2
582

√ 10+ Manfaat Beras Ketan Hitam Untuk Kesehatan Tubuh Manusia & Hewan

Beras ketan hitam- Banyak jenis beras yang ada di sekitar setidaknya ada 4 jenis beras yang populer di masyarakat. Jenis beras yang dikenal masyarakat yaitu beras putih, beras merah, beras ketan putih dan ketan hitam.

Beras ketan hitam adalah salah satu varietas beras yang memiliki kandungan pati seperti ketan putih namun warnanya seperti beras hitam, ini karakterisitiknya.

Karakteristik Beras Ketan Hitam

Beras Ketan Hitam

Meskipun masuk ke dalam kelompok beras atau tanaman pati, namun ketan hitam memiliki karakteristik yang unik.

Setelah diolah pun memberikan tampilan yang berbeda dengan beras atau pun ketan putih. Berikut ini karakteristik ketan hitam:

  • Amilopektin tinggi. Pati atau serat larut airnya sangat tinggi pada ketan hitam, inilah yang membuat teksturnya menjadi lebih lengket dari beras biasa.
  • Antosianin tinggi. Kandungan antosianin pada ketan hitam sangat tinggi, sehingga membentuk warna hitam keunguan pada kulit artinya.
  • Bentuk gabah. Dilihat dari bentuk gabahnya, bentuk gabah ketan hitam adalah lebuh bulat dibandingkan dengan beras hitam atau beras biasa.
  • Lengket setelah diolah. Untuk membedakan beras hitam dan ketan hitam yang paling mencolok adalah setelah pemasakan. Tekstur ketan hitam lebih lengket seperti ketan pada umumnya dibandingkan beras hitam.
  • Warna gabahnya hitam. Jika beras hitam memiliki warna gabah yang sama dengan beras biasa yaitu coklat, lain halnya dengan beras ketan hitam. Ketan hitam ini warna gabahnya adalah hitam sama dengan warna bulir berasnya.

Itulah karakteristik ketan hitam yang ditunjukkan mulai dari bentuk gabah sampai selesai diolah memiliki karakteristik yang unik.

Karakteristik di atas bisa secara langsung dilihat dan digunakan sebagai pembeda beras ketan hitam dibanding jenis beras lainnya.

Selain karakteristiknya yang berbeda, ketan hitam juga memiliki kandungan dan komposisi zat gizi yang tentu berbeda.

Kandungan Gizi Beras Ketan Hitam

Kandungan Gizi Beras Ketan Hitam

Ketan hitam sebenarnya adalah versi ketan dari beras hitam, khasiatnya sama dengan beras hitam namun teksturnya seperti beras ketan.

Berdasarkan literatur yang ada beras ketan hitam sangat baik dikonsumsi, karena memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Kandungan gizi beras ketan hitam mentah adalah:

  • Energi: Setiap 100 gram ketan hitam mengandung 356 kkal, sehingga ketan hitam bisa dijadikan sumber energi alternative selain beras.
  • Protein. Kandungan proteinnya adalah 7 gram per 100 gram, tidak berbeda jauh dengan beras biasa.
  • Lemak. Kandungan lemaknya adalah 0,7 gram per 100 gram ketan hitam sama seperti sumber karbohidrat lainnya.
  • Karbohidrat: Setiap 100 gram ketan hitam mengandung 78 gram karbohidrat dengan susunan terbesar adalah pati amilopektin.
  • Kalsium. Pada ketan hitam sekitar 10 mg kalsium yang berguna untuk kesehatan tulang dan gigi.
  • Fosfor. Mineral penting lainnya yang dikandung ketan hitam adalah fosfor dengan kandungan 148 mg per 100 gram beras ketan.
  • Zat besi. Kandungan zat besi ketan hitam adalah 1 mg per 100 gram beras ketan adalah kandungan yang cukup tinggi.

Nah, itulah komposisi zat gizi beras ketan hitam dalam per 100 gramnya, zat-zat gizi yang terkandung di dalamnya itulah yang dapat memberikan manfaat.

Ketan hitam memang lebih populer dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan membuat jajanan, padahal potensinya sangat besar selain itu. Banyak manfaat yang bisa diberikan ketan hitam untuk berbagai hal.

Manfaat Beras Ketan Hitam

Beras Ketan Hitam

Sebagai sumber makanan memiliki kandungan gizi yang lengkap, ketan hitam memiliki banyak sekali manfaat.

Tidak hanya manfaat dalam segi kesehatan, bahkan banyak manfaat yang belum diketahui banyak orang. Berikut ini adalah ulasan manfaat ketan hitam yang bisa dirasakan:

1. Obat Alami Diabetes

beras ketan hitam

Meskipun sama dari golongan beras, ketan hitam memiliki kandungan serat larut air yang lebih tinggi, sehingga indeks glikemiknya lebih rendah.

Selain indeks glikemik rendah yang tidak menyebabkan kenaikan gula darah juga mengandung anti inflamasi dan kaya antioksidan. Hal tersebut membuat yang mengkonsumsi ketan hitam akan terhindar dari resiko diabetes.

2. Mampu Mencegah Anemia

beras ketan hitam

Anemia adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan zat besi, sehingga hemoglobin penderita menjadi rendah.

Mengkonsumsi ketan hitam yang tinggi zat besi akan mencegah keadaan anemia karena tubuh mendapatkan cukup zat besi. Anjuran konsumsi ketan hitam untuk mencegah anemia adalah 2-3 kali dalam seminggu.

3. Bisa Dijadikan Sebagai Sumber Energi

 Sumber Energi

Jika melihat kandungan energinya yang cukup besar per 100 gram ketan hitam, maka memang cock dijadikan sumber energi.

Ketan hitam bisa menggantikan nasi yang berasal dari beras sebagai sumber energi tubuh. Dengan mengkonsumsi ketan hitam sama halnya dengan konsumsi nasi putih karena kandungan energinya tidak berbeda jauh.

4. Bagus Untuk Kesehatan Kulit

 Kesehatan Kulit

Ketan hitam memiliki sifat mendinginkan dan melembabkan kulit, sehingga akan membuat kulit menjadi cerah dan lembut.

Caranya adalah dengan memanfaatkan beras ketan hitam sebagai lulur atau masker pada wajah. Dengan demikian sel-sel kulit mati akan terangkat dan digantikan oleh yang baru, kulit kusam akan hilang dan menjadi kulit cerah.

5. Sumber Antioksidan

Sumber Antioksidan

Jika dilihat warnanya yang hitam keunguan, ketan hitam ini banyak mengandung flavonoid antosianin salah satu antioksidan kuat.

Semakin gelap warna kulit artnya maka kandungan antioksidannya semakin tinggi, sehingga ketan hitam adalah sumber antioksidan. Manfaat antioksidan banyak sekali untuk mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan radikal bebas.

6. Menjaga Kesehatan Tulang Dan Gigi

Kesehatan Tulang Dan Gigi

Ketan hitam kualitas baik memiliki kandungan kalsium yang tinggi dibandingkan jenis bera lainnya. Kalsium sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi, sehingga konsumsi ketan hitam akan membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

7. Bahan Membuat Makanan Olahan

Bahan Membuat Makanan Olahan

Banyak sekali makanan olahan yang bisa dibuat dari ketan hitam dan telah banyak dikenal oleh masyarakat dan sudah sering dipraktekkan.

Sebagian besar makanan olahan yang dibuat adalah merupakan jajanan tradisional seperti bubur ketan, tape ketan hitam, onde-onde dan lainnya.

8. Pakan Ayam Cemani

Pakan Ayam Cemani

Beras ketan hitam juga dipercaya sangat bermanfaat bagi pemeliharaan ayam hitam cemani. Ketan hitam bisa dijadikan pakan tambahan bagi cemani, karena dipercaya bisa membentuk lidah hitam pada cemani. Pemberian pakan tambahan berupa ketan hitam akan membentuk lidah hitam pada cemani sehingga ayam menjadi 100% hitam.

9. Menyuburkan Rambut

Menyuburkan Rambut

Ketan hitam ternyata juga memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut yang telah dibuktikan dengan penelitian secara klinis. Kandungan nutrisinya yang lengkap memang sangat bagus untuk membuat rambut kembali sehat dan kuat.

10. Menghambat Proses Penuaan

Menghambat Proses Penuaan

Proses penuaan adalah hal yang wajar dan pasti terjadi pada setiap orang, namun terkadang penuaan terjadi secara dini tidak sesuai usia.

Hal tersebut bisa terjadi karena banyak faktor salah satunya adalah pengaruh radikal bebas yang merusak. Ketan hitam adalah sumber antioksidan yang baik, bisa membantu untuk menghalau radikal bebas yang merusak, sehingga proses penuaan akan terhambat.

Demikian adalah manfaat-manfaat yang bisa diberikan beras ketan hitam kepada penggunanya. Mungkin selama ini hanya manfaatnya sebagai bahan jajanan saja yang banyak diketahui. Padahal ketan hitam memiliki banyak sekali manfaat dalam segala hal.

Informasi yang paling mengejutkan adalah bahwa ketan hitam sangat berguna untuk pembentukan ayam cemani.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply