5
81

√ 4+ Ciri-Ciri Ayam Pama Jantan & Betina Berkualitas

Ciri-ciri ayam pama cukup membingungkan pasalnya banyak sekali jenis dari unggas laga ini. Sehingga cara mudahnya ialah mengetahui ciri khas yang masih asli/original.

Selain hal itu pama juga diunggulkan dalam bahan ternak para penghobi baik dari pejantan maupun betina. Tak heran jika pecinta ayam ini rela mendatangkan dari berbagai negara salah satunya Thailand.

Benar sekali thailand merupakan negara penghasil unggas laga yang cukup menyumbangkan sebagian besar di nusantara. Disanalah para peternak mengolah perkawinan silang yang menjadi jenis-jenis baru serta gaya permainan yang lebih modern.

Contohnya saja birma, pakhoy, mangon dan bangkok ialah dicetuskan di negara gajah putih. Ya memang big stadium di perbolehkan disana sehingga lebih mudah untuk beternak dan meningkatkan kualitas ayam-ayamnya. Biar tidak ketinggalan sama yang lain yuk simak ulasan dibawah ini :

Ayam Pama Adalah?

asal usul ayam pama

Ayam pama asli merupakan jenis unggas laga modern yang sebagai salah satu termutakhir dimasa sekarang. Istilah pama ini diambil dari asalnya yakni kawasan asia tenggara tepatnya Burmanese atau myanmar.

Karena asal mulanya mengembangkan dari jenis birma sehingga tak heran bila pama menjadi bahan dasar perkawinan silang untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil ternak sobat semua.

Sebenarnya pama asli itu memiliki karakteristik yang tak jauh berbeda dari burma secara fisiknya, namun secara teknik dan gaya bertarung pama lebih ciamik. Maka dari itu banyak yang mengembangkannya.

Ciri-Ciri Ayam Pama Terbaik

Ciri ciri fisik ayam pama

Mengetahui karakteristik ayam laga yang terbaik tidak hanya menilai dari fisiknya saja akan tetapi di tes lapangan juga. Namun secara garis besar dari fisiknya yaitu ukuran tulang tidak terlalu kecil dan besar yakni kisaran bobot 2,6-3 kg.

Warna bulu menarik yakni banyak digemari banyak orang dan tebal. Biasanya karakter kaki kecil bulat dan kering. Agar sobat semua mengetahui karakteristik dari jantan dan betina berkualitas, mari simak deskripsi dibawah ini :

Bagaimana Ciri-Ciri Pama Babon/Betina?

cara memilih induk betina pama

Bagaimana supaya mengetahui calon indukan yang bagus untuk beternak? Karena betina sifatnya dominan menurunkan ke anak-anaknya maka harus pandai dalam menyeleksi. Meskipun membutuhkan waktu agak lama tapi bisa mendapatkan yang terbaik.

Selain itu jenis dari pama ini juga banyak seperti ninja, iq, mathai, gostan dan brasilian. Dengan adanya ini sobat bisa memilah cara kerja ayam yang sobat semua inginkan.

Berdasarkan informasi kami ketahui, dibawah berikut ini dapat sobat mengetahui ciri-ciri ayam laga yang berkualitas dari fisiknya, antara lain sebagai berikut :

  • Sehat secara fisik
  • Belum pernah terkena penyakit
  • Kaki, sayap & badan tidak cacat
  • Sifat mengeram yang bagus
  • Postur tubuh propolsional
  • Jinak
  • Mata bersih
  • Daya tahan tubuh bagus terhadap lingkungan sekitar

Jangan lupa secara normal induk betina ketika memasuki waktu produksi memiliki bobot 1,6 hingga 3 kg paling besar. Jarak antara tulang pubis (kelamin) minimal 2 jari orang dewasa. Sebab bila kurang besar kemungkinan sudah memasuki usia afkir.

Apa Saja Ciri-Ciri Ayam Pama Jantan?

Ciri--ciri ayam pama jantan

Sebelum membeli ayam pejantan pama, langkah pertama yang wajib diperhatikan ialah keturunan asal-usulnya. Hal ini supaya sobat mengetahui karakter anak-anakannya nanti. Misal meleset ya tidak jauh dari pacek dan babonnya.

Karena dalam dunia unggas & hewan trah atau line ini adalah landasan dasar yang akan menentukan arah dan kesuksesan hasil anak unggas tersebut. Lalu bagaimana kalau saya tidak mempunyai teman untuk mencari bibit yang berkualitas min?

Tenang saja kan sudah ada grup facebook atau daerah sekitar sobat untuk bisa langsung dikunjungi. Ya namanya ingin mendapatkan yang bagus pastinya juga tidak mudah.

Yang tak kalah penting juga yakni dana dalam pembelian. Percuma jika sudah mendapatkan pemiliknya tapi kapasitas daya beli tidak ada. Bukankah begitu sobat?

Mungkin dengan beberapa contoh dibawah ini bisa menjadi penilaian untuk mengetahui karakter fisik pama jantan berkualitas dari segi fisiknya. Apa saja itu, simak ulasan berikut ini :

  • Trah/keturunan jelas
  • Sehat secara fisik
  • Postur tegak dan panjang
  • Bulu tebal tidak terlalu kering dan basah
  • Warna selera (sobat)
  • Ukuran tulang tidak terlalu besar dan kecil
  • Jari-jari merit panjang
  • Mata bersih
  • Jengger dominan sedang
  • Cakar bagian belakang dominan lurus ke belakang bukan menyamping

Nah itulah beberapa contoh memilih jenis jantan yang bisa menjadi bahan pertimbangan sobat semua, apabila mendapatkan yang sudah dewasa jangan lupa untuk dicoba supaya bisa mengetahui type dan cara kerja di lapangan.

Perbedaan Ayam Pama & Pakhoy

Perbedaan Ayam Pama & Pakhoy

Memang dari namanya keduanya berbeda, lalu apa perbedaan utama agar ketika hendak membeli tidak tertipu oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Dari segi gaya berlaga pama dan pakhoy pun berbeda jauh.

Ayam pakhoy karakter bertarung dengan maju cepat dan model mematuk lawan dominan brutal atau brakot. Jadi area pukul 70% ke punggung lawannya. Sedangkan pada jenis pama gaya beratarung mundur-mundur pelan dan bahkan ada juga yang lari.

Jadi buat sobat yang masih kebingungan cari tahu dulu dari fisik lanjut gaya bermain, sebab ayam pama pun juga terdapat berbagai jenis. Sehingga perlu adanya pengetahuan agar tidak menjadi salah penilaian.

Demikianlah rangkaian informasi seputar ciri-ciri ayam pama jantan & betina yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan adanya pengetahuan baru ini bisa menjadi wawasan yang berguna baik diri sendiri maupun orang lain. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply