78

√ Cara Merawat Kucing Persia Berdasarkan Jenis-Jenisnya

Cara Merawat Kucing Persia sebenarnya tidak sulit akan tetapi tidak sembarangan ya, kucing ini sangat menggemaskan sekali. Keindahan baik dari bulu bentuk kepala dan badannya sangat memikat pandangan orang.

Kucing ini merupakan jenis ras domestik dengan salah satu ciri khas bulu yang panjang, moncong pendek dan wajah bulat. Nama persia diambil dari nama lama sebuah negara yaitu Iran.

Penemuan ini diyakini sudah pada abad 19 kemudian dikembangkan di Britania Raya dan Amerika Serikat sesudah perang dunia kedua. Mari kita simak penjelasan dibawah berikut ini :

Jenis Kucing Persia

Seperti halnya dengan hewan hias lainnya kucing juga seperti itu, dengan adanya jenis jenis ini menambah keistimewaan kucing khususnya kucing persia. Dari beberapa informasi yang kami ketahui sejarah kemunculan ada dua cerita yang berbeda.

Namun pada pembahasan ini kami hanya mengulas berdasarkan jenis-jenisnya saja, antara lain sebagai berikut :

Kucing Persia Himalaya

Kucing Persia Himalaya

Salah satu keunikan dari kucing persia himalaya ini mempunyai pola warna yang sangat khas, yaitu colorpoint. Berarti corak dasar pada bulu-bulunya adanya kombinasi beberapa titik-titik kecil yang terletak pada ekor, telinga, hidung, pipi dan bagian ujung kakinya.

Berbeda dengan kucing biasanya, ia tidak suka melompat dan memanjat pohon hal ini karena himalaya takut akan ketinggian.

Dengan demikian menjadikan di himalaya sebagai meong yang memiliki sifat penurut, manja, tenang, suka tidur dan tetap gemar bermain. Walaupun begitu, harga dari si meong ini murah loh sobat duniabinatang dibandingkan sama kucing persia lainnya.

Kucing Persia Peaknose

kucing persia peaknose

Kucing pesek merupakan sebutannya, meskipun begitu badannya lebih gemuk dan menggemaskan siapa saja yang memandangnya. Persian Peaknose Cat ini juga sebagai unggas yang sering diikutkan dalam ajang kontes kucing.

Karena ciri khasnya hidung pesek malah menjadikan memiliki nilai yang tinggi dan bahkan banyak digemari pada catlovers.

Disisi lain flatnose dan peaknose tidak jauh berbeda alhasil keduanya sulit dibedakan. Namun terdapat cara mudah untuk membedakannya yakni melihatnya dari sisi samping muka.

Dari hal ini akan terlihat jelas mengenai bentuk dari kedua si meong tersebut. Apabila dilihat nampak ada tonjolan maka dapat diartikan ia jenis flatnose dan sebaliknya.

Kucing Persia Medium

kucing persia medium

Seperti namanya, meong persia ini memiliki ukuran hidung yang berukuran sedang, selain itu ia mempunyai bulu yang lebat dan pastinya menggemaskan ya sobat.

Jenis kucing ini dapat sobat bedakan menjadi dua yaitu shotrhair dan longhair, jadi yang membedakan panjang dan pendeknya bulu. Apabila berbulu pendek dan tebal dipastikan ia kategori shorthair.

Baca Juga : Makanan Kucing Persia Terbaik

Harga pasaran meong ini bermacam macam jika di rupiahkan dengan yang rendah sudah dewasa berkisar 8.000.000. Sedangkan untuk yang masih anakan atau muda kurang lebihnya 3 bulan mencapai harga 2-3 jutaan. Bila sobat ingin memelihara bisa sambil menabung atau membeli yang masih 3 bulanan saja.

Kucing Persia Flatnose

persian flatnose

Berbeda dengan Medium salah satu ciri khas dari cat persian flatnose ini dengan hidung yang datar. Hidung dari meong ini berukuran kecil umumnya sejajar dengan matanya. Sehingga wajahnya lucu dan menggemaskan sekali.

Ciri-ciri lain dari flatnose ini bentuk kepala yang tidak bulat alias agak kotak. Hal ini menjadikan pipinya nampak lebih chubby. Tambah menggemaskan bukan??

Kepopuleran ia di Amerika Serikat dengan rambut yang panjang, badan  gemuk dan mata yang kecil, selain itu juga bentuk dari telinga yang meruncing serta jarak yang cukup jauh antara kanan dan kiri.

Sifatnya kebalikan dari himalaya ia lebih suka agresif (lompat, berlari dan bermain dengan benda disekitarnya). Kalau sobat memelihara meong ini sebaiknya jauhkan perabotan yang rentan pecah dan sediakan tempat yang luas. Hal ini bisa melukai flatnose yang lucu ini.

Karena gemar makan kucing ini sebaiknya jangan diberikan porsi banyak, sebab bisa membahayakan kesehatannya. Alhasil penyakit penyakit mudah menyerang tubuhnya.

Harga standar dari hidung datar ini yang masih usia 3 bulanan dapat mencapai 5 juta rupiah. Bahkan yang dewasa dapat mencapai 11.000.000 maka oleh hal itu bisa menguras isi dompet sobat semua.

