4
1278

โˆš Cara Mengatasi Ayam Yang Sembelit

Cara mengatasi ayam yang sembelit bukanlah menjadi permasalahan remeh, persoalan susahnya buang kotoran pada ayam wajib sobat ketahui baik dari faktor dan cara penanganannya. Dalam dunia peternakan permasalahan ini biasanya dikenal dengan istilah dobolen, mejen dan ngeden.

Istilah diatas ini diambil dari bahasa jawa sementara untuk lebih luasnya lebih diketahui dengan nama sembelit. Umumnya pada kasus seperti ini ayam juga mengalami tembolok tidak turun serta bersuara saat mengeluarkan kotorannya. Bahkan beberapa kasus kotoran ayam keras dan terdapat darah karena tidak lancar.

Sembelit memang tidak hanya dirasakan oleh manusia saja. Jadi semua makhluk hidup berupa unggas maupun hewan buas sekalipun. Teruntuk sobat yang sedang mencari referensi informasi seputar mengobati ayam sembelit denga tips dibawah berikut ini.

Penyebab Ayam Susah Berak

Penyebab ayam bangkok susah berak

Ayam yang susah buang kotoran dipengaruhi berbagai penyebab, sehingga kita sebagai perawat maupun peternak ayam harus lebih mengawasi dan memberikan perhatian yang lebih untuk kesehatan ayam sehari-hari.

Keanekaragaman pakan ternak ayam yang bisa diberikan terkadang bisa menjadi faktor pencernaan sulit melunakkan sama yang telah ditelan oleh ayam. Apalagi ayam peliharaan di Indonesia terbagi menjadi tiga jenis seperti ayam komersil, ayam hias dan ayam aduan.

Sehingga cara perawatannya pun berbeda-beda, maka dari itu tak heran kalau problem ayam ngeden bisa terjadi. Perihal penyebab ayam sembelit ini kami ada beberapa informasi yang bisa sobat jadikan pertanda indikasi susah buang kotoran diantaranya :

  • Kurangnya air minum ayam
  • Terlalu banyak diberikan pakan keras berupa biji-bijian
  • Kondisi sistem pencernaan ayam sedang tidak sehat
  • Pakan ayam yang sudah basi
  • Konsumsi makanan yang berserat kurang banyak

Cara Mengatasi Ayam Yang Sembelit

Cara mengatasi ayam yang sembelit

Tips efektif untuk pengobatan ayam yang sembelit dapat dilakukan dengan beberapa metode. Seperti halnya cara tradisional atau alami dan menggunakan obat modern yang bisa sobat dapatkan ditoko pakan ternak maupun apotik. Dengan keberagaman cara pengobatan ini membantu untuk menyembuhkan ayam dari yang paling sederhana dan cepat.

Selain itu manfaat bawang putih juga bisa membantu antibiotik alami bagi tubuh ayam supaya tidak mudah mengalami susah buang kotoran. Jika masih bimbang, ya sudah langsung saja simak penjelasan dibawah berikut.

Obat Herbal Ayam Susah Berak

Cara mengatasi ayam yang sembelit memang harus segera dilakukan tindakan. Karena kalau diabaikan begitu saja bisa memperparah kondisi sakitnya. Untuk rekomendasi yang pertama kita akan menerapka metode yang herbal dulu.

Bahan atau obat yang digunakan yaitu memberikan buah-buahan yang kaya akan kandungan air maupun serat yang sangat membantu melunakkan feses ayam. Buah pisang, apel, pir dan sayur brokoli ini bisa dijadikan penanganan pertama sobat.

Contohnya brokoli yang terdapat kandungan sulforafan yang dipercaya melidungi usus maupun kelancara pencernaan ayam peliharaan sobat. Jika sulit didapatkan sobat bisa menggantikannya dengan buah pisang karena peran bakteri probiotik yang dinamakan fructooligosaccharedes ini bisa meringankan gejala sembelit.

Dulcolax Untuk Ayam Sembelit

Kemudian cara mengatasi ayam yang sembelit bisa sobat obati dengan obat Dulcolax, caranya sangat simpel yakni diberikan dengan dosis 1 hari 1 butir saja. Selain itu berikan air minum yang cukup dan gantikan pakan berbiji sama yang mengandung serat maupun air yang bisa menyuplai cepat ke pencernaan ayamnya.

Supaya mengetahui perkembangan ayam tersebut jangan lupa untuk mengecek dan membersihkan kotoran yang menempel dekat dubur ayam. Pastikan ayam ditempatkan pada kandang yang bersih dan tidak terganggu ayam yang lain guna mencegah resiko stres.

Cara Mengobati Ayam Ngeden

Obat ayam yang bermasalah mengeluarkan fesesnya sangat bisa disembuhkan dengan nama obat koleridin. Produk dari medion ini sudah tersebar diberbagai penjuru daerah nusantara dan dapat digunakan pada problem ayam berak hijau, diare dan dobolen.

Aturan pakainya mudah karena diberikan pada ayam tergantung sama umur dan bobotnya. Contohnya ayam dibawah 1,5 kg diberi 1 kaplet/hari sedangkan selebihnya diaplikasikan dengan pemberian 2 butir/hari. Bahkan untuk kasus yang sudah parah maka kami sarankan 3 butir untuk ayam yang usianya lebih dari 3 bulan.

Obat Ayam Mejen

Rekomendasi pengobatan ayam mejen yakni menggunakan produk herbal yang mana telah digunakan oleh manusia juga. Hanya saja untuk penggunaan dengan dosis yang berbeda supaya tetap aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Obat pencernaan alami ini dinamakan Naturindo Mucosafit. Kenapa kami sarankan ramuan ini? Karena dibuat secara khusus dan sangat mengedepankan nutrisi alaminya guna menyembuhkan gangguan pencernaan baik manusia ataupun hewan peliharaan.

Cara pemberian obat herbal ini cukup dengan 2 kapsul/hari untuk ayam yang sudah dewasa. Sedangkan anak ayam sobat bisa menggeruskan atau memberikannya setengah dari anjuran diatas. Walaupun terbuat dari tanaman yang kaya akan manfaat, tapi kalau diberikan lebih dari batasnya bisa bahaya terhadap pencernaan ayam.

Tips Mencegah Ayam Sembelit

Cara mencegah ayam ngeden

Langkah yang tepat untuk mencegah ayam mengalami sembelit dapat dilakukan dengan cara memberikan air minum yang cukup. Ransum ayam yang berserat namun mudah untuk dilunakkan oleh sistem pencernaan ayam.

Sementara penggunaan pakan beras merah, jagung dan gabah wajib sobat imbangi agar tidak menyebabkan tembolok macet atau ayam dobolen. Namun bila sudah menjadi menu wajib ayam upayakan merendamnya agar tektur pakan mudah dicerna.

Cara mencegah berikutnya yakni menambahkan waktu ayam diumbar agar bisa memperoleh nutrisi dari tanah ketika diumbar. Lalu terus perhatikan kondisi kesehatan ayam secara berkala untuk antisipasi paling mudah dan tidak mengganggu aktivitas sobat sehari-hari.

Demikianlah rangkaian informasi kali ini yang bisa team kami sampaikan perihal cara mengatasi ayam yang sembelit. Semoga dengan penjelasan diatas beserta contoh pengobatannya dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply