6
1381

โˆš Cara Melatih Ayam Jalu Lepek

Ayam jalu lepek ialah salah satu jenis taji ayam yang dapat dikatakan paling unik dibandingan jenis yang pada umumnya. Karena pada jalu lepek secara kenyataan tidak ada pertumbuhan taji yang bisa memanjang seperti yang lainnya.

Dengan karakteristik seperti ini menandakan keberagaman ayam laga di Indonesia semakin berwarna. Sebab bisa berkembang dan menjadikan ciri khas masing-masing untuk dipelajari karakternya, alhasil lebih mudah untuk dikenal secara luas.

Biasanya ayam bangkok dapat dikatakan berkualitas jika mempunyai gaya bertarung dan cara mengalahkan lawan dengan kemampuan fisiknya yang luar biasa. Pastinya seorang penghobi ayam laga bisa menilai sendiri dimana ayam yang unggulan atau tidak saat diarena pertarungan.

Ciri-Ciri Ayam Jalu Lepek

Ciri-ciri ayam jalu lepek

Setiap jalu ayam bangkok mempuyai karakteristik yang berbeda-beda hal ini dikarenakan terdapat beberapa jenis taji ayam. Sedangkan pada ayam laga taji lepek ini cukup mudah difahami baik dengan sekilas ataupun detailnya. Berikut ini ciri-ciri dari jalu lepek versi team duniabinatang.

  • Jalu lepek ditandai tidak ada pertumbuhan yang memanjang hanya saja biasanya terdapat benjolan 3 yang paling tengah menonjol sendiri
  • Ayam muda maupun tua tidak terlihat perbedaannya jika mengacu pada jalunya
  • Besar kecilnya otot ayam ini tergantung dengan cara perawatan dan silsilahnya
  • Umumnya memiliki ciri khas fisik dominan kecil dibandingan ayam bangkok jenis jalu lainnya.
  • Struktur tulangan ayam tidak besar
  • Kaki-kaki dan tulangnya kuat serta tebal

Cara Merawat Ayam Jalu Lepek

Cara merawat ayam jalu lepek

Perawatan ayam aduan sejatinya sama saja, hanya saja sobat harus lebih memahami mana ayam yang tipe pukul jalu atau syaraf. Maka dari itu untuk secara dasar dari anakan hingga beranjak menjadi jago masih sama jadi pemberian pakan, mandi maupun menjemurnya.

Kemudian ketika sudah memasuki usia dewasa dan bulunya telah berganti barulah sobat rawat dengan memberikan jam latihan fisik. Dengan cara ini maka pembentukan dasar otot dan stamina bisa terus berkembang seiring jam terbang yang diberikan.

Jangan lupa juga sobat berikan multivitamin ayam dan suplemen untuk menjaga performa ayam jalu lepeknya agar tidak mudah loyo. Jika ada problem jangan sungkan pula bertanya sesama penghobi guna mendapatkan tips yang valid dan ayam pun bisa aktivitas sebagaimana semestinya.

Cara Melatih Ayam Jalu Lepek

Cara melatih ayam jalu lepek

Ayam aduan tidak hanya mengandalkan pada tajinya saja. Karena berdasarkan praktiknya harus memiliki fisik dan mental yang kuat untuk menghadapi siapa saja lawannya. Oleh sebab itu dengan metode latihan bertahap akan membuat kekuatan fisiknya serta mental tidak mudah menyerah.

Cara melatih ayam dapat dilakukan pada hari senin sampai kamis dan hari lainnya digunakan masa istirahat maupun pemulihan tenaga. Jadi ketika sudah berjalan maka tinggal memaksimalkannya saja.

Namun perawatan ayam pun menjadi pendukung utama untuk proses pembentukan fisik maupun stamina. Kalau para peternak ayam aduan biasanya sudah mempersiapkan jamu dan obat-obat ayam untuk antisipasi bila mengalami cidera atau penurunan dari kesehatan ayam tersebut.

Keistimewaan Ayam Aduan Jalu Lepek

keunggulan ayam jalu lepek

Kelebihan ayam jalu lepek juga tak jarang yang memiliki keunggulan dengan pukul jalunya. Walaupun dari kenyataan taji menonjol sedikit, bila mengeai bagian fatal lawan bisa dengan cepat untuk dikalahkan. Hal ini dikarenakan pukulannya tepat mengenai area yang rawan pada musuhnya.

Biasanya keistimewaan ayam dengan badan sedang atau kecil memiliki pukulan jalu yang mematikan. Selain itu teknik bertarung yang agresif serta mudah mencari celah untuk memberikan serangan yang tak terduga. Maka dari itu jangan anggap remeh ayam yang tiada jalunya.

Bahkan akurasi pukulan sering tepat sasaran dan sangat cocok untuk bertarung dengan ayam tipe speed. Contohnya ayam birma, mangon dan jenis modern yang telah disilangkan dengan beberapa strain terbaru.

Demikianlah rangkaian informasi kali ini yang dapat team dunia binatang sampaikan perihal ayam jalu lepek. Mudah-mudahan dengan adanya pemaparan diatas dapat memberikan informasi yang valid dan pastinya bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply