untuk menjemur si ayam.

Mengecek Secara Bertahap

Cara memanjangkan ekor ayam bangkok akan lebih baik bila sobat rutin mengeceknya. Langkah ini bisa diambil untuk mengantisipasi kerusakan bulu atau terserang hama kutu ayam. Misalkan 1 pekan sekali dicek kondisinya sesuai harapan sobat tidak, dengan begitu sobat bisa cepat untuk mengambil keputusan bila terdapati hal yang di inginkan.

Menjaga Kesehatan Ayam

Kemudian yang jangan sampai sobat duniabinatang abaikan ialah menjaga kondisi kesehatan sang ayam. Apabila ini terjadi tanpa kita sadari pertumbuhan dan perkembangan bulu ayam akan terhambat. Sebab kondisi fisik yang lemah mengurangi asupan gizi yang lari pertumbuhan bulu.

Oleh sebab itu dalam dunia beternak kita akan selalu berkaitan dengan kondisi alam dan lingkungan sekitar. Sehingga bila mengabaikan dan merawat asal-asalan bisa membuat rugi diri kita sendiri sebagai pelaku ternak. Agar keseimbangan ayam bangkok tetap stabil buatlah standar perawatan dikandang sobat, tujuannya pola beternak sobat sangat terstruktur rapi.

Memberikan Vitamin & Suplemen Ayam

Cara yang terakhir ini ialah lanjutan pembahasan diatas, iya memang betul kaitan kita memelihara hewan bernyawa pasti ada resikonya. Akan tetapi sangat mungkin bisa dikurangi atau cegah dengan adanya pemberian suplemen dan jamu. Bisa jadi dari ramuan herbal dan makanan tambahan dari tumbuhan dan asupan hewani.

Contohnya untuk campuran ransum daun pepaya, bayam, kangkung, kunyit, kencur & gula jawa. Sedangkan sumber vitamin bisa diberikan berupa minyak ikan, B komplek, pisang, telur & vaksinasi. Dari beberapa contoh tersebut sudah kami aplikasikan bertahun-tahun dan terbukti sangat bagus dalam menjaga kesehatan ayam.

Rahasia Agar Ekor Ayam Bangkok Lebat & Sehat

Rahasia Agar EKor Ayam Lebat

Perlu sobat semua ketahui bahwa rimbun dan lebat suatu ekor ayam sudah dari bawaan genetik dan secara visual. Sehingga ketika dewasa kok ternyata terdapat 2 tumpuk secara otomatis tak akan berubah menjadi 3 tumpukan sap ekor. Hanya saja kita bisa berusaha dalam menjaga kesehatan bulu ekor ayam bangkok agar semakin sehat dan mengkilap.

Umumnya untuk mengetahui secara pasti kita mengamati detail si ayam dan bisa diperhatikan pada usia 2-3 bulan. Kenapa demikian sebab ayam masih 1 bulan kebawah tidak semuanya ekornya sudah tumbuh cukup panjang. Selain itu terkadang tatkala usia 2 bulan baru kelihatan bulu baru pada sang ayam. Sehingga rahasianya ialah cermatlah dalam memilah dan jangan sungkan bertanya sama sang peternak agar mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Berapa lama proses bulu ayam baik sayap ataupun ekor hingga tuntas? Kurang lebihnya 2 bulan, tapi ada pula tipe ayam yang bulunya lama tuntas bahkan hingga setengah tahun. Tipikal ini sering disebut bulu ulet bagi masyarakat jawa. Bahkan adapula 1 bulan sudah kembali utuh, ya itu tergantung dari perawatan juga sobat. Sudah terjawabkah pertanyaan sobat kali ini.

Oke kalau begitu mari kita cukupkan dulu tentang informasi cara memanjangkan bulu ekor ayam bangkok versi dunia binatang. Semoga dengan adanya topik diatas bisa bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply