√ Daftar Cara Membuat Makanan Ayam Kalkun Berkualitas Tinggi

Makanan ayam kalkun pakan pokok dan tambahan yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangbiakan, maka oleh itu ada beberapa jenis yang wajib peternak ketahui. Faktor kebersihan kandang juga bisa mempengaruhi dalam ternak unggas salah satu ini. Jika sobat baru mau terjun sebaiknya memperhatikan poin poin dibawah ini.

Lalu apa saja pakan yang terbaik dan harganya terjangkau untuk orang yang baru menekuninya? Sabar dulu ya kami akan ulas satu-satu supaya mudah dipahami sama kalian. Selanjutnya di usia berapa anak kalkun bisa diberikan sayuran atau hijau-hijauan.

Bentar deh kami berikan yang terbaik supaya lebih mudah menangani anakan agar makan banyak dan cepat besar. Betul sekali kalau voer atau konsentrat menjadi cepat besar dan gemuk tapi cost jadi mahal kan. Berikut daftar ulasan versi duniabinatang.net antara lain sebagai berikut :

Bahan-Bahan Makanan Ayam Kalkun

Bahan-Bahan Makanan Ayam Kalkun

Walaupun sebagian besar pelaku ternak ini juga sebagai hobi dan tambahan pendapatan, sangat bagus lagi jika diperhitungkan pula pengeluaran pakannya. Daripada asal-asal memberikan campuran dan tidak tahu nilai gizi dan protein yang dibutuhkan sama si ayam ini. Sebaiknya simak uraian ini saja deh.

  • Voer/Konsentrat

Konsentrat atau voer biasanya diberikan pada hewan peliharaan baik ayam bangkok, petelur dan pedaging. Karena banyaknya jenis voer membuat bingung juga kan, sebaiknya sobat memberikan dengan nilai kadar protein 20%.

Dengan memberikan kadar diatas insyaallah akan mempercepat pertumbuhan dan proses penggemukan juga. Untuk menjadi murah juga bisa ditambahkan bahan lainnya.

  • Nasi Aking

Tambahan dari karak atau nasi aking ini sangat memangkas kebutuhan voer yang banyak menjadi sedikit. Ya pastinya anakan yang dibawah 2 bulan masih kurang cocok sebab ia pada tahap pertumbuhan badan dan tulang.

Untuk mendapatkan ini sobat bisa membuatnya sendiri maupun beli di pasar atau tetangga. Biasanya sampai saat ini per kg harganya 4.000-5000, bila membeli dengan banyak coba saja di nego.

  • Bekatul

Dedak atau bekatul ini merupakan limbah dari penyelepan gabah, jadi sangat bagus untuk diberikan kepada unggas ternak seperti bebek, ayam maupun sapi. Agar kalkun tetap lahap memakan bahan tambahan ini. Kami menyarankan agar menggunakan yang halus saja.

Karena hewan lebih menyukainya, biasanya yang agak kasar lebih banyak rambut dan kulit sehingga nafsu makan menjadi menurun drastis. Supaya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pahami hal ini secara seksama ya sobat semua.

  • Ampas Tahu

Nah limbah dari kedelai ini juga bisa loh untuk dijadikan bahan campuran makanan ayam kalkun, pastinya sobat semua sudah tahu dong nilai manfaatnya dari limbah pembuatan tahu ini. Selain untuk entok, kelinci, kambing dan sapi juga bagus kok diaplikasikan sama kalkun.

  • Sayur/Hijau-Hijauan

Menu tambahan yang bisa dicampurkan selanjutnya adalah dedaunan. Kebutuhan hijauan ini bagus untuk menjaga kesehatan kalkun serta mengurangi kebutuhan pakan yang mahal. Sobat bisa menanamnya sendiri di pekarangan rumah atau kebun.

Daun apa yang bisa digunakan untuk menambah vitamin ke ayam kalkun? Beberapa jenis sayur seperti daun pisang, kakung, sawi, eceng gondok dan daun pepaya ini bisa dijadikan alternatif terbaik.

Cara Membuat/Meracik Pakan Kalkun

Cara MembuatMeracik Pakan Kalkun

Cara meracik pakan kalkun anakan dan dewasa sebenarnya mudah hanya saja di sini ada perbedaan bahan-bahannya. Inilah daftar takaran untuk yang dewasa :

  • Voer/konsentrat 20-30%
  • Bekatul 40%
  • Nasi aking secukupnya
  • Sayur-sayuran 25%
  • Air panas

Untuk metode pencampuran menggunakan air panas agar dan masukkan nasi aking jika dirasa cukup lunak lalu tambahkan voer dan bekatul terakhir tambahkan potongan sayuran dan di aduk hingga merata.

Jika semuanya sudah tercampur coba digenggam sekiranya tidak panas dan sudah bisa diberikan pada ternak kalkun di kandang. Itulah beberapa cara meracik pakan menjadi mudah dan simpel.

Makanan Anakan Ayam Kalkun

Makanan Anakan Ayam Kalkun

Anakan ayam kalkun yang baru menetas sampai 2 bulan sangat membutuhkan pakan yang berkualitas. Hal ini supaya mempersingkat masa pemeliharaan menjadi lebih efisien dan memenuhi kebutuhan daging pada pasar.

Pakan utamanya adalah voer dengan nilai protein minimal 20%. Meski jadi banyak pengeluaran pakan namun tetap menjaga standar kesehatan dan bobotnya. Voer yang dapat diberikan bisa berupa jenis BR, 511, AD 1, 591 dan lain-lainnya.

Sebab anakan ini jika diberikan seperti bekatul pencernaannya belum bisa maksimal. Sehingga bisa menimbulkan penyakit pada DOT kalkun. Kami menyarankan agar anakan yang dibawah 2 bulan lebih bagus diberikan makanan voer saja.

Khsusus sayuran diberikan seminggu 1-2 kali saja ya setidaknya kebutuhan vitamin juga diperhatikan. Tapi jangan dikasih nasi aking sama bekatul dulu ya sobat.

Sedangkan untuk minuman lebih bagus air matang, hal ini meminimalisir pertumbuhan cacing pada hewan. Apabila langkah-langkah diatas diterapkan insyaallah dari bulu dan bobot lebih menyenangkan.

Makanan Ayam Kalkun Dewasa

Makanan Ayam Kalkun Dewasa

Ketika memasuki usia remaja atau dewasa yakni 4 bulan lebih, pemberian makanan alternatif dan tambahan sangat membantu untuk meningkatkan bobotnya. Apalagi sobat fokus ke penjualan pedaging, hal ini kami rasa wajib ya.

Karena ada target waktu dan berat badan pemberian makanan yang bagus sangat bermanfaat untuk setiap peternak. Meskipun setiap kelompok kalkun porsinya beda-beda sudah sepantasnya peternak mengetahui hal ini.

Tips ini bisa memberikan pakan pada waktu siang hari tapi jangan banyak sebab ketika menjelang makan sore jadi kurang lahap. Apa yang bisa memacu perkembangan berat badannya. Ya dedaunan dan dedak saja sudah cukup kok.

Di kira-kira saja jangan sampai kebanyakan ya sobat. Setidaknya perbandingan 1:9 jadi 10% bekatul dan 90 % dedaunan. Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar makanan ayam kalkun. Semoga dengan pengetahuan ini bermanfaat untuk kita semua sekian dari kami dan terimakasih.

Leave a Reply