Cara Merawat Kucing Persia

Bukanlah hal yang sulit sekali untuk merawat kucing, akan tetapi kenali dulu jenis apa yang hendak sobat peliahara. Hal ini karena setiap jenis penanganannya agak berbeda.

Selain itu sobat juga sediakan kandang cukup, misalnya ukuran kandang, kebersihan dan sirkulasi udaranya. Berikut ini merupakan hal yang tepat untuk perawatan anak kucing persia sampai dewasa.

Perawatan Anak Kucing Persia

cara merawat anak kucing

Hal pertama ialah menjaga kesehatan dari indukan, karena anakan yang usianya dibawah 3 bulan ia masih menyusui dan kekebalan tubuhnya masih rentan terkena penyakit.

Bila hal ini sudah selanjutnya memberikan asupan yang cukup kepada anak kucing, seperti memberikan susu tambahan, air mineral, dan makanan. Pastikan barang yang sobat berikan tidak memberikan efek yang berbahaya.

Tahap ketiga ialah menyediakan tempat tinggal yang baik dalam hal ini baik itu cukup dan bersih juga ya. Jika kandang terlalu sempit dan kecil bisa berakibat menjadi sarang penyakit.

Baca Juga : Daftar Nama Lucu Kucing Berbagai Bahasa

Keempat menyediakan ruang gerak, ruang gerak ini sangat berfungsi keberlangsungan anak kucing, bisa sebagai peregangan otot-otot serta media jemur di bawah terik matahari.

Yang terakhir ialah pemberian vitamin dan vaksin. Untuk apa pemberian ini? Pemberian ini untuk menambah kekebalan tubuh, pertumbuhan bulu dan kesehatan kulit.

Cara Merawat Kucing Persia Dewasa

Cara Merawat Kucing Persia Dewasa

Berbeda dengan anak kucing, kucing yang sudah dewasa memiliki karakter lebih rentan menjadi menyeramkan. Nah berikut ini cara memperlakukan kucing persia yang baik dan benar.

Mengenalkan Lingkungan Sekitar

Hal pertama yang sobat harus lakukan ialah mengenalkan dengan lingkungan sekitar, jangan terburu-buru untuk memasukkan kandang.

Kegiatan semacam ini sangat bagus untuk mengali daerah sekitar, jadi ketika kucing tersebut lepas dari kandang tidak menutup kemungkinan akan kembali sendiri. Disisi lain juga tidak menjadikan kucing agresif, dan galak kepada pemiliknya.

Perlakuan Lembut

Bukanlah perkara sulit bagi pecinta kucing untuk menaklukkannya, insting kucing akan baik ketika kalian memperlakukan dengan baik. Sebab perlakuan kasar sangat berdampak kucing menjadi galak dan muka menyeramkan.

Mengajak Interaksi

Dapat dipastikan kucing tidak akan akrab jika kucing tidak mengenali diri anda. Cara mudah menaklukkannya ialah menggendong dan memberikan pakan menggunakan wadahnya.

Selain itu juga bisa dengan mengajak jalan jalan disekitar rumah kalian, supaya kucing tidak takut ketika diajak interaksi.

Membuat Percaya Diri

Sebagai kucing ras hias, janganlah membuatnya murung. Karena bisa berdampak kepribadian kucing kesayangan kalian ini. Alhasil kucing akan nyaman bila sering dilatih percaya diri dan mudah manja dengan sang pemiliknya.

Perbedaan Kucing Persia & Anggora

Apakah kalian tahu? Bahwa kucing persia dan anggora merupakan dua jenis yang berbeda. Tapi, banyak masyarakat yang beranggapan keduanya adalah jenis yang sama.

Maka dari itu mari kita telusuri kebenarannya, antara lain sebagai berikut ini:

Bentuk Tubuh

Perbedaan yang pertama ialah dari tubuhnya, kucing anggora mempunyai bentuk tubuh yang lebih ramping dan panjang.

Sedangkan pada kucing persia, lebih cenderung badan yang pendek dan nampak bulat karena gemuk. Selain itu kaki persia lebih besar dan pendek.

Model Wajah

Secara garis besar kucing persia wajahnya berbentuk bulat dan datar serta tidak ada lekukan dibagian pipi & hidungnya. Rata-rata hidung dari kucing persia ialah pesek dan agak pesek.

Apabila sobat amati dari corak bola matanya pun sangat bervariasi.

Baca Juga : Harga Kucing Persia Terbaru

Sedangkan pada jenis anggora wajahnya berbentuk segitiga, ya sobat duniabinatang. Disisi lain juga terdapat lekukan dibagian wajahnya karena hidungnya mancung.

Biasanya corak matanya lebih tajam jadi terlihat menyeramkan. Bentuk dari telinganya runcing dan terkadang ada bulunya dibagian ujungnya.

Bulu

Kucing persia mempunyai bulu yang lebat dan merata pada tubuhnya, sedangkan pada kucing anggora berbulu panjang dan tebal, tapi biasanya terletak pada bagian surai dan ekornya saja.

Demikianlah rangkaian cara merawat kucing persia yang berdasarkan jenis-jenisnya. Semoga dengan adanya ini bisa menjadi pacuan informasi kepada pecinta kucing. Kami mohon maaf jika masih banyak kekurangan baik secara penulisan dan bahasa, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply