6
210

โˆš Manfaat Micin Untuk Ayam Bangkok

Manfaat micin untuk ayam peliharaan memang benar adanya, tapi apakah sobat mengetahui kegunaannya tersebut. Jika belum tau pas banget, karena pada kesempatan kali ini akan kami berikan informasi lengkapnya.

MSG atau micin umumnya digunakan untuk campuran masakan. Penyedap rasa ini dikalangan masyrakat lebih dikenal dengan sebutan micin atau vetsin. Tetapi secara globalnya atau dunia kedokteran disebut MSG yang disingkat dari istilah Monosodium Glutamat.

Jadi peran micin pada makanan yakni adanya senyawa yang berasal dari jenis asam amino glumat sehingga memberikan cita rasa manis dan memperkuat rasa asam maupun asin dalam hidangan tersebut. Bahkan kalau bahan alami yang mengandung asam amino ini dapat ditemukan pada bahan makanan seperti tomat, daging, ikan, keju dan jamur.

Kandungan Monosodium Glumat

Kandungan micin ajinomoto

MSG atau secara lengkapnya monosodium glumat yaitu garam natrium yang asal muasalnya dari asam amino glutamat. Fungsi dari MSG ini penting banget dalam melengkapi bumbu makanan yang sudah dilakukan ratusan tahun.

Berdasarkan data dari badan pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat, bahwa menambahkan MSG ke makanan dianggap aman. Walau ada beberapa orang menganggap ini sebagai pemicu sejumlah gejala penyakit.

Kemudian monosodium glutamat mempunyai kadar kandungan sepertinganya dari garam meja. Pemakaiannnya pun umumnya lebih sedikit jika dibandingkan garam dalam masakan. Jadi bila sobat menggunakan MSG dan mencampurkan garam meja sedikit. Metode ini akan mengurangi konsumsi natrium garam pada makanan antara 20-40%.

Bahkan juga diklaim aman untuk anak-anak pemberian MSG pada makanan. Hal ini dikarenakan tubuh anak kecil pun membutuhkan metabolisme glutamat seperti halnya orang dewasa.

Fakta yang lebih mengejutkan lagi kalau ASI mengandung 10 kali lipat glutamat daripada susu sapi. Akan tetapi antara fungsi ASI dan MSG berbeda karena prosesnya alamiah dari tubuh orang.

Pola Pemberian Micin Pada Ayam

Dosis micin untuk ayam

Memberikan micin atau monosodium glutamat pada ayam pada dasarnya ada dosisnya. Sehingga akan membantu dalam tubuh ayam dengan maksimal dan tanpa menimbulkan efek yang tidak diinginkan oleh semua peternak. Untuk itu jangan skip pemparannya agar sobat memperoleh pengalaman baru lagi.

Asam amino yang terdapat pada komponen MSG akan membentuk protein yang tentunya membantu percepatan pertumbuhan ayam. Sementara peran natrium sendiri diberikan untuk mempertahakan tekanan osmotik. Sebab pada micin ini terdiri atas dua komponen utama seperti mineral, natrium dan asam amino (asam glutamat).

Metode pemberian yang paling efektif yaitu dengan dosis 3 gram setiap 1 kg pakan ayam. Jadi tidak heran kalau resep ayam pedaging cepat besar salah satunya menambahkan micin dalam racikan pakannya. Ide ini bisa sobat kembangkan untuk beternak ayam bangkok atau ayam kampung khususnya anakan agar pertumbuhannya dapat maksimal.

Daftar Manfaat Micin Untuk Ayam

Manfaat micin pakan ayam

Khasiat micin untuk ayam itu memang benar adanya. Hal ini sudah dibuktikan dalam pembesaran ayam broiler. Maka dari itu tidak ada salahnya juga bila diterapkan pada ayam laga ataupun sejenisnya.

Namun sobat perlu mengetahui juga kalau jenis micin di Indonesia cukup banyak seperti royco, ajinomoto, masako, vetsin sasa dan lain-lainnya. Sementara yang sering digunakan oleh sebagian besar peternak yaitu dari merk ajinomoto. Dengan hal ini manfaat micin untuk ayam bisa memacu hormon pertumbuhan ayam yang optimal.

Menurut informasi yang kami ketahui sampai sekarang bahwa kegunaan dan pengaruh micin pada hewan ternak menjadi 2 bagian. Selain itu perlu diingat juga mengenai efek samping yang bisa terjadi bila penggunaannya teralu berlebihan atau tanpa batas. Inilah contoh manfaatnya versi dunia binatang.

Meningkatkan Hormon Pertumbuhan Ayam

Perbedaan yang akan sobat dapatkan atas pemberian micin pada anak ayam yaitu bertambahnya bobot dan konsumsi pakan tidak sampai 20%. Tapi metode ini menggunakan dosis 3 gram MSG yang dicampurkan sama pakan ayam.

Selain itu sobat bisa menerapkan penggunaan dengan takaran 7,5-22,5 mg setiap hari selama 3 minggu. Jadi banyak sedikitnya penggunaan MSG tergantung sama populasi ayam yang sobat rawat. Insyaallah dengan metode ini bobot anak ayam akan lebih cepat bertambah.

Menambah Nafsu Makan Ayam

Kemudian fungsi dari asam glutamat pada MSG pun juga membuktikan atas konsumsi pakan ayam semakin membaik. Alhasil, kalau sobat mengalami permasalahan anak ayam susah makan meski sudah disediakan yang kualitasnya bagus, cobalah menambahkan micin pada ransumnya.

Akan tetapi dari aspek kebersihan, sirkulasi udara dan kesehatan fisik ayam usahakan dalam kondisi yang sehat. Karena kalau kita lengah mungkin didasari kesehatan ayam yang kurang dan kandang yang tidak layak.

Berpengaruh Mikroanatomi Ren Ayam

Selanjutnya bahwa MSG telah terbukti bisa meningkatkan bobot ayam. Namun penggunannya perlu sobat batasi, supaya tak sampai menyebabkan keracunan pada hewan ternak atau sudah dikonsumsi oleh manusia.

Karena dalam organ tubuh ayam terdapat ren yang bertanggung jawab atas ekskresi yang beragam dari sisa metabolisme serta ion hidrogen. Pasalnya ketika terdapat suatu bahan kimia yang non toksik dalam plasma dapat mencapai konsentrasi toksik dalam ren.

Kemudian ren yang rusak pun masih terbagi menjadi dua bagian. Untuk yang pertama akut ini perkembangan yang kerusakannya dalam beberapa hari/minggu, Sementara dari kerusakan kronik umumnya berlangsung dalam beberapa tahun kedepan.

Jadi pembelajaran yang dapat kita petik yaitu pemberian micin pada ayam pedaging ataupun bangkok bermanfaat dalam pertumbuhan yang cepat. Sedangkan efek sampingnya berpotensi kerusakan pada mikroanatomi ren bila pemberiannya melebihi dosis yang telah ditentukan.

Demikianlah rangkaian informasi kali ini yang dapat kami sampaikan kepada sobat dunia binatang. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply