1
116

√ AYAM PAMA : Sejarah, Ciri-Ciri, Jenis & Kelebihannya

Ayam Pama – Keanekaragaman ayam laga terus berlanjut salah satunya muncul jenis baru dengan gaya bertarung lebih menarik. Sebetulnya hal ini tidak lepas dari formulasi untuk menumbangkan jenis paling terbaik pada saat ini. Coba saja kita melihat beberapa tahun belakang.

Seperti birma yang memiliki gaya cepat dan pukulan boom juga akhirnya bisa terkalahkan dan lagi-lagi terdapat jenis baru seperti mangon, pakhoy dan lain-lainnya. Sebenarnya kita mengikuti arus pada lapangan yang trend apa yang paling ramai.

Jadi karakter bermain sangat mempengaruhi lawan. Ya namanya hewan hidup dalam pertandingan pun antara kalah dan menang itu pasti ada. Menurut sudut pandang kami mau lawan apapun bagaimana kita harus memiliki player yang cukup tahan pukul, akurasi tepat dan postur tidak kecil.

Semua orang pasti memiliki kesukaan yang berbeda-beda. Sehingga tidak bisa memaksakan mau memelihara dari jenis apa. Poin utama yakni tetap menghargai dan jangan saling merendah satu sama lainnya. Kunci utama ini akan membawa pertemanan & persaudaraan yang rukun. Langsung saja kita pembasahan utama dengan cara simak ulasan berikut ini :

Apa Itu Ayam Pama?

Apa Itu Ayam Pama

Asal mula ayam pama merupakan perkembangan dari starin burma/birma yang melahirkan gaya modern untuk menjadi jenis yang sedang trend dan mutakhir guna menumbangkan jenis lainnya. Negara asal pama ini ialah Thailand yang merupakan perkawinan silang antara burma x bangkok dengan hasil peranakan yang diberikan nama pama.

Dari jenis inilah kemudian lahir seperti mangon, mathai dan masih banyak jenis lainnya. Memiliki gaya permainan yang cukup unik dan tingkat akurasi serta kecepatannya menjadi bahan breeding yang berkualitas.

Jadi salah satu negara yang terus berinovasi breeding ayam khususnya laga ini ialah Thailand. Kalau membahas hal ini mungkin 90% ayam yang ada di nusantara jenis aduan di datangkan dari sana.

Ciri-Ciri Khusus Ayam Pama

ciri ciri ayam pama

Berdasarkan informasi yang kami ketahui bahwasanya jenis ayam laga ini memiliki ciri khusus untuk membedakan daripada jenis lainnya. Apa saja itu, simak ulasan dibawah ini :

  • Ukuran & tulangan ori umumnya tidak tebal hanya berkisar bobot 2-2,6 kg.
  • Bulu lebat
  • Warna kurang menarik
  • Gaya bertarung akurasi 90% mengarah ke kepala lawan dan ciri khas menghindar, nyawat, tembak & mranggal.
  • Kaki kering bulan dengan warna kuning, biru, hijau dan hitam
  • Pama IQ rata-rata berat 2,8-3,2 kg
  • karakter kuda lari, mranggal, tembak tanpa mematuk lawan
  • kaki-kaki kering bulat dan bercorak cerah.

Karena banyaknya jenis sehingga kami kebingungan untuk menjelaskan kepada sobat duniabinatang, maka dari itu kami ulas dari yang original dan iq saja. Sebab di nusantara lebih banyak yang menyukai pama iq.

Jenis Ayam Pama

Jenis-Jenis Ayam Pama

Sebagai jenis ayam laga modern, maka tak akan ada habisnya menjadi beragam jenis dan karakter si unggas tersebut. Contohnya ayam pama ternyata terdapat beberapa line seperti original, gostan, mathai, mabin, malow, mata katak, masil dan masih banyak lainnya.

Oleh hal itu maka kita harus teliti untuk membelinya, supaya kita tahu arah darah yang mengalir ke turunan berikutnya. Langsung saja kita bahas jenis-jenisnya :

  • Pama Original

Meskipun terdapat jenis baru maka tak lepas juga awal mula yang asli sebagai bahan breeding sobat semua. Sebenarnya dari mana seluk beluk ayam ini sehingga diberikan nama pama?

Dari pengetahuan kami sesungguhnya pama merupakan unggas yang tidak jauh berbeda dengan burma/birma. Tentunya perawakannya juga tak sebesar ayam bangkok klasik. Berikut ini ialah ciri-cirinya :

  1. Tulang & Perawakan tipis bobotnya 2-2,6 kilogram.
  2. Karakter bulu lebat dan warna kurang diminati yakni kelabu, hitam & jalak
  3. Gaya berlaga tembak, tampar, nyawat dan mranggal
  • Ayam Pama IQ

Kurang lebih pada tahun 2017 pama IQ buming di kalangan ayam laga khususnya nusantara. Karena karakter yang unik semakin ramai yang memburu jenis ini.

Meski masih dalam kategori hybrid dari strain birma maka pengembangan segi kualitas sangat diperhitungkan. Salah satunya ialah mengembangkan pendahulunya. Selain hal itu warna dan ukurannya relatif besar daripada burma.

Jadi tidak ada salahnya para penghobi ayam laga menambah jenis ini sebagai modernisasi ayam yang ada di kandang. Dengan tujuan meningkatkan kualitas ayam-ayam yang tersedia, sehingga pembeli juga merasakan kepuasan tersendiri.

Mungkin sobat sudah tak asing lagi dengan yang satu ini, pasalnya lagi naik daun para peternak dan penghobi nusantara pada mangon, baik yang silangan maupun trah juara banyak yang memburu.

Awal mulanya sehingga terlahir magon ini yakni perkawinan silang antara pama & saigon vietnam. Meski dari keturunan saigon mangon memiliki ciri fisik antara lain :

  1. Berat badan dari 3-4 kilogram
  2. Berbulu lebat namun warna kurang menarik
  3. Ciri khas kaki besar bulat bercorak gelap
  4. Gaya bermain tengok kanan kiri nempel memancing lock dan memberikan pukulan keras. 90% mengarah ke kepala seperti mata, paruh dan tenggorokan.
  • Ayam Pama Gostan

Selanjutnya yang tak kalah menarik dari jenis ini yaitu gostan, entah apa yang menjadikan namanya gostan. Akan tetapi masih banyak keunggulan yang dimiliki ayam ini apa saja itu?

Ya benar ternyata sebutan gosatan berarti mundur atau atret. Pasti mempunyai karakter mundur ketika berlaga. Rangka tulan dan size-nya lebih besar dari pada yang asli yakni bobot 2,5-3,0 kilogram. Bahkan warna bulunya lebih menarik dari lainnya.

Biasanya ciri-ciri umumnya kaki kecil kering dengan padaun warna kaki cerah seperti kuning dan coklat. Karakternya bergaya menghindar atau devensif menjadi keistimewaan dari jenis lainnya.

Pama-Thai (Mathai)

Sebelum sobat mengetahui silsilah unggas ini, mari kita simak sama-sama supaya lebih tau detail mengenai asal mulanya. Dari informasi yang beredar bahwa mathai merupakan hasil persilangan antara pama dengan bangkok original.

Dengan demikian tidak heran bila memiliki struktur tulang lebih tebal dan padat, beratnya pun bisa mencapai 3,5 kilogram. Bulu-bulunya berwarna menarik dan lebat. Umumnya jenis ini memiliki kaki yang bercorak cerah, kecil bulat.

Ayam Pama-Brasil (Masil)

Brazilian atau masil merupakan sebutan dari jenis ayam laga modern yakni hasil perkawinan silang antara pama dan brasil. Sehingga masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan ayam brasil.

Selain hal itu juga mempunyai perawakan lebih besar daripada yang asli yaitu bobotnya bisa mencapai 3,5 kilogram. Karakter lainnya kaki kecil kering namun pendek dan warnanya terang layaknya ayam bangkok. Ketika berlaga memiliki kepiawaian dalam kontrol kanan kiri dan tak bisa di lock lawan.

Pama Ninja

Terakhir ini juga familiar dikalangan pecinta dan breeder lokal indonesia, meskipun bukan berasal dari tanah air namun banyak yang menyukai jenis ini. Darimana asal mula dan apa jenis pejantan & betina ninja ini?

Phama ninja merupakan hasil crossbreed antara jenis magon dengan betina burma dari myanmar. Bobotnya pun cukup berat sehingga lawannya sangat mudah dicarikan. Awal mula adanya ninja ini berasal dari peternakan kecil yakni milik MR.KEAW di kawasan nakhon phanom provinsi thailand.

Dari farm inilah sejarah jenis ninja dan saudara-saudaranya di rawat lalu dikembangbiakkan lagi. Dari kepindahan tangan ninja ke Mr.Kiang, disitulah awal mula ninja dikenal banyak orang. Bahkan ditangan beliau ninja sudah berprestasi sebanyak 6 kali dan kemenangannya dibawah 14 menit.

Nah itulah deskripsi sekilas dari beberapa jenis ayam pama yang terkenal di tanah air kita ini, apakah sobat sudah mempunyai dari sekian jenis yang kami sebutkan? Mana suaranya ini pecinta pama.

Model Kepala Ayam Pama

Model Kepala Ayam Pama

Tak hanya penjelasan diatas penghobi ayam laga juga tak sedikit ingin mengetahui model/bentuk kepala dari ayam pama. Rasa ingin tahu pastinya sudah dilandasi kriteria tipe kerja dan masih banyak lainnya.

Namun apakah pama tahan akan benturan dari pukulan lawan jika mengenai sekitar area kepala? Mari kita kupas tuntas informasi menarik ini :

Sebenarnya juga tidak begitu tebal bentuk kepala ayam pama karena pada dasarnya juga masih dalam strain birma sehingga perlu adanya perkawinan silang untuk menambah model kepala pama semakin menarik.

Meski begitu ketertarikan pada jenis ini masih sangat banyak, jadi tidak perlu mengkawinkan silang guna menghasilkan muka tebal sobat duniabinatang.net. Karakter bermain yang cerdik dan gesit sudah bagus untuk menghindari pukulan lawan yang cenderung mengarah kepala.

Gaya Bertarung Ayam Pama

Gaya Bertarung Ayam Pama

Teknik atau tipikal bertarung ayam pama ini bisa dikatakan modern sebab hampir semuanya mempunyai ciri khas berlaga menghindar memukul lawan tanpa ampun. Tembakannya akurasi ke arah kepala lawan sehingga dengan cepat lawan akan tumbang.

Akan tetapi kini sudah banyak jenis-jenisnya, jadi kami rasa memiliki jenis yang berbeda-beda itu selera setiap peternak. Kita tidak bisa memberikan asumsi si A jelek bagus B itu jangan sampai terlontar di ucapan ya sobat semua. Mari kita hargai perbedaan untuk menjadi persatuan.

Kelebihan Ayam Pama

Kelebihan Ayam Pama

Sebagaimana ayam ini berasal, kemunculannya sangat disambut baik oleh masyarakat nusantara maupun lainnya. Karena pama bermula dari perkembangan birma yang intinya bertujuan memutakhirkan pendahulunya tersebut.

Jadi tidak salah bila pama mempunyai kecepatan, akurasi pukul dan tenaganya lebih daripada birma, ya karena sejak awal sudah disetting sedemikian rupa. Adapun kelebihan yang bisa sobat ketahui sebagai berikut :

  • Pama ori postur tubuh tidak tebal dan tipis yaitu kisaran bobot 2,6 kilogram saja
  • Mempunyai kelebihan dalam teknik pukulan sangat cepat dan keras yang 90% mengarah kepala lawan
  • Ciri-ciri kaki kecil bulan namun dominan pukul jalu juga
  • Patukan sedikit tapi pukulan keras
  • Gerakan agresif dan lumayan bervariasi, sehingga cukup mengimbangi lawannya.
  • Ketika keadaan terdesak memberikan pukulan tembak/mranggal yang bisa mematikan pergerakan musuh.

Kekurangan Ayam Pama

Sepantasnya makhluk hidup mempunyai kekurangan, benar sekali walau ayam pama tangguh dan sudah banyak yang berprestasi ya tetap aja ada sisi kekurangannya. Berikut daftar penjelasan versi duniabinatang.net :

  • Ketika diganggu memang tipe unggas ini pandai dalam melawan akan tetapi tingkat kecepatan pukulannya kurang bagus.
  • Tingkat fokus kurang bagus sehingga mudah diserang balik oleh musuhnya.
  • Mental kurang menguasai berbagai jenis lawan
  • Titik kekurangan paling banyak yakni kurang pandai dalam mencari kesempatan menyerang musuh.

Jadi demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan seputar ayam pama, semoga dengan adanya pengetahuan ini menambah wawasan kita semua. Kami mohon maaf jika masih ada sepatah kata yang kurang tepat. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply