6
307

โˆš Hewan Pemakan Telur Ayam

Hewan pemakan telur ayam meresahkan para peternak ayam yang kerap mengeluhkan telurnya hilang dengan tak lazim. Mungkin daerah sobat juga rawan dengan hal serupa ini, namun belum menemukan informasi secara pastinya kenapa bisa hilang.

Telur ayam merupakan salah satu makanan yang dijual secara komersil dan ditujukan untuk menghasilkan anakan ayam. Problem yang masih menjadi keluh kesah penghobi ataupun pelaku tenak yaitu ayamnya mati dan telurnya menghilang tanpa meninggalkan bekas sama sekali.

Dalam kesempatan kali kami akan memberikan penjelasan kepada sobat dunia binatang perihal misteri telur ayam hilang. Namun untuk lebih detailnya, jangan sampai skip pemaparannya dibawah ini. Karena kami rasa informasinya sangat dibutuhkan oleh para pemelihara ayam di Indonesia.

Penyebab Telur Ayam Hilang

Penyebab Telur Ayam Hilang

Faktor hilangnya telur ayam pada tempat bertelur ayam sering terjadi? Bagaimana cara mengetahui penyebab dari hilangnya telur dikandang ayam secara detailnya. Padahal ayam saya tidak memakan telurnya sendiri. Pertanyaan seperti ini sering dilontarkan oleh penghobi ayam.

Menyiasati hal semacam ini sebetulnya ada 3 lebih yang menyebabkan telur ayam hilang. Daerah pedesaan atau lingkungan persawahan merupakan contoh yang menjadi sumber permasalahan ini. Pasalnya diare tersebut masih banyak hewan buas yang suka mencuri telur ayam tanpa kita sadari.

Walaupun terkadang ayam kita sendiri yang menjadi incaran utama oleh sang pemangsa. Sedangkan untuk mengetahuinya kami ada jawaban yang cukup komplek terkait penyebabnya. Informasi ini kami dapatkan berdasarkan pengalaman yang sudah terjadi.

Hewan pemangsa yang biasanya menjadi faktor hilangnya ini bisa ayam betina lain, biawak, tikus, ular dan garangan. Sebelum memutuskan tanpa pasti, alangkah baiknya sobat membuat jebakan ataupun kamera yang menyoroti tempat bertelur ayam sepanjang hari.

Daftar Hewan Pemakan Telur Ayam

Predator pemangsa telur dan ayam

Sesudah mengetahui cara mengatasi ayam bertelur sembarangan, kini malah ada permasalahan telur ayam hilang dimakan hewan misterius. Apakah ular pemakan telur ayam? Kalau berdasarkan pengalaman memang ada dan justru seringnya menyerang ayam indukan yang sedang mengeram.

Biawak benar makan telur ayam? Sebentar sebelum bertanya-tanya terus alangkah baiknya sobat simak penjelasan kami dulu. Ya sudah daripada kelamaan sobat nanya, langsung saja kita cek daftarnya dibawah berikut.

Ular Pemakan Telur Ayam

Pemangsa ayam dan telur yang pertama ini keberadaannya ada dilingkungan sekitar kita. Jadi baik daerah perkotaan dan pedesaan memiliki resiko yang sama. Umumnya ular akan mengincar indukan sedang mengeram dan tatkala malam hari.

Antisipasi yang terbaik yaitu membuatkan kandang yang lebih rapi dan rapat namun tetap berpedoman dengan standarisasi kandang ayam. Selain itu tambahkan berupa penerang kandang seperti lampu, alhasil kita tetap bisa memantau kondisi kandang meskipun malam hari.

Garangan

Garangan jawa merupakan hewan yang menjadi hama untuk ayam yang dipelihara dekat perkebunan atau area persawahan. Selain mengincar ayam anakan dan dewasa, predator darat ini juga sangat buas karena mengejar sampai dapat ayamnya.

Apalagi kalau ayam sobat bertelur diluar kandang, secara otomatis menjadi mangsa yang sangat mudah untuk ditumbangkan. Sebagai upaya untuk meminimalisirnya sobat bisa membuatkan kandang terbatas namun tidak diarea paling ujung dengan persawahan.

Biawak Hewan Pemakan Telur

Biawak merupakan bangsa dari kadal yang memiliki ukuran sedang dan besar. Penyeberannya juga pada kawasan yang memiliki iklim panas dan tropis sehingga terdapat dibenua asia, afrika dan australia.

Sedangkan untuk di Indonesia biawak biasanya akan tinggal didaerah yang tak jauh dengan perairan. contohnya padang rumput, hutan lembap dan hilir sungai. Khusus perkotaan seringkali biawak ditemukan di gorong-gorong saluran air yang menyalur ke sungai.

Makanan dari biawak ini seperti kodok, ikan, serangga, burung dan telur unggas. Oleh sebab itu adanya pencegahan untuk upaya menyelematkan telur ayam dari curian biawak. Salah satunya yaitu dengan membuatkan kandang jauh dari hilir sungai.

Tikus Pemangsa Telur

Hama yang menyebabkan kerugian peternak ayam petelur yaitu bukan permasalahan baru. Pasalnya tikus sering kali menerobos ke gudang pakan dan memangsa telur yang ada dikandang ayam. Bahkan ada kejadian sampai menggigit para pekerja ketika tidur lelap.

Tentunya hal semacam ini perlu adanya tindakan lebih serius lagi untuk membasminya. Sebab kalau dibiarkan bisa semakin meraja lela dan merugikan peternak ayam. Karena hama ini juga bisa membawa penyakit untuk unggas yang kita pelihara.

Musang

Tidak seperti hewan pemangsa telur lainnya musang ini bisa aktif ketika siang ataupun malam hari. Selain terkenal dengan gesit, ayam yang kita ternak pun dapat menjadi mangsanya. Hal paling menyebalkan yaitu musang akan memangsa ayam khususnya area kepala, leher dan punggungnya saja.

Akan tetapi apakah telur ayam tidak diincar? Ini sangat mungkin terjadi, karena ketika musang kelaparan, telur pun menjadi target yang diproiritaskan. Maka dari pastikan kalau peternakan ayam sobat selalu dilindungi dengan baik dari buruan musang ini.

Anjing Predator Ayam

Selain terkenal dengan hewan penjaga, namun kita tidak bisa mengabaikan tentang resiko anjing memakan ayam dan telurnya. Ketika lalai atau lengah dan anjing saat lapar maka kematian ayam tidak bisa dihindarkan.

Alangkah baiknya jika penerapan pembuatan kandang yang terpisah sebagai usaha yang bisa sobat maksimalkan dalam mencegah hal yang tidak diinginkan. Namun untuk ayam yang dilepas liar pastinya tak bisa kita pantau seutuhnya, sebab lingkungan sobat ada yang memelihara anjing dan dilepas bebas juga.

Cara Mengatasi Telur Ayam Hilang

Mengatasi telur ayam hilang

Jadi bagaimana cara melindungi telur dan induk ayam agar tidak sampai hilang ataupun mati dimakan predator ini? Berdasarkan pengamatan kami yaitu ada beberapa metode yang bisa dilakukan oleh sobat.

Selain memilih pembuatan kandang yang perlu diperhatikan. Pastikan juga fasilitas dan perlengkapan ternak ayam memadahi. Namun untuk ayam petelur atau pedaging kan harus jauh dari lingkungan masyarakat.ย  Tenang masih ada solusinya kok sobat, baiklah coba sobat atasi dengan metode ini.

  • Membuatkan pagar bangunan kandang yang tinggi
  • Memperhatikan hewan predator atau hama yang disekitar rumah sobat
  • Pembuatan kandang yang rapat & rapi
  • Pemberian penerangan lampu
  • Mengecek berkala ketika saat sepi
  • Memastikan perlengkapan kandang sudah tercukupi dengan baik
  • Sharing dengan peternak sekitar tentang manajemen kandang dari gangguan hama

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan tentang hewan pemakan telur ayam versi tim dunia binatang. Semoga dengan adanya penjelasan diatas kita semakin waspada dan lebih memperhatikan kenyamanan ternak. Sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply